Blogger Bijak Bantu Cantikkan Wanita Milenial

Minggu, Januari 13, 2019

cek klik agar tahu kosmetik aman


Saya adalah seorang ibu yang memiliki hobi membaca dan menulis. Bacaan favorit saya tak jauh-jauh seputar pengembangan jiwa. Maklum tinggal di ibukota perlu banyak-banyak menata hati dan pikiran agar hidup tetap nyaman. Dalam keseharian, saya mengantar-jemput anak sekolah agaknya polusi dan kemacetan sulit dihindari. We know lha, dua hal ini bisa menjadi pemicu stres yang efeknya bagi wanita ini kentara banget, terutama area wajah. Dan buku-buku motivasi diri buat aku banyak sekali manfaatnya, dapat membantu kita meredakan stres karena nyatanya banyak hal yang bisa kita syukuri, memberi semangat lebih dalam menjalani hidup, berpikir positif, hingga percaya diri.

Nah, bila dari dalam diri sudah memiliki akar yang kuat menjalani hidup dengan bahagia, maka dua hal tadi (polusi dan kemacetan) agaknya tak lagi menguras emosi. Saya rasa tak ada satu wanita pun yang ingin terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya. Namun demikianlah, bila stres tak teratasi dengan baik, wujudnya di wajah bisa menjadi kerutan halus, pori-pori yang besar, komedo, hingga jerawat. 

Kini banyak bertebaran produk kosmetik yang berani janjikan hasil instan. Alih-alih ingin terlihat cantik, yang ada wajah semakin rusak, karena tak pandai kelola rasa. Ya, bermula dari perasaan, lalu teradopsi dalam pikiran, hingga kemudian menjadi tindakan. Mungkin awalnya merasa kurang percaya diri, kemudian terlintas ingin cantik dalam sekejap akhirnya wajah pun jadi korban karena salah memilih kosmetik.Orang yang merasa bahagia, biasanya mampu berpikir jernih, hingga ia pun paham memilih dan memilah mana yang bermanfaat bagi dirinya dan sebaliknya.

Langkah pertama cantik di era milenial ...

Keep calm and be happy! Tata hati, kelola emosi dan, jaga sikap. Kita tahu cantik itu tak sekadar fisik, namun ada hati, akal, serta perbuatan. Jangan pisahkan kecantikan dari dalam atau inner beauty kita sebagai seorang wanita, yakni sopan santun, saling menghargai, dan percaya diri. Karena apalah artinya paras yang cantik tanpa diimbangi perilaku yang baik. 

"Exterior beauty without the depth of kind soul is merely decoration."
Entah siapa pembuat kalimat bijak di atas, namun saya sebagai wanita merasa sangat tersentil. Kecantikan tanpa kecakapan perilaku tak ubahnya seperti dekorasi. Hufft ...

Kemajuan Teknologi Perkuat Kecantikanmu

Berbahagialah dan kita akan menjumpai sekeliling kita begitu menyenangkan. Begitulah, perasaan yang senang mampu menarik kesenangan-kesenangan yang lainnya. Dalam buku rahasia magnet rezeki diceritakan bagaimana pikiran yang positif mampu menarik hal positif lainnya karena pada dasarnya kita semua adalah satu dan terhubung. 

Seiring kemajuan teknologi diharapkan semakin cantik juga wanita di era milenial ini karena semua informasi begitu mudahnya untuk kita akses. Salah satunya adalah kemudahan mencari tahu produk kosmetik seperti apa yang aman bagi tubuh. 

Sebetulnya apa sih kosmetik itu? Kosmetik adalah bahan atau sediaan yang digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut. Apa saja fungsi kosmetik: 
  1. Membersihkan, misalnya sabun, shampoo, dan pasta gigi.
  2. Mengubah penampilan, misalnya lipstik.
  3. Melindungi dan memelihara tubuh, misalnya sunblock, lotion.
  4. Mewangikan, misalnya parfum.
  5. Memperbaiki bau badan, misalnya deodoran.

Lalu, bagaimana kita tahu bahwa kosmetik tersebut aman digunakan? 
Nah inilah yang saya katakan tadi sejatinya kemajuan teknologi harus mampu membawa wanita Indonesia semakin cantik di era milenial. Hanya dengan smartphone yang kita miliki kita bisa cari tahu apakah produk kosmetik ini ilegal atau tidak, caranya? Install saja aplikasi  untuk Cek KLIK yang merupakan singkatan dari Cek Kemasan, Label, Izin, dan Kedaluarsa. Caranya mudah sekali hanya dengan tiga langkah kita bisa ketahui keamanan produk yang kita gunakan.

  1. Install Cek BPOM dari smartphone kalian.
  2. Masukkan data yang kita cari apakah ingin mengetahui produk teregistrasi, produk dibatalkan, atau public warning. Waktu itu saya mau tahu mengenai produk yang saya gunakan apakah teregistrasi atau tidak.
  3. Hasil pencarian tersedia. Alhamdulillah produk yang saya gunakan aman sudah terdaftar di BPOM

BPOM CEK klik
Cara mudah Cek KLIK
Jadilah konsumen cerdas dan bijak memilih kosmetik ya, perhatian bagaimana cara memilih kosmetika yang aman digunakan.
cek klik cek bpom
Ingat, tips di atas ya!

Blogger Bijak Bantu Cantikkan Wanita Era Milenial


Kini juga banyak kita jumpai mulai dari artis, selebgram, vlogger, termasuk blogger terutama para beauty blogger yang kerap mendapat tawaran endorse produk kecantikan. Kecanggihan dunia teknologi mampu membuat cakupan konsumen yang sangat luas. Namun, begitu jadilah endorser bijak, cermati dan pelajari produk yang ditawarkan. Bagaimanapun, mereka dan kita memiliki peran yang besar dalam mengedukasi masyarakat mengenai produk-produk kosmetik yang legal.

Tema-tema kecantikan memang banyak dicari, artinya pembaca memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang kosmetik yang akan digunakannya. Kebayang kan kalau kita memberikan informasi yang salah atau tidak baik untuk masyarakat? Dan jangan berlebihan juga menilai suatu produk. Ada lho kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan para pengulas (reviewer/endorser) dan para pengiklan dalam penyampaian klaim atau pesan sponsor. Apa sajakah itu:
  1. Objektif; Memberikan informasi sesuai dengan kenyataan, tidak boleh menyimpang dari kemanfaatan, cara penggunaan dan keamanan kosmetika.
  2. Tidak menyesatkan; Memberikan informasi yang akurat dan bertanggungjawab, tidak isu-isu dalam masyarakat terkait masalah kesehatan.
  3. Lengkap; Mencantumkan spot iklan "BACA CARA PENGGUNAAN DAN PERINGATAN", bila dipersyaratkan.
Yuk, sebagai blogger kita bantu cantikkan wanita Indonesia di era milenial. Ingat, cantik tak harus putih karena toh masyarakat di belahan bumi sana menginginkan kulit yang lebih gelap karena  terlihat eksotis. Jadi, apa kesimpulannya? Persepsi cantik setiap orang berbeda, yang penting menurut saya kulit kita harus sehat dengan bijak memerhatikan kosmetik yang legal bagi tubuh, karena hakikatnya semua wanita itu cantik. 

Ada keluhan?

Bila produk kosmetik yang kalian cek tak ditemukan itu artinya produk tersebut belum berizin. Bila ragu, ada keluhan, atau ingin tahu lebih lanjut mengenai produk yang kamu miliki hubungi saja Halo BPOM di 1500533. 
Cantik era milenial
Simpan no di atas di handphone kalian, ya!

Kalian ingin tahu lebih banyak dan dapatkan info ter-update seputar kosmetik-kosmetik apa saja yang aman dan legal? Terus pantau official instagramnya Direktorat Pengawasan Kosmetik di @missklik_queen atau secara umum bisa pantau juga instagramnya @bpom_ri.

Selamat beraktivitas dan jadilah cantik di era milenial. 

You Might Also Like

59 komentar

  1. Baca ini jadi inget kasus viral para selebgram yang endorse produk kecantikan padahal itu produk belum berlegalitas dari badan berwenang.
    Terima kasih sudah menuliskan ini Mbak Dwi, saya jadi diingatkan untuk tetap bijak dalam membuat tulisan apalagi itu yang berkaitan dengan produk yang memungkinkan berbahaya jika ternyata belum ada keterangan keamanan dan legalitasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mba Dian, kasihan para pembaca kalau kita memberikan informasi yang salah. Yuks ah jadi blogger bijak dan bertanggung jawab

      Hapus
  2. kereeen banget aplikasinya, saya baru tau hihih. Ternyata ada toh yang kek gini. Kemana aja saya. Mau cek ah selama ini kosmetik saya aman gak ya, hmm. Makasih sharingnya buun ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana Bun sudah dicek? Semoga aman ya semua kosmetiknya. Hihii. Nti kalau beli2 juga gitu ya dicek klik dulu.

      Hapus
  3. Sekarang konsumen bisa lebih tenang ya, karena ada BPOM RI yang bisa memberikan informasi seputar keamanan barang yang akan digunakan.
    Apalagi dengan bantuan para blogger yang me-review sebuah produk, semakin memperkaya pengetahuan masyarakat agar lebih bijak menggunakan sebuah produk, deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih alhamdulillah kita sudah punya badan yang mengurus ttg keamanan suatu produk dan pangan. BPOM punya peran besar buat melindungi masyarakat Indonesia dari informasi yang keliru atau belum jelas legalitasnya thd produk atau makanan.

      Hapus
  4. Thank you mbak for sharing this. Aku baru tau ada apps nya juga sekarang untuk cek BPOM. Jadi kita juga lebih teliti dan bijak memilih produk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mba... Bener nih mulai skrg cek ricek dulu di aplikasinya ya, Teh...

      Hapus
  5. Oalah aku hampir gak pernah cek via web gitu mbak..kalo kosmetik aku prefer liat tanggal kadaluarsanya aja plus kalo udah pemakaian kerasa perih aku pasti hentikan. Lain kali harus lebih bijak yah mba terutama dalam hal memilih produk-produk kosmetik, apalagi kan kita blogger weheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak perlu di web mba, cukup install appsnya di handphone, jadi gampang ceknya. Betul sekali ini salah satu peran narablog, sebagai educator.

      Hapus
  6. Wow ini sharingnya mantul banget mba Dwi. Aku suka...memang sebagai emak-emak zaman now harus pintar pilih-pilih kosmetik ya. Dan banyak blogger yang rajin review kosmetik supaya pembaca tahu mana yang aman untuk kulit 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, aku juga soalnya sebelum coba produk kosmetik biasanya baca ulasa para beauty blogger skrg harus dikroscek juga dgn yg di apps

      Hapus
  7. Noted... thanks infonya... selama ini nggak mikir segini jauh... ternyata penting loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mencerahkan ya mba, jadi next tahu apa saja yg musti diulas.

      Hapus
  8. Wah...baru tahu ada aplikasi dr BPOM. Semakin canggih ya. Kita tinggal klik deh...
    Produsen juga hrs upload tuh spy engga sembarangan bikin kosmetik.
    Makasih Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Bunda... Bersyukur bgt ya hidup di era milenial ini, kecanggihan teknologi bikin informasi mudah didapatkan

      Hapus
  9. Aku termasuk orang yang agak rewel masalah kosmetik mba. Kadang suka ditawarin sama temen yang jualan kosmetik, tapi rasanya kok gimanaaa gitu. Soalnya kemasan juga masih seadanya, boro-boro ada nomor BPOM nya. Mendingan cari kosmetik lokal tapi yang halal dan terdaftar resmi. Makasih sudah mengingatkan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbok, musti rewel skrg soal kosmetik soalnya kan buat wajah kita juga.

      Hapus
  10. Skrg konsumen jd tenang krn bisa lgs cek lwt web ya. Jd ga perlu takut lg. Cek dl br jd pengguna. Trima ksh infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bun, cek dulu kalo aman baru lanjutkan beli dan pakai.

      Hapus
  11. Inner beauty memang yang utama ya buat kecantikan. Sayang belum cukup memangkas stereotip cantik ala indonesia,khususnya. Ditambah buanyak banget kosmetik yang menggandeng artis sbg brandambasador ato endorse yang seringnya mereka sendiri nggak pake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Begitulah kita sudah terframing arti cantik yang fisik banget, padahal kan klo inner beauty cantii insya Allah terpancar ke luar juga. Jangan terkecoh dengan endorser ya, pastikan cek sendiri juga.

      Hapus
  12. Sebagai perempuan butuh banget aware soal beginian ya,Mba. Apalagi wajah cuma satu, masa iya mau dikorbanin buat produk ecek-ecek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah cakeeeep... Sayang2 lah yaa, pakai yang aman, halal dan legal saja.

      Hapus
  13. Aku nih paling malas cari info tentang produk. Wkwkwk... Makanya aku cari amannya aja. Pakai merek yg udah terkenal misalnya Wardah. Insyaallah aman deh. Nice info Mak.

    BalasHapus
  14. Kita harus tetap bijak ya, saat memilih kosmetik. Nggak boleh asal beli karena hasil yang ditawarkan. Apalgi di zaman serba canggih sekarang ini, bisa memanfaatkan gawai kita. Thanks mbak sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, skrg sudah gampang kok cek legalitas produk kosmetik kita.

      Hapus
  15. Saya suka sih baca info dari para beauty blogger. Jadi tau dikit2 tentang skin care atau dunia make up. Walaupun pasti ga semuanya saya jadikan referensi :)
    Iyes, tetep kudu cek dan ricek ya. Wah kalo ada aplikasi BPOM malah jdi lebih mudah, ya.
    Setuju nih. Cantik adalah sehat, bukan sekadar putih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga Buuun, biasanya cek review para beauty blogger sebelum beli kosmetik, tapi setelah tahu ada apk bpom gak boleh terlewat nih.

      Hapus
  16. Jadi penting banget ya mbak untuk mereview produk secara jujur dan objectif.biar enggak menyesatkan.hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget mba, makanya sebelum ngendorse cek dulu legalitasnya di cek bpom.

      Hapus
  17. Betul ya ... Blogger harus bijak ngasih info. Jangan sampai asal menyenangkan klien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, soalnya sayang kan nama baik kita juga.

      Hapus
  18. Wahhh bisa dilihat di instagram ya. Jadi bisa ngecek lebih cepat dan mudah.
    Karena sekarang semakin banyak skincare dan make up yang muncul di pasaran. Tapi rada takut apakah bener sudah terdaftar di BPOM atau belum.

    Terima kasih untuk infonya, mbak ��

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah semakin mudah untuk cek legalitas kosmetik yang kita pakai, jadi lebih tenang memilih kosmetik yang cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, senang banget ada aplikasinya, jadi gak ribet ngeceknya juga.

      Hapus
  20. Keren nih sekarang BPOM udah ada aplikasinya. Mau ngacek produk tersebut aman atau tidak, udah terdaftar BPOM atau belum jadi lebih mudah. Keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Btw, produk kosmetik di rumah udah dicek belum? hihii

      Hapus
  21. Yeay jadi lebih mudah buat ceki2 produk Makeup nih. Alhamdulilah selama ini aku selalu beli produk yang sudah teruji aman di BPOM khususnya SKINCARE..ngeri banget kalau tau2 efeknya bahaya buat kita ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya iiihhh, aku juga hati2 banget klo soal skincare or make up soalnya kelihatan banget kan klo misal produk itu gak aman ke kulit.

      Hapus
  22. Sebagai muslimah, penting bgt baginkita tau kehalalaln profuk yg kita oakai ya mom. Beruntung kini BPOM berinovasi menjawab kereshana para perempuan Indonesia 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener selain halal harus teruji klinis dan dibuktikan dengan ada registrasi bpom.

      Hapus
  23. Zaman sekarang banyak banget bertebaran endorse produk kecantikan, kadang saya agak takut juga dengan statusnya.
    Emang kudu donlot aplikasi BPOM ya buat cek semua produk kecantikan yang bakal kita pakai.
    Apalagi produk-produk baru dengan kemasan yang homemade gitu.

    Bukannya mengecilkan industri rumahan, tapi kadang juga serem kalau palsu atau abal-abal.
    secaraaaa..
    Muka kita cuman satu, kagak ada spare partnya pula wkwkwkwk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba, produk rumahan yang kadang hanya label anti-acne, atau night cream, tanpa embel-embel ingredients, cara pemakaian, termasuk reg bpom, ngeri banget.

      Hapus
  24. Setuju mba dalam menyampaikan review seperti kosmetik sebaiknya dijelaskan secara detail biar tidak menyesatkan. Saya pribadi dalam memakai kosmetik pasti selalu cek sudah terdaftar di bpom atau belum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mbaa, aku juga... Agak picky kalo soal skincare or make up.

      Hapus
  25. Sekarang butuh ketelitian dan kecerdasan kitanya sendiri dalam memilih kosmetik yang nggak hanya kece tapi juga aman digunakan, karena pastinya jangka panjang

    BalasHapus
  26. Alhamdulilah senangnya ada informasi tentang BPOM ini jadi lebih aware sama kosmetik dan bisa pilah pilih mana yang aman sama enggak..makasi say sharingnya

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah, saya juga termasuk yang suka aware sama keamanan kosmetik. Enak ya sekarang, lebih mudah cari tau karena udah difasilitasi oleh BPOM

    BalasHapus
  28. Sudah lama tahu tentang aplikasi cek no bpom, tapi belum pernah sama sekali coba pakai. Kadang suka lupa dan merasa sudah aman, padahal nggak ada salahnya ngecek ya mbak. Hehe

    BalasHapus
  29. Bener mba harus bijak sama diri sendiri y aware sama yg digunakan apalagi kosmetik bahaya bngt klo gk hati2

    BalasHapus
  30. waduh baru tahu saya mba kalau ada apliaksi cek BPOM, ke mana aja gue... makasih banget sharingnya kak, penting mengecek BPOM mengingat banyaknya pemalsuan

    BalasHapus
  31. Betul banget kalau mereview kosmetik sebaiknya yang jujur,e nggak menyesatkan ya mbak. Krn ini kosmetik sih, makanya kalau bikin review kud nyobain dulu biar bener2 bisa nyeritain hasilnya dan dibagi2 buat pembacanya.

    BalasHapus
  32. Saya juga selalu cek no.bpom yg diregistrasikan terdaftar apa nggak. Maklum...kadang takut aja produk yg saya beli nggak terdaftar dan ternyata bahaya...

    BalasHapus
  33. Nah aku setuju banget untuk cek keaslian kosmetik melalui BPOM . Soalnya bahaya banget jika mengunakan produk kosmetik yang palsu

    BalasHapus
  34. Sebagai blogger dalam mereview produk kosmetik harus selektif juga dan objektif, dan kalau aku sih yang produk nya sudah terdaftar di BPOM

    BalasHapus
  35. Wah ada aplikasi yg bisa cek ijin label bpom. Bisa cek kehalalan jg ga ya, Mba? Jadi mau install deh. Kayaknya bukan buat kosmetik aja kan? Makanan juga bisa ya?

    BalasHapus