Manfaat Besar Air Putih bagi Kesehatan Kandung Kemih di Hari Tua

Kamis, Desember 13, 2018

Air putih untuk kesehatan kandung kemih
Sumber gambar : pixabay[dot]com
Lebih dari 50 persen tubuh kita terdiri atas air, oleh karenanya penting bagi kita untuk tetap menjaga hidrasi tubuh. Bicara soal air putih, rasanya kita semua sudah tau betapa besar manfaatnya bagi kesehatan.

Masih soal air putih, pakar kesehatan menyebutkan seseorang bisa bertahan 10 hari tanpa makan namun bila tanpa air (baca: minum) manusia tidak bisa bertahan lebih dari 3 hari. Hal ini membuktikan bahwa air putih memainkan peranan penting bagi kehidupan manusia.

Mengetahui pentingnya peranan air putih, sudah seharusnya kita memenuhi kebutuhan cairan terutama air putih setidaknya 8 gelas sehari. Sebab mencukupi kebutuhan air memiliki segudang manfaat baik di jangka panjang termasuk kesehatan kandung kemih.

Menurut JAMA Internal Medicine dalam penelitiannya menyebutkan bahwa seseorang yang rutin minum air putih 1,5 liter setiap hari dapat terbebas dari risiko infeksi kandung kemih tanpa memandang jenis kelamin. Artinya baik perempuan maupun laki-laki yang rutin konsumsi banyak air putih dalam kesehariannya memiliki manfaat yang sama bagi kesehatan kandung kemihnya. 

Terkhusus bagi wanita, yang secara struktur anatomi memikili jalur berkemih yang lebih pendek maka minum air putih ini menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi apalagi saat memasuki menopause.

Para pakar yang tergabung dalam penelitian ini menjelaskan bagaimana proses air putih itu bisa membersihkan organ di dalam tubuh dari material asing sehingga menjamin kesehatan seseorang di hari tua.

Dijelaskan lagi kalau air putih yang kita minum setiap hari itu tidak hanya menutrisi organ, namun juga mampu mengeluarkan bakteri yang menempel pada kandung kemih. Seperti diketahui, bakteri-bakteri inilah yang nantinya berisiko menginfeksi ketika tidak segera diusir.

Kemudian, dinyatakan pula bahwa air putih ternyata memiliki kemampuan dalam meningkatkan antibodi atau sistem pertahanan/imun tubuh. Oleh karenanya, semakin banyak jumlah air putih yang dikonsumsi maka semakin baik pula bagi kesehatan tubuh.

Dari hasil penelitian tersebut juga ditemui hasil bahwa kebanyakan wanita yang mengalami masalah pada kandung kemih memiliki kebiasaan hidup kurang sehat, salah satunya kurangnya konsumsi air putih dalam kesehariannya. 

Nah, oleh karenanya setelah mengetahui betapa besar manfaat air putih bagi tubuh kini patut bagi kita semua mengonsumsinya sesuai yang dianjurkan. Yuk mulai sekarang lakukan pola hidup sehat, olahraga teratur, jaga pikiran tetap positif, konsumsi makan yang sehat bergizi, dan jangan lupa minum air putih yang cukup.

You Might Also Like

26 komentar

  1. saya kadang kelupaan minum air putih neh mbak, thanks for sharing ya

    BalasHapus
  2. Ini nih masih jadi salah satu PR buat saya yang susah minum air putih :(
    Baru tau kalau bisa untuk ngeluarin bakteri jugaa..
    Mulai sekarang, harus paksain bisa banyak minum :"

    BalasHapus
  3. Wah jadi inget dulu saya sama sekali gak suka air putih.. saya lebih suka minum kopi atau minuman2 berwarna lain..tapi semenjak pernah ga bisa pipis dan ampe UGD dr situ saya mulai biasain minum air putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaaa?? Ya Allah mba, jadi peringatan banget ya, jangan abaikan air putih.

      Hapus
  4. Aku habis kena ISK (lagi), hiks. Sekarang benerN ngebut minum air putih, karena udah berulang kapok aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ISK memang bisa berulang, musti istiqomah ibaratnya untuk byk minum air putih.

      Hapus
  5. Alhamdulillah, saya termasuk penyuka air putih. Terutama diminum hangat-hangat. Terasa banget di badan kalo asupan air putihnya kurang, bibir juga jadi kering. Makasih sudah diingatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga Bun penyuka air putih bahkan di resto aja kadang pesennya air putih/mineral daripada teh.

      Hapus
  6. setuju banget kalau air putih ini penting. Aku kalau sakit atau ga enak badan kuncinya istirahat dan minum air putih banyak. Jadi beser sih tapi penyakitnya keluar juga kan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh memang jadi beser tapi gapap demi kesehatan, jangan lupa sering ganti dalamannya juga kalau gt.

      Hapus
  7. Udah tahu sih kalo banyak minum air putih itu menyehatkan, tapi tetep aja kadangkala yaa kurang juga minumnyaaa. hehe makasih mbak sudah mengingatkan kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bun... Semoga bermanfaat artikelnya.

      Hapus
  8. Kalau sudah musim hujan, dingin cuacanya jadi lupa minum air putih saya...hiks
    Terima kasih sudah diingatkan Mbak Dwi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuaca yg dingin memang kadang alarm hausnya kurang aktif ya mba, tapi pasti bisa minum air putih yang banyak.

      Hapus
  9. Nah, akhirnya aku baca juga tulisan mba Arum yg bukan traveling. Bagus dan dan sangat bermanfaat. Thanks for reminding 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... selama ini keseringan nulis ttg traveling ya...

      Hapus
  10. Kadang, aku juga males minum air putih. Hiks. Padahal kalo kurang minum suka jadi migren aku mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyah salah satu dampaknya nih Mbok..

      Hapus
  11. Setuju mbaaa, air putih emang penting banget buat kita. Semoga inget terus untuk minum air putih yang banyakk..

    BalasHapus
  12. Kalau gini yang nulis artikel kesehatan bkn mb Arum tp dr. Arum hehe...Setuju air itu sngat penting buat kesehatan tubuh. Manut sm bu dokter...siippp artikelnya bermnfaat...

    BalasHapus
  13. Thanks for sharing yaa, musti lebih disiplin minum air putih nih..huhu

    BalasHapus
  14. Kalau udah sibuk pasti lupa banget yg namanya minum air putih padahal penting bgt mencegah dehidrasi.

    BalasHapus
  15. Aku sampe nyediain botol 2 liter di kantor, yg harus selaku diisi ama Ob ku stiap pagi, supaya siap kapanpun aku mau minum. Dan itu hrs abis dlm sehari :D. Kalo ga dibotolin gitu, bisa dipastikan aku bakal lupa mba.

    Kalo sdg ga ngantor, aku pasang alarm tiap 2 jam, supaya inget utk minum:)

    BalasHapus