Puasa Sehat ala Rasulullah Saw

Senin, Mei 20, 2019

Tips puasa sehat, ala Rasulullah Saw

Assalamualaikum sahabat ...

Puasa sehat ala Rasulullah Saw- Kita sudah memasuki pertengahan Ramadhan ya, bagaimanakah puasanya? Semoga lancar, semakin meningkat ibadahnya dan tetap fit ya.

Yakin aja deh, kalau Allah memerintahkan sesuatu pasti ada banyak kebaikan di dalamnya, termasuk perintah berpuasa. Tentu saja puasa yang dilakukan dengan baik dan benar ya, yang seperti apa tuh? Ya yang tidak sekadar menahan lapar dan dahaga melainkan juga menahan amarah, menjaga pikiran tetap positif, menjaga lisan serta menahan diri dari sikap berlebihan termasuk urusan makanan ketika sahur maupun berbuka.

Dalam dunia medis sendiri sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat positif dari berpuasa. Mulai dari kesehatan fisik, mental, spiritual hingga finansial. Masa sih? Iya, lho!

Kuy, kita bahas satu-satu! 


Manfaat Puasa bagi Kesehatan Fisik


1. Detoksifikasi

Ibarat rumah ya, mungkin kita lap-lap, sapu, pel, setiap hari, tapiiii selama penghuninya masih di dalam, kayanya aktivitas bersih-bersih gak akan bisa menjangkau semua sudut juga. Begitu juga puasa, setiap hari kita memang melakukan detox melalui berkeringat, berkemih, dan buang air besar, tapi selama lambung menggiling terus, kita gak akan bisa mencapai derajat detoks yang maksimal. Makanya kita perlu puasa supaya kerja hati lebih ringan dalam mengeluarkan toxin-toxin yang udah numpuk di dalam tubuh kita.

2. Mengistirahatkan saluran pencernaan

Selama kita berpuasa, organ-organ di saluran pencernaan kita akan beristirahat, pun dengan enzim dan hormonnya. Saat sistem pencernaan istirahat inilah energi tubuh dipakai untuk perbaikan sel-sel dan sistem tubuh yang rusak.


3. Membantu atasi peradangan

Saat berpuasa energi banyak digunakan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak (ter-inflamasi) hal ini juga dibantu pula oleh peningkatan sel darah putih selama berpuasa.


4. Membantu kendalikan Berat Badan

Berpuasa adalah diet alami yang memiliki segudang manfaat selama dilakukan dengan benar. Saat berpuasa tubuh tak dapatkan asupan energi seperti biasanya sehingga dipecahlah energi cadangan yaitu lemak tubuh. Hal ini menguntungkan karena dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol darah.


5. Menjaga kesehatan jantung

Menurut penelitian yang dilansir oleh Annals of Nutrition Metabolism tahun 1997 menunjukkan bahwa puasa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 8%, trigliserida sebesar 30%, dan meningkat kolesterol baik (HDL) sebanyak 14,3% sehingga melindungi jantung dari penyakit kardiovaskular.

Masih banyak manfaat positif lainnya dari berpuasa mulai dari menyeimbangkan kadar asam-basa tubuh, meningkatkan fungsi organ, hingga membantu peremajaan kulit alias bikin kamu tampak awet muda.

Berpuasa juga dapat menurunkan kadar gula menguntungkan bagi kamu yang memiliki kadar gula darah cukup tinggi namun bukan penderita diabetes. Bagi penderita diabetes sendiri dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melaksanakan ibadah puasa.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Mental


1. Menumbuhkan rasa empati

Saat berpuasa tentu kita merasakan lapar. Dengan begini kita jadi paham, bagaimana rasa laparnya orang-orang yang hidup beratapkan langit dan beralaskan jalan. Rasa empati ini bisa membuat kita lebih peduli dengan mereka yang hidup serba kekurangan.

2. Mematangan kecerdasan emosional

Puasa tak sekadar menahan haus dan lapar namun juga melatih diri kita lebih sabar dan lebih menahan diri dari hal-hal yang tidak baik yang dapat mengurangi nilai puasa itu sendiri.

3. Membentuk kesehatan sosial

Sekarang banyak fenomena di mana orang lebih senang bercerita pada orang yang baru dikenalnya ketimbang pada keluarganya. Dengan berpuasa, kita dapatkan momen kebersamaan dengan keluarga melalui sahur, buka bersama, dan tarawih berjamaah.

4. Membangun aura bahagia

Bagi siapa yang benar-benar bahagia menyambut bulan Ramadhan, maka bahagia akan menyelimuti hari-harinya. Karena ia yakin bahwa bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan dan banyak limpahan rahmat dari Allah Swt.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Spiritual


1. Membentuk pribadi yang bertakwa

Hal ini sudah dijanjikan oleh Allah Swt melalui firmanNya QS. Al Baqarah;183
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"


2. Dijanjikan Syurga

Berpuasa dapat mendamaikan hati karena janji syurga bagi mereka yang melaksanakannya, sesuai sabda Rasulullah Saw:
“Sesungguhnya surga itu mempunyai pintu yang disebut Royyan. Dipanggil pada hari kiamat. Hai mana orang-orang yang berpuasa? Lalu bila orang yang terakhir dari mereka telah masuk, maka pintu itu pun ditutup kembali.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Perisai dari perkelahian

Syaithan senang melihat perkelahian di antara umat manusia. Orang yang berpuasa dengan bersungguh-sungguh ia akan menjadikan puasanya perisai dari segala pertikaian. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw:
“Puasa adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa janganlah berkata keji dan berteriak-teriak, jika ada orang yang mencercanya atau memeranginya, maka ucapkanlah, ‘Aku sedang berpuasa” (H.R. Bukhari dan Muslim).

4. Menumbuhkan sifat khassyah (takut pada Allah Swt)

Orang yang benar-benar berpuasa akan selalu merasa diawasi oleh Allah Swt, sehingga tumbuh rasa takut padaNya karena ia tahu bahwa Allah Maha Melihat apa yang ia lakukan baik secara sembunyi maupun terang-terangan.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Finansial


1. Melatih hidup hemat

Kalau kita lihat dari frekuensi makan, semestinya puasa dapat membuat kita lebih hemat. Ketika sehari-hari kita makan 3x sehari, saat berpuasa frekuensi makan kita jadi 2x sehari. Ingat, hemat ya bukan pelit!

2. Menambah rezeki

Sejurus dengan hemat, tentu saja hal ini sekaligus menambah pundi yang bisa kita tabung, seharusnya! Nyatanya saat puasa pengeluaran kita juga bertambah, buat berbagi juga berzakat. Namun jangan salah, Allah Swt menjanjikan harta yang kita keluarkan di jalanNya akan diganti berkali-kali lipat olehNya.


3. Pandai mengatur keuangan

Bulan Ramadhan kali ini bertepatan juga dengan kenaikan kelas anak sekolah sehingga pengeluaran finansial cukup terasa ya (buat aku, hehe). Nah, saat seperti ini kita harus pandai atur keuangan termasuk merencanakan investasi yang tepat agar ke depannya kesehatan keuangan tetap fit.

Itulah beragam manfaat positif dari puasa yang bisa kita rasakan di segala aspeknya. Bila kemudian banyak yang merasa aku kok tambah gemuk saat puasa, nah coba cek lagi bagaimana menu sahur dan berbukanya? Apakah sudah memenuhi standar gizi seimbang atau membiarkan diri kalap dengan lezatnya hidangan berbuka?

Bila kemudian banyak yang merasa aku kok pengeluaran mengalir deras tanpa kendali, nah coba cek lagi bagaimana manajemen keuangannya? Apakah sudah memenuhi prinsip kebutuhan atau kalap dengan nafsu keinginan yang tak bertepi?


Puasa Sehat ala Rasulullah Saw

Sejatinya berpuasa itu menyehatkan selama dilakukan dengan benar, tidak berlebihan ketika sahur maupun berbuka serta tetap menjaga pola hidup sehat.
Rasulullah Saw juga memiliki kebiasaan sehat selama berpuasa, apa sajakah itu?

1. Sahur

Bangun pagi-pagi, lalu makan rasanya memang berat ya. Namun tahu tidak, ada banyak kebaikan dalam sahur lho. Sesuai dengan sabda Nabi Saw “Bersahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR Bukhari Muslim).

Meski hukumnya sunnah namun sahur memiliki banyak kebaikan dan manfaat, antara lain: menambah tenaga saat berpuasa, mendapatkan pahala, menjadi titik pembeda (karena puasanya penganut agama lain tidak memakai sahur), doanya mustajab insya Allah.

“Yang membedakan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.” (HR Muslim no 2545).

Bagaimana sih sahur ala Rasulullah Saw?


Ada suri tauladan yang baik pada diri Rasulullah Saw, maka kita dianjurkan mengikuti apa yang menjadi kebiasaannya. Bahkan salah satu syarat diterimanya ibadah kita selain niat lillahi ta'ala adalah mengikuti tuntunan Nabi Muhammad Saw.

Menu Sahur


Sahur bisa dikatakan sebagai persiapan untuk berpuasa selama kurang lebih 14 jam. Nah dalam sahur ada menu yang dianjurkan Rasulullah Saw, yaitu: “Sahurnya orang Mukmin adalah buah kurma.” (HR Abu Daud).

Namun, bila tidak ada kurma, boleh dengan menu lain yang penting halal lagi baik. Jangan sampai tidak sahur ya hanya karena tidak ada kurma.

Baca juga : resep puding lumut untuk berbuka puasa

“Makanan sahur merupakan makanan yang berkah maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya seteguk air, sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang bersahur.” (HR Ahmad). Nah walaupun seteguk air kita tetap dianjurkan untuk sahur.

Waktu sahur


Bagaimana dengan waktunya? Bila berbuka kita dianjurkan bersegera, nah bila sahur kita dianjurkan mengakhirkannya. Adakah ukuran waktu mengakhirkan sahur? Ya! Sahabat Nabi Zaid bin Tsabit pernah bersahur bersama Rasulullah dan melaksanakan shalat Subuh.

Setelah itu, lalu Zaid ditanya:
“Berapa lama jarak antara usai sahur dan shalat Subuh?” Sayidina Zaid menjawab, “Seukuran membaca 50 ayat dari Alquran.” Kalau diukur dengan bacaan Alquran yang sedang, kurang lebih 15 menit sebelum Subuh.

Nah, jadi jangan terlalu mepet juga dengan jarak adzan subuh ya...

2. Qailulah

Qailulah adalah tidur sejenak di waktu siang. Selain ada kebaikan juga ada manfaat kesehatan lho selama tidurnya diniatkan untuk memenuhi hak tubuh untuk beristirahat. Ada dalilnya juga mengenai Qailulah, "Tidurlah qailulah (tidur siang) karena setan tidaklah mengambil tidur siang." (HR. Abu Nu'aim)

Setan tidak tidur siang karena mereka tidak pernah berhenti mengganggu manusia. Sedangkan kita disunnahkan beristirahat. Setelag tidur siang tubuh pun segar kembalu untuk beraktivitas termasuk beribadah pada Allah Swt.

Qailullah ini bukan tidur yang berlebihan ya, hanya sekitar 30 menit. Lalu kapan waktu yang dianjurkan? Yaitu ketika mendekati waktu matahari tergelincir ke barat atau sesudahnya. Kira-kita beberapa saat sebelum masuk waktu salat zuhur atau setelahnya.

3. Berbuka dengan Kurma dan Air putih

Jika ada berbukalah dengan kurma dan air putih. Dari Anas bin Malik, ia berkata: Rasulullah Saw biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air.

Manfaat Kurma


Ternyata dalam dunia medis sendiri, kurma memiliki banyak manfaat, yaitu:
1. Tinggi kandungan karbohidrat sehingga cepat mengganti energi yang hilang selama berpuasa. 
2. Mengandung banyak mineral sehingga membuat tubuh tidak mudah lemas.
3. Menjaga kesehatan salurna cerna
4. Mengandung antioksidan
5. Menjaga kesehatan mata dan kulit.

Air putih pun demikian memiliki manfaat yang besar bagi orang yang berbuka setelah 14 jam berpuasa. Dengan air putih tubuh menjadi segar kembali, melancarkan saluran cerna, pun dengan racun yang ada dalam tubuh akan terbuang melalui urin. 

Jangan lupa segerakan berbuka bila waktunya tiba, karena ini juga merupakan salah satu sunnah Rasulullah Saw. Diriwayatkan dari Sahal bin Saad RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang-orang itu senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (Shahih Muslim No.1838)

4. Tidur lebih awal, bangun lebih awal

Tidur adalah karunia yang Allah Swt berikan pada hambaNya, sesuai firmanNya dalam Surat An Naba:9, "Dan kami jadikan tidurmu untuk istirahat."

Rasulullah Saw mengajurkan umatnya agar tidur lebih awal yaitu selepas salat tarawih. Hal ini juga bermanfaat agar tubuh kita lebih segar untuk bangun sahur. 

Manfaat tidur lebih awal

Dari segi medis sendiri ada banyak manfaat positif tidur lebih awal dan bangun awal, antara lain:

1. Menjaga kesehatan jantung karena orang yang begadang atau tidu larut malan beresiko mengalami pengerasan pembuluh darah.
2. Memberi kesempatan sel darah merah untuk melakukan perbaikan. Karena pukul 9 malam adalah waktu biologis bagi sel darah merah untuk melakukan perbaikan.
3. Meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik.
4. Meredakan stres karena tidur malam dapat membuat tubuh lebih rileks.

Ternyata banyak ya manfaat bagi kesehatan tidur lebih awal dan bangun lebih awal.

5. Tetap beraktivitas

Meski sedang berpuasa jangan jadikan sebab kemalasan atau alasan untuk berleha-leha. Sesungguhnya Rasulullah Saw di bulan-bulan selain Ramadhan sangat giat dan antusias dalam melakukan aktivitas apalagi di bulan Ramadhan. Bila kita ingat ada beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan yaitu perang badar juga pembebasan kota Mekah.

Yuks, kita ikuti apa yang dilakukan Rasulullah Saw karena ternyata selain menuai banyak manfaat kita juga dapatkan pahala karena mengikuti sunnahnya. 

Selamat menjalankan ibadah Ramadhan, sahabat.

You Might Also Like

12 komentar

  1. Banyak banget manfaat dari berpuasa, ya, Mba. Memang, Allah tidak akan memerintahkan sesuatu yang sia-sia kepada hamba-Nya. Kita aja, yang kadang mengeluh dan merasa terbebani.

    BalasHapus
  2. Wah...lengkap nih manfaat puasa bagi kesehatan. Bener banget untuk detoks. Ikuti saja cara Rasulullah saw. Tapi, masih belajar nih, puasa jadi hemat...Wkwkwk...asa jadi boros...

    BalasHapus
  3. Harusnya puasa melatih hidup hemat, saya setuju banget ini.
    Tapi anu...mbak, saya rasa kok makin boros yah?

    wah perlu banyak belajar lagi nih saya

    BalasHapus
  4. Komplit nih ulasannya..Jadi banyak diingatkan saya. Makasih Mbak Dwi
    Saya tidur siang sebentar terus kelewatan waktu jemput sekolah..kwkwk
    Begitu banyak teladan Rasulullah SAW yang bisa kita ikuti ya
    Selamat menjalankan ibadah puasa juga mbak

    BalasHapus
  5. Masaya Allah, beruntungnya saya menjadi umat Islam. Bisa merasakan puasa yang dioerintahkan Allah dan di contohkan Rasullullh. Banyaksekai ternyat kebin di dlamnya. Masya Allah

    BalasHapus
  6. Aku baru ngerasain manfaat dari tidur lebih awal ini. Ternyata bisa bangun lebih awal, dan badan jadi segar. Tidak ada lagi acara kucek-kucek mata karena merasa masih ngantuk.

    BalasHapus
  7. Asik lengkap banget, tahun ini aku baru sahur lagi nih mbak. Btw soal mengatur keuangan pas puasa, mau dong tips nya kalau ada aku kok malah jadi boros yak >.<

    BalasHapus
  8. Aku kalo puasa malam mba mulainya dari sore, bukanya siang esok harinya. Tapi belom pernah buka pake kurma sih hehe. Eniwe semoga puasanya lancar jaya yaaaa

    BalasHapus
  9. Puasa memang banyak manfaatnya, sayangnya aq belum bisa mengikuti teladan Raulullah SAW

    BalasHapus
  10. Apapun yang dicontohkan oleh Rosul pasti ada manfaatnya ya...
    Seperti puasa yang bisa bermanfaat baik secara fisik maupun psikis

    BalasHapus
  11. Masya Allah jadi semakin bersyukur menjadi seorang muslimah yg diberi kesempatan beribadah puasa. Manfaatnya sungguh luar biasa. Terima kasih sudah menjelaskan dengan detail tentang keutamaan di atas. Semoga lancar jaya puasa Kita ya, aamiin

    BalasHapus
  12. zaman kuliah aku puasa tanpa sahur. sejak nikah, baru deh maksain sahur pas ramadhan. krn suami pgnnya begitu :). tp memang aku akuin puasa juga jd lbh fokus dan ga terlalu lemas dibandingin tanpa sahur. kenpa dulu pas kuliah aku males sahur krn seringnya kecapean duluan belajar sampe malam :D. makanya lbh milih tidur ampe subuh.. trus, aku stayed nya di rumah chinese family yg mana mereka nonmuslim. so, ga ada yg bangunin utk sahur bareng waktu itu.rasanya ntah gimanaaa gitu kalo sahur sendirian :D

    BalasHapus