Lindungi Sistem Pencernaan Dalam Tubuh dengan Melakukan Beberapa Hal Berikut

Selasa, Juli 30, 2019


Sistem kerja organ tubuh sangatlah penting bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu sistem kerja tubuh yang sangat penting perannya adalah sistem pencernaan. Sistem yang satu ini begitu penting karena menentukan seberapa optimal penyerapan nutrisi ke dalam tubuh kita. Tapi, tahukah kamu kalau ada beberapa cara agar sistem pencernaan dalam tubuh kita bisa lebih baik? Beberapa tips berikut bisa kamu lakukan untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

Makan secara perlahan


Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, kita tidak hanya perlu memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi. Lebih dari itu, kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara mengonsumsi makanan. Sebab, kebiasaan makan yang buruk dapat mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh.

Salah satu kebiasan yang perlu dihindari adalah makan secara tergesa-gesa atau terburu-buru. Meskipun beberapa orang dituntut untuk makan dalam waktu yang relatif cepat, namun bukan berarti hal ini merupakan hal yang baik bagi sistem pencernaan. Sebab, sistem pencernaan akan dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, proses penyerapan nutrisi juga tidak akan berjalan optimal saat kamu makan dengan durasi yang lebih cepat. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi makanan secara perlahan sampai makanan benar-benar lembut dan siap untuk dicerna tubuh.

Tidak tidur setelah makan


Setelah makan, beberapa diantara kamu mungkin akan mengantuk atau ingin beristirahat. Tapi, jangan turuti perasaan tersebut karena bisa mengganggu sistem pencernaan kamu. Ya, tubuh manusia tidak dapat mencerna makanan secara normal saat tubuh berada dalam posisi tidur. Sebab, dibutuhkan posisi tubuh yang tegak agar sistem pencernaan dalam tubuh bisa tetap terjaga. Ketika kamu tidur setelah makan, maka hal tersebut bisa mengganggu sistem kerja pencernaan dan mengganggu kesehatan organ didalamnya. Tunggulah sekitar 2-3 jam setelah makan apabila kamu mengantuk dan ingin tidur setelah makan. Sehingga, sistem pencernaan dalam tubuh tetap terjaga dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi bisa diserap secara maksimal.

Itulah dua tips yang bisa kamu terapkan untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh. Punya masalah dalam sistem pencernaan seperti mual dan muntah? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan Domperidone sebagai solusi praktis untuk mengatasinya. Domperidone bisa menjadi obat mengatasi perut kembung secara praktis. Siapkan selalu dirumah untuk berjaga-jaga, ya!

You Might Also Like

10 komentar

  1. Kebiasaan buruknya kalau makan lalu tidur. Tapi susah menahan kantuk.

    BalasHapus
  2. Terimakasih kaka infonya sangat membantu

    BalasHapus
  3. Itu mirip obat maag kah mbak? Bentuknya cair atau pil?

    BalasHapus
  4. Wah harus didiplin banget ini jangan makan malam lalu tidur walau ngantuk datang...

    BalasHapus
  5. Duh, yuni mah kadang - kadang suka tidur habis makan. kayaknya kudu diubah deh.. Hehehe

    BalasHapus
  6. Anakku diresepkan dokternya obat Dompiridone ini saat mual dan muntah dan alami madalah pencernaan. Usut punya usut, kebiasaan buruknya adalah makan ngebut , buru-buru..
    Beda lagi kalau emaknya, habis makan, ngantuk..tiduur
    Padahal ternyata enggak bagus buat kesehatan pencernaan.hiks
    Makasih sharingnya Bu Dokter..

    BalasHapus
  7. Murah yo mbak, baru buka link hidupnya. Ternyata tablet. Duh, aku tipe agak susah nih minum obat. Kudu pake pisang. Hehehe

    BalasHapus
  8. Habis makan itu justru ngantuk. Hihi...Tapi engga boleh langsung tidur ya. Catat ah...Perlu nih kalau pas bulan puasa, habis sahur malah tidur. Padahal salah...

    BalasHapus
  9. Biasanya kalau sudah kelaparan, saya tanpa kunyah langsung. Dan tak lama kemudian perut nyeri.

    BalasHapus