Kompres Air Hangat Bisa Redakan Nyeri karena Asam Urat?

Sabtu, Juli 06, 2019

Kompres air hangat redakan nyeri asam urat
Sumber gambar: gettyimages.com

Kompres air hangat kerap digunakan untuk meredakan nyeri asam urat. Apakah ini sungguh efektif?

Ketika nyeri asam urat melanda, banyak orang langsung mencari handuk dan air hangat, lalu meletakkannya pada daerah yang sakit. Kompres air hangat disebut-sebut memang dapat diandalkan untuk meredakan nyeri sendiri. Akan tetapi, benarkah demikian?

Dijelaskan dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, kompres air hangat sebenarnya boleh diberikan bila asam urat yang dirasakan amat mengganggu. Namun, perlu digarisbawahi bahwa kompres tersebut hanya dapat mengurangi rasa sakit, bukan mengurangi bengkak.

“Jadi, selain menimbulkan nyeri, asam urat juga menyebabkan bengkak. Penanganan kondisi bengkak akibat asam urat tersebut tetap harus diatasi dengan konsumsi obat,” ujar dr. Devia.

Bisa dibilang, kompres air hangat hanya pertolongan pertama saja. Sambil dikompres, Anda bisa mengonsumsi obat anti-nyeri untuk meredakan sakit dan bengkaknya.

"Biasanya, penderita asam urat harus meminum obat anti-nyeri yang memiliki golongan NSAID (Nonsteroidal Anti-inflammatory Drug). Meski demikian, terkadang obat jenis steroid juga bisa diberikan bila diperlukan," kata dr. Devia.

Obat untuk asam urat


Selanjutnya, dr. Andika Widyatama dari KlikDokter menambahkan, obat-obatan untuk menangani asam urat sebaiknya dipergunakan hanya untuk mengatasi serangan akut, pencegahan serangan, serta menurunkan risiko komplikasi.

"Saat terjadi serangan, dokter akan memberikan obat-obatan pereda nyeri dan anti-radang seperti ibuprofen, colchicine, dan prednison," ujar dr. Andika.

Pemberian obat untuk asam urat dapat berbeda tergantung tahapan. Apabila kadar asam urat terpantau tinggi tapi serangan belum terjadi, obat yang sering digunakan adalah allopurinol dan probenecid.

Pencegahan asam urat kambuh lagi


Selain dengan kompres air hangat dan konsumsi obat-obatan, asam urat harus dikontrol agar tidak terjadi kekambuhan berulang. Usaha ini tentu harus dimulai dari mengubah kebiasaan harian, yaitu:

Batasi konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, seperti jeroan, daging merah, dan udang

Konsumsi air putih 2 liter per hari

Olahraga rutin, paling tidak 3-5 kali per minggu dengan durasi selama 30–60 menit

Usahakan untuk berada di berat badan ideal

Hindari konsumsi alkohol dan minuman dengan pemanis fruktosa

Kompres air hangat memang sangat bisa diandalkan untuk mengurangi nyeri akibat asam urat menyerang. Namun, pemberian kompres hanya menghilangkan rasa nyeri, bukan rasa bengkak. Anda tetap dianjurkan mengonsumsi obat-obatan tertentu. Meski demikian, agar asam urat tak sering menyerang, lakukan ubahlah gaya hidup menjadi lebih sehat.

You Might Also Like

16 komentar

  1. Terimakasih, tips yang bagus bu :D

    BalasHapus
  2. Wahh bisa ini jadi pertolongan pertama, kadang udah panik duluan kalo tiba tiba adam urat naik

    BalasHapus
  3. Ibuku penderita asam urat, mbak... sedih kalau liat beliau lagi kumat :(

    BalasHapus
  4. nggak punya asam urat sih dan jangan sampai punya. tapi boleh nih disimpan, kalau sewaktu-waktu ada yang kena.

    BalasHapus
  5. Nyeri asam urat ternyata bisa dikurangi dengan kompres air hangat ternyata. Selain diet sehat dan menghindari makanan yang mengandung uric acid yang tinggi, minum obat, juga perlu kontrol kadar asam urat dengan melakukan pemeriksaan laboratorium.

    BalasHapus
  6. baru tahu nih kak kalau Kompres air hangat bisa redakan nyeri karena asam urat. terima kasih tulisannya bermanfaat buat orang banyak

    BalasHapus
  7. Saya gak belum mengalami asam urat. Semoga jangan sampai terkena. Tetapi, saya ingat-ingat nih tipsnya. Kompres dengan air hangat memang bikin nyaman

    BalasHapus
  8. Selain dari jauhi lauknya, ada sayuran juga yang seperti tauge, kol yang menurut tetangga saya penderita asam urat bisa kambuh lagi

    BalasHapus
  9. Artikel yang sangat berguna nih. Soalnya mamaku menderita penyakit serupa.

    BalasHapus
  10. Kalau udah jadi nyeri asam urat, sakitnya kebangetan huhuhuh saya ga bisa makan jeroan langsung deh sakit.

    BalasHapus
  11. Ternyata air hangat bisa menjadi pertolongan pertama ketika asam urat ya? wah aku info ke mamah di rumah nih, thanks infonya mbak

    BalasHapus
  12. Sepertinya asam urat ini penyakit langganan para sepuh yaa...
    Ibuku kemarin telp dan cerita kalau kakinya sakiitt...apalagi dibuat jalan.
    Memang hanya satu sisi, tapi mengganggu sekali.

    Ternyata yaa ituu...asam uratnya kambuh.
    Hiiks~

    BalasHapus
  13. Oh pemanis2 gtu menyebabkan asam urat ya mbak? Berisiko gtu.
    Aku pikir tdnya asam urat tu sakit kyk kesemutan tapi ganggu bnaget, ternyata bisa lbh berbahaya lagi sampai bisa bengkak gtu ya....

    BalasHapus
  14. Minum air putih itu memang bermanfaat banget bagi kesehatan. Dan termasuk untuk redakan asam urat ya mba

    BalasHapus
  15. Wah ini penting juga nih, karena beberapa teman di grup ada beberapa yang asam urat. Bisa jadi solusi banget untuk meredakan nyerinya ya mbak.

    BalasHapus
  16. Ngerubah gaya hidup itu yang sesungguhnya tantangan tersulit. Gimana donk, makanan yang bikin asam urat pada enak-enak sih, heuheu

    BalasHapus