Penyebab Wanita Mudah Sensitif Kala Menstruasi dan Tips Mengelolanya

Kamis, September 26, 2019


Aku pun termasuk yang lebih sensitif saat tanda-tanda menstruasi akan datang. Menstruasi merupakan hal normal yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Pada beberapa wanita, menstruasi kerap dibarengi dengan rasa sakit pada perut atau disebut dismenorrhea  (baca: dismenore). Skalanya beragam mulai dari yang ringan hingga berat, ada yang hanya hari pertama ada pula yang sepanjang masa menstruasi. Hal ini tentu saja membuat tubuh jadi kurang nyaman untuk digunakan beraktivitas. Bahkan sekadar melakukan rutinitas sederhana yang biasa kita lakukan, rasanya berat sekali. 
ifree atasi nyeri haid
Gambar oleh Basti93 dari Pixabay

Selain itu, pada wanita yang sedang menstruasi tak jarang juga menjadi lebih sensitif dan lebih mudah marah ketika siklus bulanannya datang. Menurut penelitian yang dilansir oleh American College of Obstetricians and Gynecologists, sebanyak 85 % dari wanita yang mengalami menstruasi setidaknya memiliki satu gejala PMS (Pre Menstrual Syndrome) secara teratur. Beberapa gejala di antaranya adalah pegal-pegal, letih, perubahan pada nafsu makan, dan suasana hati alias mood swing. Bagi wanita, ini merupakan hal yang wajar sementara bagi pria kadang sulit mengerti keadaan ini. Intinya jangan heran ya boys, karena saat menjelang hingga masa menstruasi, pada tubuh wanita itu hormonnnya sedang ups and down istilahnya.  Supaya kalian bisa memahami wanita saat menstruasi, kalian para laki-laki harus tahu bagaimana rasanya ketika kram haid itu.

Mendapatkan menstruasi setiap bulannya pada wanita adalah hal yang patut untuk disyukuri. Karena banyak kasus wanita yang kurang lancar siklus menstruasinya dan perlu memeriksakan diri ke dokter. Nyeri haid atau dismenore mungkin akan menghalangi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun tak perlu khawatir karena ada berbagai cara mengatasi dismenore yang bisa kalian lakukan secara mandiri, seperti: minum obat pereda nyeri, berbaring, mandi air hangat, mengompres perut dengan air hangat, menghindari makanan dan minuman yang tidak sehat, dan melakukan olahraga ringan. Namun, bila kalian merasa dismenore ini sudah sangat mengganggu segeralah periksakan diri ke dokter. 

Kembali lagi ke masalah mengapa wanita yang sedang menstruasi cenderung lebih sensitif yang mana hal ini tentu sering membuat orang di sekitarnya cukup bingung dengan perubahan mood ini, terutama bagi para pria. Nah jawabannya adalah selain karena tengah merasakan kram pada perut, juga didasari  alasan berikut ini:
  • Menurunnya serotonin yang menyebabkan naik turunnya hormon dalam tubuh. Rendahnya tingkat serotonin bisa menyebabkan datangnya rasa depresi, mudah marah, dan ingin mengkonsumsi makanan berkarbohidrat.
  • Turun naiknya hormon estrogen, yang mana hormon ini memiliki peran penting pada proses reproduksi wanita dan efek endorphin tubuh. 
  • Pola makan yang tidak sehat. 
  • Menurunnya daya tahan tubuh terhadap rasa sakit. 
  • Tubuh kurang istirahat yang dipicu karena saat tingkat hormon menurun, tubuh kurang bisa mengontrol suhu internalnya sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman dan kesulitan untuk tidur. 
Meskipun mood swing pada wanita menstruasi tidak bisa dicegah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga mood tetap stabil, yaitu:
  • Konsumsi banyak air putih.
  • Hindari merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. 
  • Mengkonsumsi susu rendah lemak atau jus jeruk karena kalsium dan vitamin D di dalamnya mampu mencegah emosi saat haid. 
Selain itu, tetap jaga gaya hidup sehat ya. Makan makanan bergizi, tidur malam yang cukup, rutin berolahraga, serta tangkal stres dengan banyak berpikir positif. 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Alhamdulillah, yuni adalah salah satu wanita yang tidak mengalami keluhan apapun saat mens. Yah kecuali sedikit emosi. Namun masih bisa ditahan juga sih. Alhamdulillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... anugerah luar biasa itu mba...

      Hapus
  2. Wah baca tulisan mbak Dwi langsung saya copi link deh, catatan kalau lagi mood swing penting banget nih.

    Harus siapin jus jeruuuuk... Sukaan Dewi, Hihihi... Biasanya aku banyak makan doang, kalau ditambah jus jeruk sm susu rendah lemak kyknya enak:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sama dong aku pun kadang suka jadi banyak makan kalo menjelang dan saat haid dtg.

      Hapus
  3. Wanita memang begitu ya hehe

    BalasHapus