Resep Puding Lumut Merah Putih untuk Berbuka Puasa

Jumat, Mei 10, 2019

Resep puding lumut

Resep puding lumut merah putih-Alhamdulillah kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan, bulan mulia yang penuh ampunan dan keberkahan.

By the way, suka bingung nggak sih apa saja menu untuk sahur dan berbuka? Aku seminggu pertama biasanya masih oke bisa variasiin jadi gak sama tiap harinya, nah hari-hari selanjutnya ini yang kadang mulai bingung akhirnya yah paling mengulang-ulang lagi menu sebelumnya.

Sebetulnya akutu nggak begitu suka masak, cuma karena anak juga pulang sekolahnya cepat daripada bingung mau main apa, akhirnya aku ajak aja masak yang dia juga suka. Salah satu menu kesukaan si anak adalah, aneka puding.

Kemarin sempat browsing puding yang nggak biasa tapi nggak pakai ribet, ketemulah dengan puding lumut dan butter. Awalnya aku bikin pakai pewarna hijau tapi hasilnya kurang oke karena ada kesalahan dari akunya, jadilah aku bikin lagi dengan agar-agar yang ada di rumah dan adanya warna pink.

So, daripada ribet harus beli dulu atau nggak jadi bikin karena nggak ada bahannya, mending kita eksekusi aja, tho! Because color doesnt matter buatku, hihi ...

Okey, kita buat aja yuk puding merah putih, berikut resep dan cara memasaknya.

Bahan puding lumut

1 bungkus agar-agar plain (aku pakai pink, kalau gak ada yang hijau bisa gunakan pewarna makanan)
2 butir telur kocok lepas
3/4 gelas belimbing gula pasir
125 ml santan (aku pakai yang instan)
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanilla
2 1/2 gelas belimbing air putih

Cara membuat puding lumut

1. Siapkan wadah yang cukup besar, masukkan semua bahan, telur, gula, santan, agar-agar, garam, vanilla, dan air.
2. Aduk rata, panaskan di atas kompor sambil diaduk-aduk hingga matang. Sambil menunggu agar lapisan atasnya mengeras, kita buat lapisan butternya, yuk!

Tips:

1. untuk mendapatkan penampakan lumut yang halus maka kita harus sering mengaduknya dan sebaliknya kalau ingin dapatkan penampakan lumut yang besar-besar jangan sering-sering diaduk, ya!
2. Agar "lumut" mengisi seluruh bagian, jangan segera pindahkan ke wadah saji. Tunggu uap panasnya hilang hingga hangat kemudian aduk-aduk dan baru pindahkan.
Kalau tidak perlu dipindahkan ke wadah saji, maka aduk-aduk saat sudah hangat dan mulai mengental.

Sekarang kita buat puding butternya ya sebagai lapisan putihnya.

Bahan puding butter

1 bungkus agar-agar plain
3 kuning telur kocok, sisihkan.
3 balok butter (aku pakai blue band)
125ml santan (aku pakai sisanya tadi)
1/2 kaleng susu kental manis
1/2 sdt bubuk vanilla
1/2 sdt garam
2 gelas belimbing air

Cara membuat puding butter

1. Siapkan wadah masukkan air, gula, agar-agar, santan, dan mentega leleh aduk-aduk sampai hangat.
2. Dalam wadah kecil ambil beberapa sendok makan adonan cair tadi ke dalam kocokan kuning telur. Ini supaya saat telur dimasukkan tidak menjadi omellet, hehe ... melainkan bisa menyatu dengan cantik.
3. Aduk-aduk terus hingga matang.
4. Tuangkan sedikit-sedikit di atas lapisan puding lumut yang kita buat tadi.

Resepnya sih butter ya tapi nggak ada butter alias mentega, margarin pun jadi. Banyak orang ragu menggunakan margarine karena kalau dilelehkan akan berubah menjadi lemak trans. Nah makanya gak boleh sembarang melelehkan margarine. Aku nemu tipsnya nih cara melelehkan margarin yang benar.

Tips melelehkan margarine yang tepat:

1. Jangan terlalu dingin, bila akan digunakan, keluarkan dahulu dari kulkas setidaknya 1 jam sebelum digunakan.
2. Gunakan wajan datar, agar permukaannya memberikan panas yang rata sempurna.
3. Lelehkan dengan api kecil karena titik didih margarin tergolong rendah.
4. Aduk margarin yang mulai meleleh agar melelehnya merata dan tak ada bagian yang menggumpal.
5. Lelehkan sebagian saja dan sisakan sedikit margarin yang masih utuh, biarkan meleleh dengan sisa panas yang ada.
6. Lelehkan sesaat sebelum digunakan karena kalau terlalu lama kandungan lemak dan airnya akan terpisah.

Setelah mengeras, coba deh potong, teksturnya mantap lho, tidak keras dan tidak lembek. Makanan dessert ini pastinya lebih nikmat disantap saat dingin. Ingat, buka puasanya jangan kalap ya! Makanlah secukupnya.
Resep buka puasa


Tunggu ya resep-resep lainnnya. Oya, selagi menunggu kalian bisa intip resep kare kepiting jawara dari sahabatbloggerku. Awas, jangan ngiler! Hehe ...

Baca juga : Membuat Cordon Bleu dalam Sekejap

Intinya buat aku ya, dalam memasak kita nggak perlu terlalu rumit dengan hal yang sebetulnya nggak masalah kalau ini diganti, itu dikurangi, dan sebagainya. Kita akan paham dengan sendirinta ketika kita mau mencoba.

Jujur saja dalam resep ini aku tidak menggunakan jus pandan asli, tidak menggunakan pewarna hijau, juga agar-agar hijau demi bisa dibilang puding lumut.

Aku pun mengurangi jumlah telur dalam adonan butter, yang seharusnya 3 saya hanya gunakan 1, tentu dengan takaran lainnya yang juga aku kurangi. Hasilnya, not bad lah! Kata suami malah kaya puding yang dijual di Monami bakery, wkwkwk #gombalgakyah
Resep puding lumut tanpa pandan


Baiklah, selamat mencoba ya!

You Might Also Like

6 komentar

  1. Aku gak pinter masak liat ini mupeng jadi pengen coba juga di dapur keliatannya simpel kudu di ss strp by stepnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kalau langsung action makin kerasa mudahnya. Selamat mencoba...

      Hapus
  2. oalaaahhh jd bikin penampakan lumutnya dgn cara di aduk yaaaa :D..kmrn itu aku pesen puding lumut pandan.. udh penasaran sbnrnya, gmn cara bikin jd benran kayak lumatan gitu hahahahah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii iyah ternyata diaduk-aduk aja, aku pikir awalnya juga harus pakai jus pandan beneran, ternyata gak lho, hehe

      Hapus
  3. makasih bsia dicoba, aku paling suka memang dg puding soalnya lembut di mulut

    BalasHapus
  4. wah, bisa dicoba untuk merayakan hari kemerdekaan juga nih :D

    BalasHapus