Thursday, 22 November 2018

Xtreme Park BSD; Tempat Asyik Salurkan Energi Aktif Anak

Jam operasional Extreme Park BSD

Xtreme Park? Mendengar nama ini tuh yang terbayang dalam benak saya ya suatu tempat yang terdapat beragam fasilitas untuk kegiatan-kegiatan ekstrim buat orang dewasa, misalnya Parkour, Wall Climbing, dan semacamnya. Sama sekali nggak menyangka kalau ada satu tempat di Xtreme Park ini yang bisa digunakan untuk anak-anak usia 5 tahunan. 

Xtreme Park ini berlokasi di BSD tepatnya di Jalan Damai Foresta, Desa Sampora, BSD City. Merupakan sebuah taman terbuka yang sangat luas berisi aneka wahana olahraga extreme, mulai yang paling ringan ada jogging track dan bike track. Kemudian ada juga Skate Park, Gokart, Rock and Rope, Paint Ball, Archery, dan Bike Park.
Wahana Rock and rope di extreme park bsd
Rock and Rope; Si anak juga pengen naik ini. "Duuh, Nduuk!"

Waktu itu kami ke sini minggu siang, suasana sepi jadi berasa milik sendiri. #ahseek, hihi ... Tapi memang di ruang terbuka begini enaknya kalau tidak pagi ya sore sekalian sih biar nggak terlalu panas. Kalau kami saat itu meski siang namun cuaca sedikit mendung dan berangin sejuk, sangat nyaman untuk menikmati ruang terbuka ini di tengah hari. Ternyata kalau hari sabtu dan minggu Extreme Park ini buka sejak pukul 06.30 pagi hingga 19.30, namun kalau hari kerja bukanya sore mulai jam 15.00 hingga pukul 20.00 wib. Tadinya kami ingin ke sana sore sih, cuma mengingat cuaca saat ini yang sering hujan di sore hari jadi kami putuskan ke sana selepas makan siang. 

Kesan pertama saya melihat tempat ini tuh, lakik banget. Sempet mikir duh saltum nggak sih ke sini pakai rok, tapi buru-buru kutepislah kan tujuannya nganter anak. Dan ternyata ada keluarga lain juga, malah sang ibu gamisan syari mengantar anaknya latihan. #nggakpenting hehe ...

Baiklah, yang pertama kali kami tuju tentu loket. Kami bilang kalau ingin ke Bike Park. Biaya yang dikeluarkan sebesar 90.000. Nanti kita medapatkan wristband atau gelang berisi saldo 60.000. Gelangnya jangan hilang ya karena bisa digunakan lagi untuk gaya main ke Extreme Park lagi.
harga tiket masuk Extreme Park BSD
Kalau siang ternyata sepi, jadi asyik banget serasa punya sendiri.
Teruuus, hmm nggak usah diceritain kali ya yang kami nyasar, niat ke Bike Park malah menyusuri Bike Track which is kami jalan sudah hampir setengah lapangan extreme park sendiri. Whehee inilah efek kurang memperhatikan petunjuk arah. Pegelnya nggak usah ditanya, anggap aja pemanasan. Heuheuu... Moral of the story-nya adalah penting nih untuk membaca papan petunjuk. Bike Park itu berlawanan arah baget sama Bike Track. 
Naik sepeda di Extreme PArk BSD
Ini dia tempatnya
Fiuuuh... Akhirnya tiba juga dengan cuaca yang semakin mendung. Karena knami tidak membawa sepeda sendiri, jadi kami sewa sepeda anak seharga 20.000 dan masuk Bike Park buat si anak sebesar 40.000, so total dengan pajak 60.000. Ternyata kita diperbolehkan membawa sepeda sendiri. Jadi nanti tinggal bayar tempat Bike Park aja buat latihan anak. Sepeda yang kami sewa memang ukurannya anak-anak banget tapi sayang tidak ada pedalnya atau istilahnya pushback; jadi kaki si anak seperti mendayung jalanan lalu sesekali angkat dan sepeda akan berjalan sendiri. Si anak pasti canggung banget dan sekaligus gregetan karena maunya ngayuh aja. Duuh apalagi lihat kontur jalanannya yang udah menggoda banget untuk dijajahi. Awalnya canggung memang tapi kelamaan mulai menikmati. Dan ternyata ada kompetisinya juga lho pushback ini buat anak-anak.
Taman terluas dengan wahana olahraga extreme
Hwaah, gimana nggak lelah emaknya, si anak minta ditemenin lagiiih..
Bike Park di Extreme Park BSD
Kejar, ayaaaaah!

Alhamdulillah udah main 15 menitan hujan mulai turun rintik-rintik, jadilah kami sudahi dulu dari jatah waktu 2 jam menikmati fasilitas ini. Ngerti banget dengan perasaanya, sebetulnya masih ingin main, namun cuaca kurang mendukung. Atau memang kami harus menyudahi toh masih ada acara lain setelah dari sini. 

Setidaknya sekarang jadi tahu bahwa kita boleh membawa sepeda sendiri demi kenyamanan si anak. Tempat ini cocok banget untuk menyalurkan energi anak yang katanya nggak ada habisnya. Atau mungkin buat kalian sendiri yang mau memacu adrenalin, melepas kepenatan, dan sekaligus menjadi hiburan bersama teman atau keluarga? Whuaa pasti seru banget ya menikmati ini dengan mereka yang juga punya hobi sama.

Buat yang punya anak aktif dan tinggal di sekitaran Tangsel, sesekali perlu dicoba. Tempatnya bersih, kelihatan barunya, dan ada musholla serta food court juga. Soal keamanan, Extreme Park sudah memenuhi standar internasional serta para profesional yang siap mengawasi dan membimbing kita para pengunjung untuk memaksimalkan pengalaman bermain yang aman, nyaman, dan menyenangkan. 

BSD ini bisa dibilang memang banyak tempat hiburan bersama keluarga atau teman. Seperti beberapa waktu lalu ketika kami makan pasta dan pizza di Abuella HQ BSD

Aaah, hujan semakin deras. Kami berlari menuju parkiran. Alhamdulillah seorang satpam berseragam hitam pun berlari menghampiri kami memberikan payung. Terima kasih. Kami meneduh di sebuah lorong yang terbuat dari container yang juga menjadi jalan masuk dan keluar dari Extreme Park BSD. 
"Bun, mau lagi"
"Iya, sabar ya. Lain kali lagi"
Pengalaman singkat namun berkesan banget buat si anak. Sepeda tanpa pedal di jalan yang bergelombang adalah pengalaman baru buatnya. 

15 comments:

  1. Liat judulnya tadi juga kirain tempat olahraga ekstrim orang dewasa, tapi thumbnailnya kok adik kecil main sepeda. Hehe. Tapi wahananya memang ekstrim juga sih. Yang foto kedua tuh, udah begidik saya sebelum nyoba😂

    Ngomong-ngomong, kepanjangan BSD apa ya?

    ReplyDelete
  2. seru ya,mbak, tapi saya takut ketinggian, kayaknya kalopun kesana saya cuma joging ajah hihi

    ReplyDelete
  3. Hmm seru ya kayaknya .. Eh tadi 90rb per orang berarti berdua atau bertiga sama Ayah Ibu tinggal kalikan aja ya? Sayang hujan keburu datang ya? Jadi terhenti deh acara mainnya

    ReplyDelete
  4. Wuih keren banget ya track nya, paling serem lihat yang ada pijakan kaki gelantungan Rock and Rope itu bawahnya tanah ya mbak? Apa pakai tali gitu ya kalau diatas sana?

    ReplyDelete
  5. Salam knal mb arum, wah, seru ya. Liat lapangan ijonya seger.

    ReplyDelete
  6. Waaah...boleh juga disambangin bawa cucu kesana. Kebetulan ga terlalu jauh dr rumah lokasinya. BSD (Bumi Serpong Damai) emang lengkap tempat wisatanya deh

    ReplyDelete
  7. Wahh, aku 9 tahun tinggal di BSD sektor 1.6 Griya Loka. Dulu belum ada park-nya, ya. Foresta itu juga baru buka 5 tahun terakhir kayaknya.

    ReplyDelete
  8. Kebayang serunya bawa anak-anak ke tempat ini. Pasti mereka senang sekali, bisa puas bermain.

    ReplyDelete
  9. Sayangnya jauh ... Di Bandung ada nggak yaa?

    ReplyDelete
  10. Wuih, mupeng. sayangnya jauuuh hehe. Iya, seneng ya Bu Dok, kalau pas sampe lokasi sepi begitu. Secara kalau crowded kan ga bisa menikmati. Tetep ditunggu kisah2 perjalanannya ya. Saya seneng bacanya :)

    ReplyDelete
  11. Mantep banget iniiih, anakku pasti doyan banget nih ke sini. Btw 90 rb itu per orang? Ortunya juga bayar ya?

    ReplyDelete
  12. Btw sepeda itu bagus buat belajar keseimbangan lho. Sepeda anakku (yang kecil) dilepas semua pedalnya, jadi dia belajar tanpa pedal. BSD sayang jauh banget dr rumah, emang hiburannya banyak di sana, mayan buat jjs akhir pekan

    ReplyDelete
  13. Berarti kalau ke sini mending bawa sepeda sendiri..
    Yuks, mari, pasti anak-anak bakal senang sekali ini:)

    ReplyDelete
  14. Nah ini nih metode mengendarai sepeda yang (katanya) paling bener. Tanpa pedal, jadi mengayuh pakai kaki lalu meluncur, diulang begitu terus. Jadi fix ya besok-besok bawa sepeda sendiri biar irit hahaha ...

    ReplyDelete
  15. waktu aku ke BSD sempet mampir ke tempat ini, tapi tidak sempet masuk untuk bermain.
    Ternyata seru juga ya tempatnya :)

    ReplyDelete