Monday, 14 May 2018

[Resensi] Your Travel Guide in Berlin


Judul : Journey in Berlin
Penulis : Niken Sari
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Tahun : 27 Des 2017
Tebal : 128 halaman
ISBN : 978-602-04-5147-3


Jerman. Negara satu ini hampir tidak pernah terlewat dalam itinerary siapapun yang akan melakukan tur di Eropa. Apa pasal? Setidaknya penulis menyebutkan ada 10 hal yang membuat Jerman layak dikunjungi, beberapa di antaranya destinasi wisata yang unik dan menarik, seni dan budayanya, bahasa, transportasi yang saling teritegrasi, iklim, kuliner, living cost yang rendah, dan lainnya. (hal 2-4) 

Bagi kalian yang berencana melakukan perjalanan tur Eropa dan masuk dari Jerman atau memang mengkhususkan diri ke Jerman, ada baiknya membaca buku ini dulu sebagai panduan. Penulis telah menjabarkan dengan rinci apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan ke negara yang terkenal dengan Tembok Berlin-nya itu. Mulai dari persiapan booking tiket, visa schengen, hingga mata uang Euro sebagai perbekalan. Waktu terbaik mengunjungi Berlin adalah saat low-season yaitu di bulan Februari, Mei, dan November-saat tiket pesawat lebih murah. (Hal 9) 

Karena Jerman memiliki 4 musim, jadi pastikan kalian tidak salah membawa jenis pakaian atau barang lainnya. Penulis sudah menjabarkan daftar barang bawaan serta macam aktvitas yang bisa dilakukan sesuai dengan musim yang berlaku. Misalkan saja saat musim dingin (Desember-Februari) di mana suhunya berkisar minus 10-5 derajat celcius, setidaknya bawalah winter coat dengan penutup kepala, long John, sweter tebal, pakaian thermal, sarung tangan, kaos kaki, dan lainnya. Pada saat musim semi (Maret-Mei) orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan di luar rumah. Musim panas (Juni-Agustus) kebanyakan orang akan mengunjungi pantai. Dan musim gugur (September-November) di mana ciri khasnya adalah bunga-bunga yang berubah warna menjadi kuning dan berjatuhan, jangan lupa karena akan memasuki musim dingin maka siapakan pakain tebal. 

Tembok Berlin memiliki panjang 155 kilo meter yang memiliki dua sisi, yaitu sisi dalam dan sisi luar. Pada Berlin Wall ini terdapat Mauer Park atau Taman Tembok yang di dalamnya terdapat sisa tembok Berlin sepanjang 30 meter. (Hal.37). Meski buku bercover putih ini berisi panduan perjalanan yang detail namun penulis mampu menuturkannya dengan gaya bahasa yang ringan dan membuat kita tidak meraba-raba seperti apakah tembok Berlin yang bersejarah dan mendunia itu. Bangunan bersejarah lainnya serta berbagai destinasi menarik juga diulas oleh penulis lengkap dengan lokasi, jadwal buka, transportasi, hingga harga masuk objek wisata tersebut.

Kelebihan lainnya penulis juga menyertakan rekomendasi transportasi termasuk tempat penyewaan mobil, tempat penginapan dan kuliner. Ada juga rekomendasi kuliner halal yang artinya buku saku ini bisa dijadikan rujukan juga untuk para pelancong muslim yang hendak ke Berlin. Tidak hanya itu penulis juga melengkapi buku ini dengan beberapa kosakata bahasa Jerman sehari-hari yang mungkin akan sering kalian temui di sana. 

Bagi saya yang suka melancong dan belum pernah ke Jerman, buku ini sangat berguna karena dapat dengan jelas memberikan gambaran bagaimana atmosfer Jerman khususnya Berlin. Tidak harus ada rencana ke sana sebelumnya untuk membaca buku ini, karena pemantasan diri selalu hadir mengawali semuanya. Pemantasan diri adalah wujud kesiapan dan siapa yang siap dialah yang beruntung. Vielen Dank!

Saturday, 5 May 2018

Menilik Sisa-Sisa Kejayaan Islam di Tanah Andalusia for Adinda Azzahra Tour


-Dalam masa kegelapan berabad silam lalu di daratan Eropa, Allah hadirkan secercah harapan dalam pengetahuan dan indahnya peradaban Islam di tanah Andalusia-

Saya selalu tertarik mendengar kisah kejayaan Islam khususnya di benua Eropa. Bagi saya Eropa adalah magnetnya para turis dunia termasuk muslim Indonesia. Keindahan alam, seni, budaya, kultur, bangunan-bangunan dengan arsitektur yang cantik hingga perbedaan iklim kerap menjadi alasan yang melatarbelakangi kunjungan ke negeri tersebut, tanpa terkecuali dengan Andalusia. 

Andalusia merupakan salah satu wilayah otonom Spanyol bagian selatan sekaligus menjadi salah satu wilayah di Eropa yang memiliki catatan sejarah Islam cukup panjang. Banyak bangunan indah yang menjadi saksi bisu bagaimana Islam berjaya di tanah ini. Islam sendiri datang ke Spanyol melalui Afrika Utara pada tahun 711 Masehi. Siapa sangka lebih dari 7 abad lamanya Islam bertahan dalam masa keemasan di negeri ini. 

Tujuh ribu pasukan dikirim ke Spanyol atas perintah Musa Ibn Nushair yang merupakan seorang gubernur Afrika Utara masa itu. Dibawah pimpinan Thariq ibn Ziyad, para pasukan berangkat ke Spanyol menyeberangi selat hingga tiba di kawasan berbukit yang kini dikenal dengan nama Gibraltar. Nama ini sendiri diambil dari nama Thariq ibn Ziyad, sehingga orang menyebutnya Jabal Thariq (Gunung Thariq), yang oleh lidah barat disebut sebagai Gibraltar. 

Sesampainya di tanah Andalusia, tak disangka, Thariq justru membakar seluruh kapal yang membawa dirinya beserta para pasukan hingga ke Spanyol. Tindakannya ini tentu menimbulkan banyak tanya terutama bagi para pasukannya sendiri. Namun inilah sosok pemimpin sejati, pantang baginya mundur. Hanya ada pilihan, hidup mulia atau mati syahid. Andaikata muslim kalah, maka kapal tersebut akan digunakan oleh musuh menyeberang dan menginvasi ke Afrika. Masya Allah, pemikiran yang sungguh cemerlang.

Alhamdulillah atas izin Allah, Thariq beserta pasukannya berhasil menduduki wilayah Andalusia dan terus melebarkan kekuasaannya, mulai dari Cordoba, Granada, hingga Toledo. Saat itu Eropa yang sedang dalam masa kegelapan (dark age), Islam datang bak cahaya. Islam membawa banyak ilmu pengetahuan baik di bidang sains, teknologi, filsafat, bahasa, seni dan budaya. Pada masa itu, di sinilah pusat pengetahuan berada. Islam semakin berkembang, toleransi beragama antara Muslim, Yahudi, dan Kristen terjalin dengan baik. 

Pada periode awal, Andalusia merupakan bagian dari Dinasti Umayyah dan menjadi kerajaan paling maju di seantero Eropa. Sayangnya masa keemasan ini tidak kekal, seiring waktu terjadilah perbedaan pandangan antar elite penguasa. Andalusia pun terpecah menjadi beberapa kerajaan kecil yang disebut taifa.

Saat itu muslim Spanyol tidak lagi memiliki sosok pemimpin yang kuat sementara konflik antara kesultanan Islam dan kerajaan kristen kian memanas. Di sisi lain, muslim Spanyol saat itu juga mulai meninggalkan nilai-nilai agama, semakin cinta akan dunia dan takut mati. Satu persatu wilayah Islam di Spanyol jatuh ke tangan kerajaan Kristen dan menyisakan Granada sebagai benteng pertahanan terakhir Islam di Spanyol.

Namun semua seolah terlambat, Islam semakin terdesak. Sementara dalam keadaan seperti ini, Sultan Muhammad, anak dari Sultan Granada justru melakukan pemberontakan terhadap ayahnya sendiri. Situasi yang begitu menguntungkan bagi kerajaan Kristen untuk menaklukan Granada. Di lain sisi, dari kerajaan Kristen justru mendapat suntikan kekuatan dengan menikahnya Raja Ferdinand dari Aragon dengan Isabella dari Kerajaan Castille. Inilah pernikahan yang menggabungkan dua kekuatan lawan demi cita-cita yang satu, menaklukan Granada hingga akhirnya Islam terusir dari Spanyol. 

Sungguh memilukan, kehidupan yang damai pada masa kejayaan Islam di tanah Andalusia berakhir tragis dengan terusir, terbunuh, atau dipaksa murtad para muslim Spanyol masa itu.

Hingga saat ini, jejak-jejak kejayaan Islam masih bisa dirasakan di tanah Andalusia melalui beberapa bangunan bersejarahnya. Selalu ada doa dan harapan agar umat muslim terus bersatu membangun kembali peradaban dan perdamaian dunia. 


Masjid Cordoba

Bangunan ini sudah beberapa kali beralihfungsi. Mulai dari yang awalnya merupakan kuil Pagan pada masa Romawi, kemudian berubah menjadi gereja Visigoth hingga selanjutnya pada saaat Islam masuk di abad pertengahan bangunan ini berdiri gagah menjadi sebuah Masjid megah bahkan untuk ukuran saat ini. Itulah Masjid Cordoba.
Sumber gambar: Wikipedia

Masjid Cordoba didirikan pada masa Khalifah Muslim Abdurrahman I tahun 785 M. Selama sekitar 200 tahun masjid ini terus mengalami pembangunan dan pengembangan. Pada masa Khalifah Abdurrahman II di Masjid ini dibangun menara kemudian pada masa Al Hakam II masjid diperluas lagi dan menambahkan mihrab untuk imam salat, selanjutnya renovasi terakhir adalah membangun penghubung ke istana pada masa al-Mansur Ibn Abi Aamir tahun 987 Masehi.

Pada masa keemasan Islam, Masjid Cordoba tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah melainkan juga sebagai tempat pengadilan syariah dan perkuliahan. Di sinilah jantung peradaban ilmu pengetahuan berada. Sebagai sebuah pusat pemerintahan Islam di Spanyol, Cordoba juga menjadikan masjid ini sebagai pusat kegiatan pemerintah dan aktivitas warga.
Masjid Cordoba kejayaan Islam di Spanyol
Prayer Hall. Sumber gambar: Wikipedia
Mihrab Masjid Cordoba yang masih dijaga keasliannya. Sumber gambar: Wikipedia
Bangunan ini dari luar mirip sebuah benteng, dengan tembok yang menjulang tinggi mengelilingi seluruh area The Mezquita-begitu orang menyebut bangunan ini sekarang. Arsitektur Islamnya begitu kental, warna kuning emas dengan paduan kaligrafi menghiasi tiap gerbangnya. 

Setelah masa reconquista (penaklukan kembali), masjid ini berubah menjadi katedral. Bagian tengah Masjid ini pun diubah menjadi altar utama dan tempat paduan suara. Meski begitu kita masih bisa melihat keindahan kaligrafi ayat-ayat Alquran pada dinding Mihrabnya. Dan pada 15 Desember 1994, UNESCO menetapkan The Mezquita sebagai salah satu tempat peninggalan bersejarah di dunia.


Istana Alhambra


Bagi saya bangunan ini lebih dari sekadar istana dengan arsitektur dengan nilai seni yang tinggi, namun lebih dari itu terdapat nilai historis yang menancap hingga ke relung hati saya sebagai seorang muslim. Bagaimana tidak, inilah benteng pertahanan terakhir umat muslim di Spanyol, sebelum akhirnya jatuh ke tangan kerajaan Kristen dengan begitu memilukan.
Kompleks Istana Alhambra yang berada di kaki Pegunungan Sierra Nevada.
Sumber gambar: Pixabay
Istana yang dibangun pada tahun 1238-1358 Masehi ini didirikan oleh kerajaan Bani Ahmar atau bangsa Moor dari Afrika Utara. Alhambra merupakan kompleks istana yang berdiri kokoh di bukit La Sabica, Granada, Andalusia, Spanyol. Nama Alhambra sendiri berasal dari bahasa Arab Al Hamra yang berarti merah, karena memang istana yang juga berfungsi sebagai benteng pertahanan ini banyak dihiasi oleh ubin-ubin, bata, serta keramik berwarna merah. 

Istana ini begitu megah, terdiri dari 3 kompleks utama yaitu Benteng Alcazaba, Generalife, dan Nasrid Palace. Ketiga kompleks ini tidak dibangun secara serentak melainkan bertahap yang disempurnakan oleh penerus-penerus tahta selanjutnya. Oleh karenanya, mereka yang berkunjung ke sini merasa bahwa 3 kompleks ini bukan sebagai satu-kesatuan melainkan seperti berdiri sendiri-sendiri.

Benteng Alcazaba merupakan kompleks pertama dan dibangun pada masa pemerintahan Muhammad I. Bangunan ini juga berfungsi sebagai barak militer. Temboknya begitu tebal dan kokoh bahkan konon katanya tak akan hancur meski meriam musuh menerjangnya. Sisi dalam benteng ini terdapat taman dan kolam dengan arsitektur yang indah. Salah satu yang menarik perhatian dari benteng ini adalah menara Tore de La Vella, dengan lonceng La Vella tergantung sebagai tanda kemenangan penguasa Spanyol pasca reconquista.

Alhambra, istana ini akan menuai decak kagum bagi siapapun yang melihatnya. Taman-taman di Genaralife yang tertata rapi, indah, dan beraneka warna serta jenisnya, di tambah kolam-kolam terbuka yang memantulkan langit Andalusia tampak begitu mengagumkan.
Taman surga di bumi ada di Generalife Granada
Sultan membangun kanal air dan kebun bunga, pohon, buah karena ingin membuat gambaran surga di bumi.
Sumber gambar: alhambradegranada[dot]com
Sementara di sisi dalam terdapat Hausyus Sibb atau Taman Singa atau Lion Fountain, sebuah kolam kecil yang ditopang oleh 12 patung singa secara melingkar. Sayangnya saat ini, Lion Fountain tak lagi berfungsi seperti awal dahulu yang dapat digunakan sebagai penunjuk waktu. Jadi dari mulut patung singa ini dapat memancarkan air sesuai dengan waktu yang berlaku. Bila sedang pukul 1 maka hanya satu air yang mancur dari mulut patung singa, bila pukul 10 maka 10 air yang akan mancur dari mulut patung singa. Keigintahuan penguasa Spanyol selepas penaklukan Granada justru membuat sistem pengairan patung singa ini menjadi rusak. Kini seluruh patung singa tersebut memancarkan air bersamaan, tak ada lagi penunjuk waktu dari mulut si patung singa ini.
Taman SInga di ALhambra
Taman singa, di sekitarnya ada 128 tiang yang terbuat dari marmer.
Sumber gambar: adindaazzahra.com
Desain interior Alhambra sangat kental dengan simbol ilmu pengetahuan dan nuansa Islamnya. Ukiran geometri serta kaligrafi Arab hampir menghiasi seluruh dinding dalam Alhambra. Tulisan "La Ghalib Illalah" banyak terpatri di dalamnya, tulisan yang berarti "tak ada kemenangan kecuali karena Allah" menjadi bahan bakar semangat perjuangan muslim Spanyol masa itu.

Setelah penaklukan, konon Raja Charles V begitu tekesan dengan keindahan Alhambra dan memutskan membuat istana di dalamnya tanpa merusak bangunan yang telah ada. Istana itu bernama Palace of Charles V. Perbedaan yang kentara adalah tak banyak ukiran seperti bangunan lainnya di Alhambra melainkan lebih banyak ornamen bergaya renaissance. Arsitektur Alhambra begitu rumit, kaya akan unsur ilmu pengetahuan mulai dari sistem pengairan, detail bangunan hingga gabungan seni yang begitu indah. Sulit melukiskan kemegahannya dengan kata-kata. Begitu indah dan bersejarahnya, bangunan ini pun turut masuk daftar situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1984.

Demikianlah Alhambra berdiri gagah hingga kini menjadi saksi bagaimna ia merasakan masa-masa keemasannya dulu. Tak kuat membayangkan bagaimana Sultan Muhammad terpaksa memberikan kunci kota Granada dan terusir keluar melalui sebuah gerbang mungil bernama Gate of Wine, yang juga merupakan pintu masuk antara pemukiman dan istana raja (Nasrid Palace). Beriring tangis sang Sultan keluar merelakan Granada jatuh ke kerajaan Kristen, sementara snag ibunda justru mengecam sang putra, "Janganlah menangis untuk apa yang tak bisa kau pertahankan sebagai laki-laki." 

“Seandainya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan limpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mengingkari, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al-A’raf: 96).

Semoga kisah ini tidak sekadar menambah pengetahuan melainkan juga mempertebal iman Islam kita. Barangkali inilah, selama di dunia tak ada kesenangan yang abadi pun dengan kesedihan. Apa yang telah terjadi di tanah Andalusia baiknya menjadi pelajaran bagi kita umat muslim untuk selalu dekat denganNya. Kemunduran Islam justru bukan karena miskinnya harta maupun tahta, melainkan miskinnya iman kita kepadaNya. .

Wallahu A'lam Bishawab!

Wednesday, 18 April 2018

8 Tips Agar Anak Suka Makan Sayur dan Buah

tips agar anak doyan makan
Buat seorang ibu, bahagia itu sederhana. Melihat anak lahap makan-makanan bergizi adalah anugerah yang luar biasa. Maklum saja terkadang anak lebih suka mengonsumsi makanan tinggi kalori namun minim gizi, misalnya permen, snack ringan, wafer, coklat, dan semacamnya. Fiuuh biasanya kalau sudah keasyikan makan begituan mulai deh sulit disuruh makan besar yang padat kalori dan nutrisi, termasuk buah dan sayur.

Pengalaman dulu tuh si kecil suka banget sama sayuran bahkan digado tanpa bumbu (baca: direbus). Tapi ada masa, kira-kira usia 2 tahunan bahkan sampai saat ini dia mulai menolak sayur bahkan yang dulu sangat digemarinya. Kalau sekarang sudah lebih baik mau wortel dan brokoli serta buah-buahan. Butuh perjuangan ekstra memang, trial and error agar anak mau makan-makanan bergizi. 

Nah, saya ada tips nih Bu, bagaimana supaya anak mau makan sayur dan buah supaya kebutuhan nutrisi anak akan zat-zat yang bergizi terpenuhi.

1. Sajikan semenarik mungkin
Buat potongan secantik mungkin misalnya wortel berbentuk bunga atau dijadikan menu bento dengan desain tokoh yang disukai anak. Anak yang bosan dengan penyajian sehari-hari biasanya cukup ampuh pakai teknik ini. Cara ini sih masih terang-terangan. Anak yang udah gak doyan banget biasanya memang sulit meski sudah dibentuk sedemikian rupa cantiknya. Tapi tenang masih ada cara lain.

2. Olah menjadi kudapan
Anak kecil biasanya suka dengan makanan ringan (baca:ciki). Nah kita buat menyerupai makanan tersebut. Misalnya keripik bayam, jamur crispy, atau pancake pisang. Anak-anak biasanya suka. Teknik ini membuat makan sayur gak seperti makan sayur. 

3. Samarkan sayurannya
Anak-anak biasanya akan menolak mentah-mentah manakala tahu bahwa yang keriting unyu-unyu itu adalah brokoli. Coba deh buat menjadi nugget atau mie yang mengandung sayur. Nugget dan mie adalah makanan kesukaan anak, so biasanya teknik ini juga berhasil lho selama rasanya enak ya Bu.

4. Bubuhkan toping
Anak-anak itu paling suka terlibat langsung lho misalnya dalam urusan masak atau plating. Nah, coba deh ajak anak untuk membubuhkan toping kesukaannya. Misalnya saus tomat yang bisa ia kreasikan jadi rambut, susu coklat bubuk yang bisa dicampur ke es alpukat, atau mungkin juga selai stroberi untuk olesan roti gandumnya.

5. Masaklah jajanan anak di rumah
Zaman now biasanya banyak yang jual bakso atau sosis goreng, es warna-warni, burger-burgeran, dan semacamnya. Nah buat saja jajanan tersebut di rumah. Bakso daging telur puyuh, es krim buah-buahan, burger sehat ala rumahan, dan lainnya.

6. Libatkan anak 
Anak selalu senang bila dianggap bisa melakukan pekerjaan orang dewasa, misalnya memasak. Maka ketika Ibu memasak ajak sertalah ia, berikan pekerjaan ringan, misalnya memetik bayam atau mengaduk adonan. Katakan bahwa Ibu sangat suka dan sudah tidak sabat ingin mencicipi masakannya. 

7. Berilah contoh
Anak akan meniru apa yang orang tua lakukan daripada yang orang tua katakan. Maka coba deh makan sayur dan buah dihadapannya dan katakan bahwa makanan tersebut sangat enak. Sebagian anak juga suka berkompetisi. Maka, katakan saja bahwa Ibu ingin segera menghabiskan, kwatir malah dihabiskan si anak. Biasanya jiwa kompetisi anak jadi tertantang.

8. The one and only
Hindari menyetok makanan ringan minim gizi. Pastikan apa yang mudah dilihat dan dijangkau anak, ya makanan yang bergizi. Kadang saat tidak begitu lapar, anak mudah saja menolak makan besar padat nutrisi. Tapi ketika lapar anak akan mencari makan dan akan menjangkau makanan apapun didekatnya. Maka pastikan bahwa itu bergizi. 

Apakah teknik itu semua berhasil saya terapkan? Tidak juga, tetapi yang jelas sangat membantu dalam membuat variasi "jebakan" baik untuk anak. Kadang saya ajak memasak, kadang saya buat jadi makanan yang cantik, kadang saya buat kudapan, kadang saya mengajaknya balapan. Yah divariasikan saja.

Alhamdulillah, sekarang saya punya tambahan tips agar anak mau makan sayur dan buah. Inilah mungkin berkah pertemanan. Sekarang saya gak pusing-pusing lagi membujuk anak makan sayur dan buah. Karena teman saya punya usaha yang solusi banget buat saya secara pribadi. Minuman botol segar yang berisi buah dan sayuran alami, namanya Yasjus. Minuman ini menjadi alternatif baru nikmatin menu bergizi. Karena makan sayur tidak harus saat makan besar saja. Dengan dibuat minuman seperti ini, si kecil jadi bisa mengonsumsinya kapanpun. Saat panas-panas habis main sepeda, sehabis main dengan temannya, bahkan saat makan.

Yasjus ini merupakan minuman sehat yang berisi dari kombinasi sayur dan buah tanpa pengawet, tanpa pewarna, dan tanpa pemanis buatan. Semua produknya alami dan segar-segar. Ada banyak varian rasa. Saya sudah mencicipi 7 antara lain wornas (wortel nanas), wordong (wortel kedondong), nasmon (nanas lemon), tole (tomat lemon), coydong (pokcoy kedondong), sarmon (sari lemon) semuanya enak dan manisnya pas. Yang paling disukai anak saya itu rasa wornas (wortel nanas) dan tole (tomat lemon), perpaduan rasa asam dan manisnya pas. Yang saya suka dari Yasjus ini tidak ada rasa kesat ditenggorokan. 

minuman segar isi sayur dan buah
Minuman Yasjus bisa tahan hingga 5 hari di kulkas bawah atau 1 bulan bila ditaruh di freezer. Untuk sementara Yasjus hanya bisa melayani order secara COD (cash on delivery alias bayar ditempat) atau melalui ojek online yang mencakup wilayah jakarta barat dan sekitarnya. Satu botol Yasjus 300ml ini dibanderol dengan harga Rp. 7000. Harga yang sangat terjangkau kan... Ingin order langsung ke penjualnya bisa hubungi mba Sani di 087774693193. Yasjus juga bisa ditemukan di akun instagram @Ya_s_food atau Facebook di Sehat itu Enak. Nah ingin melihat bagaimana sukanya anak saya dengan minuman yang satu ini? Cekidot!


Wednesday, 28 March 2018

Tips Jelajah Malaysia Buat yang Baru Pertama Kali ke Sana


Biasanya liburan ke luar negeri identik dengan biaya yang mahal. Untuk menyiasatinya, kita nggak perlu melanglang terlalu jauh, cukup ke negara tetangga aja seperti Malaysia. Letaknya yang cukup dekat bikin biayanya pun jadi lebih terjangkau. Apalagi kini bertebaran promo penginapan dan tiket pesawat, seperti yang sering digelar oleh Malaysia Air.

Nah, buat yang pertama kali mau mengunjungi Malaysia, ada beberapa kota menarik yang bisa dimasukkan dalam itinerary-mu.

Kuala Lumpur
Kuala Lumpur

Sebagai Ibukota Negara Malaysia, Kuala Lumpur bisa jadi pilihan tepat untuk mengawali liburanmu. Selain mengunjungi menara kembar Petronas yang jadi latar wajib untuk berfoto, kamu bisa mampir ke Bukit Bintang yang sering disandingkan dengan Orchard Road-nya Singapura. Buat yang doyan belanja, hati-hati kalap mleihat berbagai barang branded mewah atau yang tiruan dengan harga terjangkau. 

Puas berbelanja, ini saatnya makan malam di Jalan Alor yang berubah jadi pusat kuliner lezat. Deretan meja dan kursi yang tertata rapi seakan menyambut pengunjung yang kelaparan. Di sini kamu bisa mencicipi chinese food hingga nasi lemak yang bikin lidah bergoyang. 

Penang 



Selain Penang Hill-nya yang sajikan pemandangan mempesona, kamu juga bisa berkeliling Penang yang kental nuansa arsitektur dan sejarah. Coba datangi George Town yang menjadi ibukota Penang dengan berbagai bangunan bersejarah nan cantik. Puas menjelajah kotanya yang indah, jangan lupa menjajal berbagai kuliner Penang yang terkenal lezat. 

Langkawi 
Langkawi

Malaysia bukan hanya jadi destinasi belanja dan jalan-jalan saja, ada Pulau langkawi yang menyuguhkan pemandangan alam cantik. Di dekatnya ada Pulau Payar yang disebut-sebut sebagai spot snorkeling terbaik di Malaysia, yang menyajikan keindahan biota laut warna-warni. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan trekking ringan di Sky Bridge yang berada di puncak Gunung Mat Cincang. Untuk mencapainya, gunakan Langkawi cable Car yang menghiburmu dengan pemandangan yang luar biasa cantik. 

Johor Bahru
Legoland Malaysia

Buat yang datang ke Malaysia beramai-ramai dengan keluarga atau sahabat, bisa banget datang ke Johor Bahru. Berada di ujung semenanjung Malaysia, kota ini menjadi lokasi Leholand, theme park terbesar di Asia Tenggara. Di sini, kamu nggak hanya mengumpulkan berbagai foto dengan pose keren, tapi juga menjajal berbagai wahana yang ada di tiga area utama seperti Legoland Theme Park, Legoland Water Park, dan Legoland Hotel.

Kuching
Kuching Malaysia

Selain Langkawi, Kuching juga bisa jadi pilihan buat kamu yang lebih menyukai wisata alam. Koleksi fauna dan flora yang langka membuatmu tanpa henti menjepretkan kamera. Ada Semenggoh Nature Reserve di mana banyak orang utan hidup dengan bebas di habitatnya, atau Taman Nasional Bako yang cocok dijadikan lokasi trekking ringan. Nah, di ujung perjalanan, kamu bisa menemukan pantai terpencil yang keindahannya nggak diragukan lagi. 

Begitu banyak tempat seru yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Malaysia. Mumpung sering diadakan promo tiket pesawat murah, misalnya dari Malaysia Air, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan. 

Sunday, 25 March 2018

Mengintip Kegagahan Fremantle Prison


-Penjara kerap identik dengan tahanan dan hukuman. Namun siapa sangka penjara di Fremantle ini, kini berubah menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian dunia.-
Januari mungkin bukan waktu yang ideal untuk berlibur ke negeri Kangguru, kecuali bagi para penikmat pantai. Berbeda dengan bumi belahan utara, negara wilayah selatan seperti Australia mengalami musim panas pada bulan Desember hingga Februari.

Berlibur di Perth tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Fremantle, kota pelabuhan yang juga dikenal dengan nama "Freo". Kota yang terletak di barat daya Perth ini memiliki banyak peninggalan sejarah serta bangunan kuno yang masih terwat dengan baik. Dan ada satu objek wisata yang wajib dikunjungi oleh siapapun yang tengah bertandang ke Australia Barat. Itu adalah Fremantle Prison!

Siang itu kami tiba di Fremantle Prison, matahari begitu menyilaukan mata. Seketika saya langsung memasang kacamata hitam andalan demi bisa menikmati kegagahan penjara ini dengan nyaman. Meski saat kami bertandang bukan musim liburan, tetapi tidak sedikit turis asing yang mengnjungi tempat bersejarah ini.

Mencekam! Mungkin itulah kesan pertama ketika saya memandangi pintu gerbang penjara ini. Pikiran saya melayang, membayangkan bagaimana kerasnya kehidupan para tahanan di masa itu. Suara sang pemandu serta beberapa turis lain tiba-tiba membuyarkan lamunan saya.

Visitor Centre
Ada banyak paket tour penjara yang ditawarkan dari sekadar berkeliling penjara hingga menjelajahi terowongan air di bawah tanah. Saya yang saat itu bersama keluarga, diajak masuk ke area Gatehouse. Semua objek yang ada di area ini bebas bayar, kecuali yang ingin mengikuti tour menyusuri tiap sudut penjara ini. Tidak lama kemudian selepas saya kembali dari toilet yang sangat bersih,  lonceng berdentang sebagai tanda dimualainya prison-tour. Oya, sekadar informasi, toilet di penjara Fremantle ini masih mempertahankan bentuk aslinya, meski interornya telah mengalami modernisasi.
Sayang, padatnya jadwal tour membuat kami tidak bisa mengikuti rangkaian tour penjara Fremantle ini. Namun, tanpa mengurangi rasa keingintahuan, kami diajak mengunjungi visitor centre, tempat para tahanan dulunya bertemu dengan pengunjung.

Di visitor centre, banyak hal yang bisa kita dapatkan. Ruangan ini tak begitu besar, ada 3 bilik pertemuan, sebuah televisi yang tengah menayangkan profil Fremantle prison, benda-benda bersejarah, hingga papan informasi mengenai peristiwa penting yang dulu pernah terjadi. Cukup lama saya dan yang lain mengamati tempat yang menyerupai museum ini.


Gift Shop
Meski dari luar hawa penjaranya cukup kentara namun begitu masuk gift shop ini kesan horor itu akan berubah seketika. Penjara yang kini bertransformasi menjadi tempat wisata juga menyuguhkan beragam souvenir cantik. Mulai dari gantungan kunci, boneka, hingga baju tahanan. Sebetulnya tidak boleh mengambil gambar di sini, entah apa alasannya. Namun saya sudah terlanjur memotret suasana di gift shop sebelum salah satu petugas menegur saya.

Bagi pemburu souvenir unik atau barang-barang antimainstream tidak ada salahnya membeli pernak-
pernik Fremantle Prison untuk oleh-oleh.
UNESCO Heritage Sites
Penjara fremantle ini merupakan satu-satunya bangunan bersejarah di Australia Barat yang masuk dalam warisan dunia; UNESCO Heritage Sites. Sejak 1992, Fremantle Prison membuka gerbangnya lebar-lebar untuk masyarakat awam dan kini jumlah pengunjungnya bisa mencapai 3 juta orang per tahun. Sungguh penjara yang dulu begitu tampak angkuh kini di balik kegagahannya dengan ramah justru menyapa para wisatawan.