[Liputan] Wisuda Sarjana ke-13 STT Bandung

Minggu, Desember 09, 2018

Liputan wisuda sarjana STT Bandung

Bandung-Alhamdulillah wa Syukurillah, prosesi wisuda ke-13 Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) berhasil dan sukses dilaksanakan pada 8 Desember 2018. Acara yang digelar di Harris Hotel and Conventions Festival Citylink, Bandung sabtu lalu diikuti oleh 183 wisudawan dari 2 program studi, yaitu 106 orang lulusan Teknik Industri dan 77 orang lainnya lulusan Teknik Informatika. Sejak berdirinya tahun 1991 hingga kini, STTB telah melahirkan 1.355 orang sarjana. 

Dalam sambutannya, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom, M.T. selaku ketua STT Bandung menuturkan beberapa prestasi yang diraih para mahasiswa maupun para dosennya. Beberapa di antara mereka juga ada yang mengikuti program internship selama 6 bulan di perusahaan teknologi di Taiwan dan rata-rata mereka dapat mengantungi gaji sebesar 4-6kali UMR Bandung. Tidak hanya itu, mahasiswa juga berkesempatan melanjutkan ke jenjang S2 di Jepang atau Taiwan dengan pengalaman yang telah mereka miliki selama internship.

Masih menurut Naseer ada salah satu produk inovasi teknologi yang dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa bernama Smart Kitchen System yang berhasil lolos dalam calon perusahaan pemula berbasis teknologi Perguruan Tinggi pada tahun 2018. Produk inovasi ini sukses dipamerkan dalam Inovator Inovasi Indonesia Expo Jogjakarta Oktober 2018 bersama 261 perusahaan start up inovasi teknologi lainnya. Rata-rata alumni mahasiswa STTB hanya memerlukan waktu masa tunggu 45 hari untuk segera masuk ke dunia kerja maupun wirausaha. Hal ini karena tingginya permintaan dari berbagai industri dan instansi baik wilayah Jawa Barat maupun luar daerah.

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung yang berlokasi di jalan Soekarno-Hatta nomor 368 Bandung saat ini memiliki 120 dosen, di mana 96% telah bergelar S2 dan di tahun 2019 ditargetkan ada 70% dosen yang akan menempuh studi doktoral (S3) di Perancis, Jepang, dan Taiwan. 

Sementara ketua yayasan Bapak Dadang menuturkan bahwa prosesi wisuda ini bukanlah momentum akhir melainkan momen awal untuk belajar lagi dari mana saja kapan saja dan dengan siapa saja baik menempuh kembali pendidikan formal hingga strata Magister maupun pendidikan non-formal. 

Masih dalam acara wisuda STT Bandung XIII, juga digelar MOU antara STTB dengan beberapa pihak, yakni PT Pos Indonesia, Bank Sampah Bersinar, Universitas Nasional PASIM, PT SLU, CMYK dan HUNGCHI Taiwan demi mempermudah operasional kerja bersama.
MOU antara STT Bandung dengan PT Pos, Bank Sampah
Acara puncak pun dimulai, wisudawan secara bergiliran menuju panggung utama untuk prosesi penyerahan ijazah dan pemindahan tali toga. Wisudawan terbaik untuk Teknik Informatika diraih oleh Iin Indrayani, S.Kom, sementara untuk Teknik Industri diraih oleh Srikanti Astutik, ST. Sementara prestasi lainnya yang turut mengharumkan nama STT Bandung diraih oleh Tina Sri Handayani, yang dalam acara Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) V tahun 2018 berhasil menyabet medali emas di cabang olah raga lari 200 m, medali perak di cabang olahraga lompat jauh serta medali perunggu di cabang olahraga lari 100 m. 

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 pagi ini begitu berkesan bagi seluruh civitas akademika termasuk orang tua wisudawan juga beberapa peliput blogger dari Joeragan Artikel. Tidak hanya itu hadir pula untuk mengisi orasi ilmiah DR. Cyrille SCHWOB, APAC Head of Research & Technology Development at Airbus yang berkantor di Singapura.
Drr. Cryille orasi ilmiah di STT Bandung


Liputan wisuda STT Bandung ke-13

Usai sudah rangkaian acara wisuda Sarjana ke-13 STT Bandung. Selamat berjuang untuk para wisudawan/wati semoga ilmu yang didapat bisa menjadi bekal untuk berjuang di kawah candradimuka... Sukses STTB!!!

You Might Also Like

3 komentar