Monday, 7 January 2019

Kiat Mengembalikan Semangat Anak Bersekolah Pasca Liburan Panjang


Tips agar anak kembali semangat bersekolah setelah libur panjang


"Sayang, lusa kamu udah masuk sekolah lho!" 
"Haaaah, nggak mau ah!" 

Ada yang punya drama mengembalikan semangat anak untuk bersekolah? Ini sempat saya alami lho. Agak kaget sih melihat ekspresinya begitu. Soalnya biasanya nih, si anak paling semangat kalau disuruh sekolah. Malah pernah, si anak ini ngambek gara-gara bangunnya kesiangan. Atau pernah juga saking semangatnya, minta sendiri pengen tidur cepat supaya besok nggak telat bangunnya. Wew #emakbahagia. 

Yah, gimana nggak demen ke sekolah, lha wong tiap hari "main" melulu, maklum masih TK, wkwkwk... Etapi beneran lho, yang bikin dia enjoy itu karena nggak kerasa belajarnya, tahunya yah main aja. Saya sendiri sebagai orang tua suka ikutan seru setiap lihat weekly plannya. Minggu ini ngapain ya, menanam apa, outbondnya apa, ngajinya surat apa, permainannya apa? 

Pernah dalam satu minggu itu jadwalnya memanen bayam merah, bermain petak umpet, flying fox, bermain jimbe, sampai mencuci sepatu. Kelihatannya main aja ya, tapi anak tidak menyadari lho kalau sebetulnya mereka sedang belajar. 

Nah, pasca liburan dua minggu ini, si anak kayanya sudah keasyikan main di rumah sama teman-temannya. Kadang dia yang nyamperin, kadang temannya yang datang ke rumah. Gak ada yang kebetulan, asyiknya teman si anak ini seangkatan dan dia masuk lebih cepat sehari. Nah kan, lumayan bisa jadi contoh dan memacu semangat si anak untuk sekolah juga. Hihi, alhamdulillaah ... 

Kiat Kembalikan Semangat Anak Sekolah Pasca Libur Panjang

Buat para orang tua yang merasa kesulitan mengembalikan semangat anak bersekola setelah libur panjangnya, di sini saya akan sharing beberapa tips and trick yang bisa dicoba ke anak atau keponakannya masing-masing.

1. Pola tidur adalah koentji!

Beberapa hari sebelum masuk sekolah, sebaiknya sudah mulai diterapkan nih, untuk mengembalikan pola tidur anak seperti semula. Maklum biasanya saat liburan, aturan di rumah pun sedikit mengendur (alih-alih sang orang tua juga ingin lebih santai), entah tidurnya kemalaman atau bangunnya kesiangan. Namun, bagi yang tidak ada masalah dengan jadwal tidurnya selama liburan, selamaaat! Tidur yang cukup akan membuat badan terasa lebih segar. Setidaknya satu faktor, yakni mengantuk sudah bisa kita singkirkan. 

Tapi caranya bagaimana agar anak mau diajak tidur lebih awal saat malam?

1. Hindari bermain dengan temannya saat hari sudah malam. Beri pengertian baik pada anak maupun temannya agar malam hari sebaiknya anak-anak berada di rumahnya masing-masing.
2. Beri jeda setidaknya 1 jam antara makan malam dengan waktu tidur. Hal ini supaya metabolisme pencernannya berjalan baik dan anak tidak merasa begah.
3. Lakukan aktivitas yang menenangkan, seperti mengaji, membacakan buku, atau mewarnai. Aktivitas-aktivitas ini mampu memberi efek relaksasi, meningkatkan imajinasi dan juga meningkatkan bonding orang tua dan anak.

Selamat mencoba ya! Oke, lanjut tips mengembalikan semangat anak untuk bersekolah ya ... 

2. Ajak anak membeli peralatan sekolahnya.

Hmm, yang ini perlu modal sedikit ya, Mak! Tapi nggak ada salahnya dicoba. Sekarang perhatikan, peralatan sekolah apa yang sudah mulai rusak? Botol minun, tempat makan, buku, alat tulis, tas, atau mungkin sepatunya sudah kekecilan? 

Ajak anak dan biarkan ia memilih barang dengan warna atau karakter kesukaannya. Jangan lupa beri pesan diri kepadanya, bahwa peralatan ini untuk dipakai ke sekolah, esok hari. 

Pengalaman saat saya sekolah dulu juga demikian, meski sekadar kaus kaki saja yang baru tapi bawaanya happy. 

3. Temani anak warming-up

Maksudnya begini, supaya anak tidak kaget dengan ritual sekolah, ada baiknya kita temani anak belajar apa-apa saja yang pernah ia dapat dari sekolahnya maupun yang akan dipelajari nantinya. Bangun susana yang santai, tidak perlu terlalu serius dan menunutunya untuk bisa. 

4. Berikan motivasi

Yang terpenting berikan motivasi bahwa kembali bersekolah itu menyenangkan. Berikan gambaran bahwa banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama guru dan teman-temannya. 

Jangan lupa bila mereka sudah siap ke sekolah, beri pujian pada anak ketika berangkat dan pulang sekolah, hal seperti ini juga dapat membangun kepercayaan dirinya lho.
This entry was posted in

23 comments:

  1. Wahh bermanfaat banget ini, Mba. Pas buat anak saya yang hari ini kembali ke sekolah. Banyak hal yang perlu dikondisikan memang, yaa...

    ReplyDelete
  2. kejadian banget sama anak aku hari ini, gak masuk sekolah.. karena semaleman dia begadang sampai jam1 lewat.. padahal udah sounding dari jauh2 hari kalau libur nya udah selesai.. hehehe dia bangun siang, bangun tidur langsung minta sekolah, lah udah telat.. semoga besok gak drama lagi deh ini

    ReplyDelete
  3. Hahaha.. yes kunci banget tuh pola tidur. Biasanya dr 4 hari sebelumnya saya sudah bangunkan pagi sesuai jam dia berangkat sekolah. Walau malamnya dia begadang pagi tetep harus bangun sesuai jamnya. Jadi pas sekolah dia dah mulai terbiasa lagi.

    ReplyDelete
  4. Anakku kalau di rumah sepi makanya pas besoknya sekolah dia seneng karena ga sabar pengen main sama temennya hahaha jadi alhamdulilah semangatnya udah muncul ga tau nih adenya

    ReplyDelete
  5. Kurang lebih sama seperti yang saya lakukan kemarin sebelum masuk sekolah, plus saya ajak refreshing sehari sebelum masuk sekolah. Alhamdulillah no drama hari pertama masuk kemarin :D

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat banget ini buat nanti kalau anakku dah masuk tahap sekolah...

    ReplyDelete
  7. Kemarin enggak ada drama karena sudah besar mungkin ya hahaha
    Cuma si Adik kezel hari pertama Masnya pulang jam 10 eh dia
    pulang seperti biasa jam 2. Jadi enggak terima dia...
    Memang kunci banget tuh pola tidur..karena biasa losss aja tidur saat libur.

    ReplyDelete
  8. Wah gimana rasanya ya kalau anak udah sekolah? Maklum karena Erysha masih kecil banget jadi belum sekolah. Nanti kalau anak sekolah kita ngerasa kesepian nggak sih bun? Atau ngerasa seneng karena kita bisa punya waktu me time lebih banyak?

    ReplyDelete
  9. Pola tidurr!!!!
    Beneran deh, selama liburan, mamak rasanya mau keluar taring gegara anak tidurnya siang, bangunnya malam huhuhu.
    Untungnya setelah sehari sebelum masuk sekolah, dia bisa diminta tidur normal gitu.
    meskipun tetep aja tidurnya pukul 11 malam, lalu drama banget banguninnya :D

    ReplyDelete
  10. Aku dulu senang kalau diajak belanja perlengkapan sekolah..hihihi...ini tips yang cukup efektif.

    ReplyDelete
  11. Udah kembali ke rutunitas lagi yes hihi. Sebenernya kalo pasca liburan gini mamanya sih yg kudu siapin diri juga, kadang malesnya setengah mati. Ya ga sih? Apa aku aja yg begini ��

    ReplyDelete
  12. Betul banget mbak, saya dulu juga semangat banget sekolah setelah libur karena ada yang baru. Entah buku tulis atau pensil. Anak-anak juga alhamdulillah nih, yang SD malah semangat terus setiap sekolah setelah libur panjang

    ReplyDelete
  13. Meskipun anakku msh bayi tapi aku cukup tahu rasanya krn dulu juga ngeasain hehe. Dan punya sepupu yg masih usia sekolah, telebih mereka pesantren. Bisa nih kuaplikasikan ke mereka di next holiday

    ReplyDelete
  14. Aku juga memberi motivasi untuk belajar dan berangkat ke sekolah untuk keponakanku. Kalau setelah liburan sekolah yang panjang maka sebelum berangkat aku bakal beli peralatan sekolah untuk keponakanku.

    ReplyDelete
  15. Punya mbak hehe. Adikku pengen liburan nambah sehari karena malas upacara haha. Jadi Inget waktu kecil aku hahha. Memang liburan itu selalu ingin diperpanjang apalagi ketika malam terakhir liburan rasanya nggak bisa tidur .

    ReplyDelete
  16. Anakku malah udah ribut pingin masuk sekolah lagi waktu libur baru seminggu, terpaksa deh nganter liat sekolahnya walopun sepi hahahaa

    ReplyDelete
  17. Ini mah kayak aku dulu waktu sekolah, sehabis libur agak malas ke sekolah. Keenakan libur sih ya...

    ReplyDelete
  18. Berikan motivasi jika sekolah menyenangkan ini setuju bangets aku...
    Karena kalau sekolah bikin anak hepi pasti lebih semangat perginya.
    Terima kasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  19. Persis deh dengan apa yang saya alami. Kalau lagi libur, biasanya pola tidur agak mengendur. Makanya 2-3 hari sebelum sekolah dimulai, saya mulai mendisiplinkan mereka lagi

    ReplyDelete
  20. Naaah pola tidur nih yg paling penting jelang masuk sekolah...
    Anak2ku klo masuk waktu sekolah stlh libur panjang pasti pesan, ibu bangunin aku jgn smp kesiangan

    ReplyDelete
  21. aku jadi keinget jaman2 masih sekolah dulu rasanya memang agak mager untuk masuk sekolah lagi setelah liburan panjang, tapi selang 2 atau 3 minggu masuk sekolah, lama2 jd terbiasa lg dengan rutinitas sebagai anak sekolah.. seiring waktu, hidup kita seolah memang gak bisa lepas dari rutinitas.. tanpa rutinitas, rasanya hanya bisa bengong saja.. maka penting buat kita sebagai orangtua untuk memotivasi anak2 agar selalu semangat untuk berteman dgn rutinitasnya :)

    ReplyDelete
  22. Anak2 juga seneng Lo d ajak shoping , bukannya cm bunda ny ya ... Biar pilih sendiri kebutuhan nya ya JD semangat deh buat sekolah . Terimakasih tips ny

    ReplyDelete
  23. Belanja peralatan sekolah itu juara banget. Namanya bocah, jiwa pamernya masih tinggi, pasti mo cepet2 sekolah buat pamer 😁

    ReplyDelete