Liburan di Bandung Sehari doang? Pilih Utara atau Selatan?

Senin, Januari 14, 2019



Liburan di Bandung sehari doang? Beuuh, aslinya mah kurang banget, yekan? Secara sekarang itu di Bandung banyak tempat kekinian yang instagenic, jangankan sehari seminggu juga rasanya kurang. Jadi untuk menyiasati liburan di Bandung yang sangat singkat, kita harus fokus dan tegas sejak awal, mau ke Bandung Utara atau Bandung Selatan. Bisa nggak dua-duanya? Bisa aja sih kalau mau mah, tapi pasti capek banget, belum lagi menghadapi lalu lintas Bandung. 

Sebetulnya bagusan mana sih Bandung Utara dan Selatan? Tergantung! Buat saya sih dua-duanya cantik. Nih, biar nggak bingung saya kasih gambaran apa saja lokasi wisata yang ada di keduanya ya?

Bandung Utara

1. Tangkuban Perahu
wisata bandung utara
Foto by motret98 diunduh dari pixabay

Ini merupakan destinasi wisata alam berupa Gunung Tangkuban Perahu. Keunikan gunung ini adalah bila dilihat dari jauh nampak seperti perahu yang terbalik. Yap betul! Gunung ini memiliki cerita legenda yaitu kisah sangkuriang, seorang anak yang jatih cinta dengan ibunya sendiri. Eitts aslinya mah nggak boleh ya! Oya Tangkuban Perahu ini masih aktif dengan ketinggian 2.084 meter. Lokasinya 20 km ke arah utara Bandung. 

2. Observatorium Bosscha

Dari dulu pengen banget ke sini penasaran pengen lihat aslinya angkasa seperti apa. Ini merupakan tempat teropong bintang yang sudah ada sejak zaman Belanda. Didirikan oleh K.A.R Bosscha. Kalau kalian ingin ke sini baiknya telp dulu ya, karena setahu saya ada pembatasan jadwal dan kunjungan apalagi yang sifatnya umum.


3. Maribaya

Tempat ini belakangan sangat menjadi favorit, banyak pemandangan yang cantik, termasuk beberapa air terjun, antara lain: Curug Cigulung, Curug Cikoleang, Curug Cikawiri dan Curug Omas. Lodge Maribaya adalah salah satu tempat wisata di Lembang yang  menghadirkan banyak tempat unik dan menarik. Cocok untuk berfoto dengan objek hot balloon air, zip bike, gantole, ayunan sky wing, dan lainnya.
bandung utara
Foto oleh putriany, diunduh dari pixabay

4. De'Ranch

Ini destinasi wisata yang berkonsep ala koboy. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah menunggang kuda mengitari area dengan suasana latar koboy lengkap dengan bajunya. Tidak hanya itu di sini juga ada danau buatan yang dapat kita arungi dengan perahu. Alamat lengkap De Ranch ada di Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Bandung. Tempatnya tidak jauh dari pusat kota Lembang sehingga mudah dijangkau. 

5. Floating Market Lembang

Lokasinya berada di sekitar pasar Lembang, tepatnya di belakang Grand Hotel Lembang. Floating market ini sebetulnya adalah sebuah danau namun kini disulap menjadi tempat bermain, berbelanja, wisata air, dan kuliner.

6. Tahura Juanda (Goa Pakar)

Merupakan singkatan dari Taman Hutan Raya. Tahura ini memiliki ribuan jenis pohon, mulai dari cemara, mahoni, hingga jati. Tak hanya flora, tahuna ini juga memiliki banyak fauna yang tersebar di dalamnya, mulai dari musang, tupai, kera, hingga aneka burung.

7. Dusun Bambu 

Dengan taglinenya "family leisure park" Dusun Bambu cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Berlokasi di dataran tinggi bandung utara tepatnya Jalan Kolonel Masturi, dekat objek wisata Curug Cimahi. Di sini juga terdapat danau buatan, pasar khatulistiwa, dan restoran dengan konsep unik menyerupai sarang burung yang menggantung di pepohonan.
bandung utara
Foto oleh Boshakti, diunduh dari pixabay.com

Nah itu hanya sekelumit dari sekian banyak tentang wisata di Bandung Utara yang berhawa sejuk. Sekarang bagaimana dengan Bandung Selatan. Apa saja objek wisata yang dipamerkan oleh Bandung Selatan? Cekidot!


Bandung Selatan

1. Kawah Putih 

Tempat ini terkenal banget merupakan sebuah danau kawah dari Gunung Patuha. Yang unik dari kawah ini adalah warnanya yang bisa berubah dari putih, hijau, hingga coklat sesuai kadar belerangnya. Lokasinya terletak di Desa Sugih, Kecamatan Pasir Jambu.
Foto oleh abietams, diunduh dari pixabay.com


2. Kebun Strawberry Ciwidey

Buat pecinta strawberry, jangan lewatkan sensasi memetik Strawberry secara langsung ya. Buah ini banyak dibudidayakan di wilayah Ciwidey, jadi kualitas buahnya pun tak diragukan lagi. Lokasinya searah dengan objek wisata kawah putih, persisnya di jalan raya Ciwidey. 

3. Perkebunan Teh Rancabali

Menikmati hamparan perkebunan teh yang cantik dan berkelok-kelok sangat memanjakan mata. Kesegaran dan kesejukan udaranya agaknya baik untuk melepas penat dari kesibukan aktivitas yang menggunung. Lokasi perkebunan teh ini juga tak jauh dari kawah putih dan kebun strawberry, tepatnya berada di Jalan Rancabali, Ciwidey.
bandung selatan
Foto dari bandung.panduanwisata.id


4. Kampung Cai

Tak hanya di Bandung Utara, di selatan pun ada pemandian air panas yaitu di Kampung Cai Rancaupas. Di sini wisatawan dapat menikmati
fasilitas lainnya seperti perosotan atau seluncuran, kemudian ember tumpah dan beberapa keseruan lainnya.

5. Situ Patenggang 
bandung selatan
Foto dari wikipedia

Sesuai namanya situ yang berarti danau. Tempat wisata ini memamerkan keindahan objeknya berupa hamparan perairan danau yang berhawa sejuk. Tempat ini juga terkenal dengan batu cintanya yang konon sebagai tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis.

6. Kawah Rengganis

Satu lagi wisata di Bandung Selatan yang menawarkan sensasi khas bumi priangan. Buat yang suka berswafoto kawah rengganis cibuni ini sangat instagenic. Fasilitas di tempat ini juga sudah dilengkapi dengan musholla, tempat pemandian berupa pancuran, warung dan kedai makanan, serta bermalam di rumah penduduk. 

7. Barusen Hills

Daya tarik dari tempat ini adalah pemandangannya yang hijau nan asri apalagi udara yang sejuk tururt menemani liburan kalian di sini. Di sini juga tersedia sewa villa kamar di Barusen Hills dengan rate 500ribuan/malam/kamar.

Nah itulah sekelumit di antara banyak tempat wisata di Bandung Selatan yang tersohor. Sekarang tentukan pilihanmu, mau ke Bandung Utara atau Selatan? 

Duuh, bicara tempat wisata jadi pengen liburan euy, jadi inget waktu staycation ke salah satu penginapan keluarga di Bandung. Maklumlah, secara jarak kalau dari Jakarta kan nggak begitu jauh, jadi cocok banget buat liburan singkat dan staycation ini salah satu alternatif liburan singkat yang asyik. Nah buat para backpackeran atau yang males capek nyetir lantaran macet, tiket bus Jakarta Bandung sudah buanyaaaak beredar dan gampang nyarinya. 

Yuks, ah tunggu apa lagi? Liburan ke Bandung doangan mah nggak musti nunggu long weekend dan rasanya yang mau trip ngirit juga bisa banget. Mana ransel kamu? 


You Might Also Like

20 komentar

  1. Aah kakak bikin aku mupeng...bandung selatan bisa nih tujuan berikutnya... :)

    BalasHapus
  2. Berkali-kali kepengin ke Bandung sekejap gitu, tapi masih bingung mau ke mana aja. Ternyata bisa difokuskan Utara atau Selatan ya, Mba, supaya lebih terarah dan efektif. Makasiiih atas infonya :).

    BalasHapus
  3. Bandung cakepnya mah gak ada habisnya ya? Makin ke sini makin cakep. Kalau cuma sehari tempat tadi bisa banget jadi pilihan .cakep nih Mba sharingnya.

    BalasHapus
  4. Saya pernah ke kawah putih. Tempatnya bagus lagi dingin. Bagus buat foto-foto. Kayak dimana gitu kesannya.

    BalasHapus
  5. aku org bandug tapi belum pernah main ke tangkuban perahu nih hihihi

    BalasHapus
  6. wihhh.. gak salah nih Bandung selalu punya tempat-tempat hits yang gak ada matinya.
    Keren-keren semuanya.

    BalasHapus
  7. dua-duanya keren menurutku. pergi kedua tempat aja hehheeh

    BalasHapus
  8. Utara daa Selatan sama sama bagus ya mbaa. Aku belum pernah nih ke Selatan. Tapi tertarik sama yg Maribaya juga, hihi.

    BalasHapus
  9. Naaahhh ini dia yang patut dicatet, pengen jalan2 di Bandung sekitarnya, tapi belum tau mau kemana aja. Thx infonya ya Dwi.

    BalasHapus
  10. Selatan sm utara sm kerennya
    Tinggal pilih waktunya supaya gak keterlaluan macet di jalannya hahaha

    BalasHapus
  11. Aku maunya ke Bandung Utara dan Selatan gimana dong?
    Baiklah dibagi aja ya
    Long weekend bulan depan ke utara, next ke Selatan.
    Memang sekarang mudah banget ke Bandung, baik moda maupun pilihan penginapannya. Jadi mupeng to the max dakuuu..

    BalasHapus
  12. Bandung memang selalu nganenin mba Ada bbrp yg udah,, belum explore semia sih

    BalasHapus
  13. Duh mba abis bc blognya aq jd pengen langsung cuss melipir ke Bandung, masih byk nh yg blm dijelajahi..trims infonya mba

    BalasHapus
  14. Wah di Bandung banyak tempat wisata, rekomen nih, buat jalan-jalan kalau ke Bandung. Memang bagusan begini, tahu mau kemana aja sebelum ke Bandung.

    BalasHapus
  15. Aku nih yang lumayan sering bolak balik Bandung karena suami tugas di sana. Dari semua destinasi wisata yang mbak sebutkan di atas, baru floating market yang udah pernah wkwkkw Ya Allah... Bucket list nih mbak! Mudah-mudahan bisa menjelajah Bandung lagi. Aamiin.

    BalasHapus
  16. Sepertinya wilayah Bandung Selatan lebih menarik ya mbak. Semoga bisa wisata ke Bandung Selatan.

    BalasHapus
  17. bandung pilihan destinasinya banyak banget. kadang kalau cm sehari berasa ga puas. krn cuma sehari jadi harus pinter2 milih destinasi yg kita mau ya. nah, ini ada banyak pilihan yg bisa kita kunjungi. makasi infonya.

    BalasHapus
  18. Wahnkurang kyknya sehari hehe. Bandung banyak banget ya destinasi wisatanya, itu kyknya sampai Lembang jg ya mbak? Kalau aku sehari, apalagi bawa anak2 paling banter ya maennya di kota aja hehe

    BalasHapus
  19. Sudah lama ni nggak ke Bandung nambah ya destinasi wisatanya , ga cukup sehari tuu . Semoga liburan THN ini bisa k Bandung

    BalasHapus
  20. Pas banget mba rekomendasinya, aku kmrn ke Bandung Utara, cuma sempet ke Floating Market ama Cikole aja. Gak cukup waktu buat ngudeg lainnya hehe.

    BalasHapus