3 Destinasi Wisata Seru di Jogja yang Jarang Diketahui Wisatawan

Kamis, Oktober 24, 2019


Liburan ke Jogja tidak akan pernah terasa membosankan. Bagaimana mungkin karena selalu ada destinasi baru dan menarik yang dapat kamu kunjungi di sana. Dengan begitu, banyaknya tempat wisata seru di Jogja, tidak heran kalau ada beberapa lokasi yang keberadaannya jarang diketahui para wisatawan. Alhasil, kamu bisa merasakan suasana liburan yang lebih tenang ketika memilih berkunjung ke sana.

3 Destinasi Wisata Seru di Jogja yang Jarang Diketahui Wisatawan 

Bagi kamu yang tertarik untuk menjelajahi destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi wisatawan, ada 3 lokasi yang dapat dipertimbangkan, yaitu:

1. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun kedung Pedut
Air Terjun Kedung Pedut (sumber: wikipedia.org) 

Lokasi wisata tersembunyi pertama yang dapat kamu kunjungi adalah Air Terjun Kedung Pedut yang terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Daya tarik utama yang bisa kamu jumpai selagi berada di air terjun ini adalah sensasi air dua warna, yakni warna putih serta hijau tosca. Ditambah lagi, suasana di sekitar air terjun juga masih asri dan hijau.

Fasilitas penunjang yang ada di kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedut juga cukup lengkap. Bahkan, kamu akan menemukan kalau suasana di tempat wisata ini tak ubahnya seperti waterpark tradisional. Apalagi, kamu dapat menjumpai keberadaan pancuran bambu, papan seluncur kayu, dan semacamnya yang dapat digunakan sebagai sarana permainan.

2. Goa Jomblang


Goa Jomblang menjadi destinasi wisata tersembunyi berikutnya. Gua ini memiliki bentuk vertikal yang bagian dindingnya ditumbuhi oleh lumut dan berbagai jenis tanaman rambat. Terdapat 4 pintu masuk yang bisa digunakan sebagai area masuk gua. Hanya saja, untuk memasuki gua ini, kamu perlu memiliki keahlian susur menggunakan peralatan caving.

Saat berada di dalam gua, kamu akan menemukan suasana yang fenomenal. Apalagi, sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam gua melalui pintu masuk vertikal. Selain menawarkan pemandangan indah, keberadaan sinar matahari di dalam gua juga memungkinkan tanaman bisa tumbuh subur. Bahkan, kamu bisa menemukan vegetasi purba yang ada di dalam gua.

3. Cave Tubing Kalisuci

Cave Tubing Kalisuci Jogja
Cave Tubing Kalisuci (sumber: wikipedia.org) 
Destinasi berikutnya masih berupa gua, yakni Gua Kalisuci. Hanya saja, kamu bisa melakukan aktivitas yang lebih seru, yakni cave tubing. Aktivitas tersebut dapat dilakukan karena Gua Kalisuci memiliki aliran sungai bawah tanah yang masih terhubung dengan aliran sungai di kawasan Gunungkidul.

Selama mengikuti aktivitas cave tubing, kamu akan diajak untuk menyaksikan keelokan gua karst. Aktivitas ini juga sangat aman, dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Apalagi, aliran sungai yang ada di dalam gua tidak terlalu deras. Selain itu, para peserta juga dibekali dengan peralatan keamanan serta tenaga instruktur berpengalaman.

Rute cave tubing di tempat ini diawali di Gua Kalisuci dan berakhir di Gua Mburi Omah. Jarak tempuhnya tidak terlalu jauh, sekitar 500 meter, dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Tarif yang perlu kamu bayarkan untuk mencoba pengalaman ini juga tidak mahal, hanya Rp75 ribu per orang.

Pengalaman menjelajahi tempat wisata tersembunyi yang ada di wilayah Jogja bisa kamu lakukan dengan biaya minim. Coba saja cek harga tiket pesawat lewat aplikasi Airy. Di situ, kamu akan menemukan deretan maskapai penerbangan ekonomis yang menyediakan layanan dengan tujuan Jogja.

kamu dapat memilih menggunakan layanan tiket pesawat Sriwijaya, Lion Air, Citilink, Batik Air, ataupun Garuda Indonesia. Apapun pilihan maskapainya, pemesanan tiket dijamin aman tanpa perlu khawatir jadi korban penipuan. Enaknya lagi, Airy juga memberi kemudahan kalau kamu ingin melakukan refund serta reschedule.

You Might Also Like

16 komentar

  1. Terimakasih mbak tambah lagi tujuan wisata nanti kalau aku pulang lebaran he he mudik mbak

    BalasHapus
  2. Beberapa kali ke Jogja kok belum pernah ya ke tempat tempat wisata ini. Padahal gak kalah cantiknya. Terimakasih infonya, mbak.
    Paling pengen ke air terjun kedung pedut. Sepertinya seger dan membuat pikiran jadi fresh. Lihat air di tengah pepohonan gitu.

    BalasHapus
  3. Jogja memang selalu ngangenin ya Mbak, makasih infonya, Saya baru tau tentang 3 tempat wisata diatas, kayaknya patut dicoba nih kalo lagi ke Jogja, apalagi yg air terjun Kedung Pedut bagus banget viewnya, Subhanallah, cocok sepertinya untuk melepas penat dari akyaktivi sehari-hari

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah semua itu yg ada di artikel ini. Huhu...
    Jogja ada aja tempat wisata baru yah. Bisa padahal naik KA atau pesawat...

    BalasHapus
  5. wahahaha, kebetulan mau ke Jogja akhir pekan ini. Cus ke air terjun kedung pedut ah..

    BalasHapus
  6. Yuni suka berwisata ke Jogja. Jangankan yang jarang dikunjungi, yang sering dikunjungi pun belum semua yang yuni datangi. Hehehe

    BalasHapus
  7. uwooo... aku belum pernah mampir tuh pas ke Jogjes. Kayaknya net harus mampir deh sapa tahu deket sama rumah adekku di Jogjes. Thanks sharingnya ya mbak

    BalasHapus
  8. Itu air terjunnya kok keren kali sih, warna airnya memang begitu? Bukan efek kamera? Kalau iya, waduh cantik sekali

    BalasHapus
  9. asik jogja lagi. jogja katanya banyak wilayah kars nya ya mbak? dan gua gua yang unik-unik gitu jadi favoritnya pecinta kars, katanya lagi hehehe

    BalasHapus
  10. Wah, aw belum pernah berkunjung ke 3 tempattersebut, mau berkunjung ah

    BalasHapus
  11. Ketiganya belum pernah akuuu. Baca artikel ini jadi kangen Jogja. Baiklah disimpan dulu infonya, next ke sana pakai Sriwijaya dan Airy saja

    BalasHapus
  12. Wah aku belum pernah nih kejadian 3 tempat ini. Kayaknya emang destinasi yang jarang dikunjungi dan belum diketahui orang banyak yaaa. Air terjuterjunnya keren banget ada sensasi dua warna gitu. Masya Allah jadi pengen ke jogja deh buat lihat langsung

    BalasHapus
  13. Wah ,kemarin trip ke Jogja gak ke tiga tempat ini nih. He tapi memang ini destinasi yg cucok buat org dewasa ya. Kemarin liburan ke jogjanya bawa bocil dan batita, hihi. Next mesti juga nih ke tempat di atas.

    BalasHapus
  14. Bener juga, nih. Saya baru dengar kali ini tentang 3 tempat wisata di atas, hehe.
    Daerah Kulonprogo dan Gunungkidul memang banyak destinasi wisata cantik kalau dieksplor. Nah, jadi penasaran sama air terjun Kedung Pedut, deh

    BalasHapus
  15. Yogyaaaaaa, duh rindunya sama kota ini. Pengen banget suatu saat diberi kesempatan utk eksplor lebih banyak tempat wisata lainnya. Apalagi baca ini aku jadi makin pengen ke Yogya. Makasih infonya mbak, suer tempatnya oke-oke banget.

    BalasHapus
  16. Yang Kalisuci mirip Goa Pindul ya, Mbak. Saya pernah ke sana tahun 2015. Ada ngapung pakai ban nyusurin sungai dalam goa gitu. Mirip banget, masih daerah Gunung Kidul juga, kalo nggak salah.

    BalasHapus