Ibu Rumah Tangga Rentan Stres? Ikuti Tips 7 Solusi #AsikTanpaToxic!

Kamis, Agustus 23, 2018

Natsbee Honey Lemon

Pukul 04.00 am

Ini adalah jam terbaik bagi saya untuk melakukan me-time termasuk menulis. Bangun di pagi hari dengan segelas air lemon hangat bukan cuma memberi efek relaksasi namun juga memberi manfaat kesehatan yang sangat baik. 

Meski tampaknya sepele tapi percayalah aktivitas ibu rumah tangga itu cukup melelahkan, menguras tenaga dan emosi. Bagaimana tidak? Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur ada saja yang harus dilakukan. Apalagi mereka yang memiliki anak banyak. Saat sang adik tidur, sang kakak mengajak bermain, saat sang kakak mulai tertidur, sang adik bangun. Terus si ibu kapan tidurnya? Dan teruuuus berulang setiap harinya tanpa libur. Luar biasa!!!

Tingkat kesulitan untuk menjadi ibu rumah tangga tidak bisa diremehkan. Dari studi yang dibuat Gallup tahun 2012 lalu pada 60 ribu wanita, mereka yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga akan merasakan tingkat stress yang lebih tinggi dari wanita lainnya. 

Ibu Rumah Tangga yang memiliki anak kecil di rumah lebih rentan terkena stress daripada ibu bekerja yang memiliki anak kecil di rumah. Mereka lebih banyak merasakan kesedihan dan kemarahan daripada wanita berprofesi lain. Tidak hanya itu, ibu rumah tangga juga masuk ke dalam kategori profesi yang paling rentan terserang depresi daripada ibu yang bekerja. 

Mari, bicara angka … 

Saya adalah seorang ibu rumah tangga dengan 1 anak yang usianya beranjak 5 tahun. Ia bukanlah anak yang hiperaktif tapi keingintahuannya cukup tinggi. Itulah salah satu sebab saya memasukannya ke sekolah alam agar ia bisa lebih mengeksplor dunianya. Sejauh ini saya melihat perkembangannya sangat baik. Emosi dan hasrat ingin tahunya juga tersalurkan dengan baik. Meski sebagai ibu saya juga harus tetap memberinya penguatan di rumah. 

Kembali lagi soal ibu rumah tangga yang katanya rentan terhadap stress, benarkah? Dalam penelitian Gallup tadi, wanita berdasarkan kariernya dibagi dalam tiga kategori yaitu, Ibu Rumah Tangga, Ibu Karier dengan anak, dan Ibu Karier tanpa anak.

Bagaimanakah hasilnya? Perasaan negatif yang dirasakan berbeda-beda. Dari 100% Ibu Rumah Tangga, sebanyak 41% setuju mereka merasa kekhawatiran. Hal ini lalu kelompokkan lagi dalam perasaan negatif lainnya. Perasaan negatif seperti sedih (21% dari 100% Ibu Rumah Tangga), stress (50%), marah (19%), dan depresi (28%) dirasakan oleh mereka juga. Ibu Karier dengan Anak merasakan kekhawatiran (31% dari 100% Ibu Karier), kesedihan (16%), stress (48%), kemarahan (14%), dan depresi (17%). Sementara untuk Ibu Karier tanpa Anak merasakan kekhawatiran (31% dari 100% Ibu Karier tanpa Anak), kesedihan (16%), stress (45%), kemarahan (12%), dan depresi (17%).
Lomba blog Natsbee Honey Lemon

Tentu pemicu stress bisa datang dari mana saja bukan semata-mata karena berprofesi Ibu Rumah Tangga lantas menjadi stress. Bagi saya data tersebut menunjukkan bahwa profesi yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kendalikan stres dan jalani hidup yang #asiktanpatoxic 

Sebetulnya ada lho stress yang positif atau umum disebut eustress. Misalnya begini, lusa Bunda mau tampil jadi pengisi acara, apa yang akan Bunda lakukan? Tentu latihan kan. Nah stressor ini memberikan efek positif bagi Bunda dalam mempersiapkan acara nantinya. Intinya eustress ini memiliki dampak positif. Sekarang kita bahas stress negatif ya atau dikenal dengan distress. 

Distress bisa menjadi pemicu kesedihan, kekhawatiran, dan kemarahan. Nantinya bisa berujung pada depresi yang tentunya sulit terlihat gejalanya. Selain itu, stress juga bisa menjadi pemicu penyakit-penyakit lain seperti jantung, darah tinggi, hingga stroke. 

Tenang saya percaya sebuah masalah tentu ada solusinya. Segala solusi ini sebaiknya dilakukan sehingga tingkat stress di rumah bisa dikurangi dan membuat suasana rumah dan juga hati menjadi lebih nyaman. 

Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh para Ibu Rumah Tangga (baca : termasuk saya) untuk mengurangi stress: 

1. Mendengarkan musik 

Mungkin sebagaian orang ada yang merasa lebih rilleks ketika mendengarkan musik kesukaan. Sebaigan lainnya ada yang lebih memilih mendengarkan murrotal atau lantunan ayat suci Alquran. Ini bebas saja, lakukan sesuai preferensi masin-masing. Oiya, jika perlu ajak anak turut serta mendengarkan agar suasana lebih hidup. 

2. Pelajari Saat-Saat yang Membuat Stress 

Ada banyak hal yang bisa membuat stress. Pemicunya memang berbeda-beda. Tapi, ketahuilah, dalam rutinitas, pasti bisa kita ketahui kapan waktu stress biasanya muncul. Umumnya termasuk saya biasanya stress itu muncul di pagi hari saat kita menyiapkan sarapan untuk suami dan anak-anak atau saat malam hari ketika anak sulit diminta untuk tidur.
Macet bikin stress minum Natsbee Honey Lemon
Salah satu stressor saya di pagi hari bernama KEMACETAN!
Waktu-waktu ini sangat jelas dan kita tahu akan membutuhkan tenaga yang ekstra agar tidak stress. Rasakan dan kenali mana waktu yang bisa membuat stress. Tentunya setiap ibu rumah tangga memiliki alasan dan waktu yang berbeda. 

Setelah mengetahui waktunya kita bisa membuat persiapan. Misalnya saya biasa bangun lebih awal sebagai jatah waktu me-time sebelum menyiapkan sarapan atau menidurkan anak di waktu yang lebih cepat sehingga ketika anak tidur kita bisa menjalankan aktivitas lain. 

3. Jangan Berhenti Melakukan Hobi 

Memiliki aktivitas yang banyak, tentunya memakan waktu kita sebagai ibu rumah tangga. Tapi, jangan karena terlalu sibuk sampai mengesampingkan hobi yang sejak dulu dilakukan. Jangan takut untuk memasukkan 'waktu sendiri' atau 'me-time' untuk diri sendiri. Karena tidak adanya hal ini adalah salah satu pemicu stress. 

Masukkan aktivitas hobi ke dalam rencana harian. Sempatkanlah walau hanya sebentar. Misalnya hobi Bunda adalah membaca buku, maka luangkan waktu untuk membaca buku. Pilihlah waktu yang biasanya tidak membutuhkan banyak aktivitas yang harus dilakukan. Misalnya siang menuju sore hari sebelum waktu menyiapkan makan malam, atau pagi menuju siang hari sebelum menyiapkan makan siang atau di saat menunggu cucian.
Lomba blog Natsbee Honey Lemon
Melakukan hobi? Menulis pilihanku
Hal ini juga bisa diaplikasikan untuk hobi lain. Misalnya melukis, menenun, menyanyi, menulis, menari, olah raga, dan lainnya.  

4. Berolahraga di Rumah 

Tidak bisa meninggalkan anak di rumah? Bunda bisa selalu berolahraga di rumah. Kini sudah ada banyak video panduan untuk olah raga seperti senam di video. Tinggal pasang video, dan ikuti saja gerakannya. 

Lakukan olah raga ini 30 menit sampai 1 jam. Tidak perlu yang berat seperti aerobik, jalan santai, jogging, hingga olahraga pernapasan seperti meditasi dan yoga bisa dilakukan. Sehingga Bunda akan merasa lebih bugar. Selain itu, olah raga kabarnya juga bisa membuat kita lebih bahagia lho. Jadi patut dicoba kan? Lebih sehat, lebih bahagia, dan stress hilang. 

5. Ajak Anak 

Ajaklah anak dalam semua kegiatan. Apalagi jika anak dalam usia yang sudah bisa mengerti instruksi. Bunda tidak perlu untuk mengerjakan pekerjaan rumah sendiri. Misalnya, ruang tengah berantakan oleh mainan anak, tidak perlu khawatir. Ajak anak untuk membereskan mainannya bersama. Selain untuk meningkatkan aktivitas yang dilakukan bersama dan menambah keintiman, aktivitas ini juga bisa membuat anak belajar untuk bertanggung jawab. 

Anak juga bisa diajak ikut dalam kegiatan lain untuk menghilangkan stress. Misalnya ajak anak untuk menyanyi, melukis, atau berolah raga. Dengan begitu, anak juga akan senang menghabiskan waktu bersama dengan orang tuanya. 

6. Buat Jadwal 

Stress juga bisa muncul karena banyak hal yang tidak teratur. Jangan sampai ketidakteraturan jadwal aktivitas menjadi pemicu dari stress. Maka dari itu, buatlah jadwal untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya saja pada membuat sarapan dari jam sekian sampai jam sekian, mengantar anak sekolah jam sekian, lalu melakukan pekerjaan rumahan, lalu menyiapkan sarapan, kemudian mengerjakan hobi, dan seterusnya hingga malam hari. 

Buat juga jadwal mingguan. Hal ini karena ada beberapa pekerjaan yang sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap hari. Misalnya hari Selasa untuk olah raga, sementara hari Kamis untuk mencuci dan menyetrika baju. Sementara hari Minggu untuk membereskan rumah.

7. Konsumsi Natsbee Honey Lemon Demi Bersihkan Hari Aktifku
Meski sibuk saya tetap concern terhadap kesehatan.Tidak mudah mencari minuman dingin segar berkualitas selain susu. Alhamdulillah saya temukan minuman sehat nan menyegarkan dari Pokka yaitu Natsbee Honey Lemon. Pas banget diminum siang hari selepas menjemput anak sekolah, polusi udara sepanjang perjalanan ditambah kemacetan memicu tubuh untuk mengeluarkan hormon stres. Nah Natsbee Honey Lemon ini hadir sebagai solusi.
Lomba blog Natsbee Honey Lemon
Natsbee Honey Lemon, Minum segar dan menyehatkan

Mengapa Harus Natsbee Honey Lemon?

Siapa yang tidak tahu manfaat dari lemon dan madu? Buah Lemon yang kaya akan vitamin C dikenal baik untuk mendetoksifikasi tubuh kita dengan cara mengikat zat-zat yang tidak dibutuhkan. Sementara madu mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dan sekarang kedua bahan super itu bisa kita dapatkan sekaligus dengan cara yang sangat praktis dan ekonomis yaitu dalam Natsbee Honey Lemon dari Pokka.
Minumannya Tetap Natsbee, kesukaan keluarga banget...
Soal rasa minuman ini jelas lebih enak dinikmati dalam keadaan sejuk atau dingin. Ada sensasi segar dari buah lemon, serta manis madu yang pas melengkapi si lemon tersebut. Komposisi minuman ini terdiri dari air, lemon, madu, pengatur keasaman dan antioksidan asam askorbat. Harga yang dibanderol hanya 6.500 rupiah untuk 1 botol berukuran 450 ml kaya manfaat.
Habis macet konsumsi Natsbee :)
Buat siapapun yang peduli terhadap gaya hidup sehat, Natsbee Honey Lemon bisa jadi pilihan. Kemasannya yang handy mudah dibawa-bawa membuat kita bisa ambil manfaat supernya kapan saja dan di mana saja. Minuman ini juga  sudah mengantungi sertifikat halal dari MUI dan sudah terdaftar izin BPOM RI MD 2666610010439, jadi makin tenang mengonsumsinya. 

Sekarang, tentu sudah tau kan bagaimana cara menghalau stres? Yuk, segarkan hari akifmu dengan cara yang #asiktanpatoxic bersama Natsbee Honey Lemon dari Pokka.
Mengandung vitamin C
Suamipun sukaaa... Minum Natsbee Honey Lemon dulu, biar siap hadapi KEMACETAN, hihi ...

You Might Also Like

52 komentar

  1. Wah bagus banget mba tulisannya, jadi semakin tau cara membuat diri agar tak stress hehe. Makasih mba infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqiqiq... Mungkin karena saya banget mba.

      Sama-sama mba, terima kasih juga.

      Hapus
  2. Sejak jadi IRT, terasa banget bahwa tingkat stresku meningkat tajam. Jalan keluarnya ya melakukan hobi agar bisa bersenang-senang. Nah, kalau minuman ini aku suka banget yang dingin krn lebih enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss kalau gitu mba. Melakukan hobi itu stress realease juga yaa apalagi ditambah minum Natsbee dingin, whuaa makin seger badan...

      Hapus
  3. Kayaknya seger nih, buat me time, jadi pingin nyobain

    BalasHapus
  4. Penasaran sama produknya, kayaknya enak juga tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak cuma enak, taoi juga bikin badan segar dan sehat

      Hapus
  5. Saya jam 4 dah mulai masak Mbak..karena semua sarapan jam 5 lalu jam 5.30 suami dah jalan, sementara saya jam 6 berpacu dengan kemacetan nganter anak sekolah. Jadi me time nya kapan..? Saat mereka enggak ada semua di rumah kwkwkw.
    Betul banget, hobi bisa jadi solusi stres ini apalagi saat jalani hobi ditemani Nastbee..Pas !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaatttt? Jam 4 sudah masak??? Beti siih, saya jam 7 antar anak, sarapan jam 6 an. memang pagi ini buat IRT jadi rush-hour bett ya... Semangat!!! jangan lupa bersihkan hari aktif kita dengan Natsbee Honey lemon.

      Hapus
  6. Yup, setuju banget. Emak-emak macam kita mah harus bebas stres

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya bagaimana supaya emak2 tetap waras menjalani aktivitas ya mak... Makanya harus banyak minum yg mengandung antioksidan dan vit C nih kaya Natsbee.

      Hapus
  7. Suegeernyaaa... diminum siang-siang pasti tambah manteb, tambah sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sugereeee pol, yang aku suka rasanya yang nyegrek. Anakku suka banget seger manis gitu...

      Hapus
  8. Ah ini kogh aku banget siiih huhu. Tapi sy sepakat bahwa salah satu cara agar tidak stres adalah terus lakukan hobby dirumah (yok nulis) dan minum2 yang seger kayak Natsbee Honey Lemon gini bikin kepala adem, dan hati ikut senang. Yeyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaa mama Lui ternyata jugak samaaa... Do what you love and love what you do ya...

      Hapus
  9. Besok langsung beli akh ..., sepertinya seger banget rasanya.

    Setelah membaca post ini aku jadi makin paham kalau tugas seorang ibu itu ibaratnya multitasking ..., wajib mampu menangani dan mengatur ini itu urusan rumah tangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mas sudah beli? Whuaa iya kalau ibu tidak multitasking seharian bisa baru kelar nyetrika sama masak air doang kaliiik, ihiihi lebay...

      Hapus
  10. Kalo aku disuruh milih minuman bersoda sama natsbee mending pilih natsbee soalnya ada kandungan alami yg bermanfaatnya.. cocok juga buat di bawa kemana2 saat butuh dahaga.. hmmm ngebayangin pas lampu merah lagi macet2 nya terus minum natsbee honey lemon yg dinginnya, uh kena banget seger y...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiiihh langsung cespleng ya hati dan pikiran.

      Hapus
  11. Aku banget nih kalo lagi stress seringnya dengerin musik atau baca buku.

    Seneng deh sekarang ada minuman honey lemon dari natsbee, selain seger, kandungan madu dan lemonnya juga baik untuk tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaa bearti memang hobi ya mba dengerin musik dan baca buku apalagi sambil nyeruput Natsbee Honey Lemon, makin segerrr..

      Hapus
  12. Minuman yang satu ini memang seger banget ya mom. Cocok buat ibu2 macam kita kalo pas lagi panas & bawaannya pengen marah2 mulu wkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkwkwk, tarik nafas, tahan nafas, buang nafas... Keep Calm and Drink Natsbee Honey Lemon.

      Hapus
  13. Semangat buibu. �� Langsung minta bantuan suamik kalo tak sanggup ngerjainnya. Hehe. Kalo butuh doping, minum netsbee. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, gak usah gengsi, kadang suami bukan gak mau bantu tapi gak tau mau bantu apa.

      Hapus
  14. Senangnya dengan minuman sehat itu, selain khasiatnya bagus udah terdaftar pula di MUI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba jadi merasa tenang mengonsumsinya juga

      Hapus
  15. Benerrr bangetttt Bun. Ibu rumah tqngga itu rentan banget stresnya. Jadi minuman ini cocok banget ya dipake buat me time dan menenangkan hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Bun, apalagi dalam keadaan dingin...

      Hapus
  16. smoga kita jangan sampe ada yang depresi ya mbak.. sek di tahap marah langsung cus minum ini sambil melakukan hal yang disuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya mba. Seenggaknya cukup marah aja jangan sampe yang marah-marah.

      Hapus
  17. bismillah ya mbak semoga kita semakin sehat jiwa dan raga ,,, emak emak strong yaay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah ... emak-emak setrooong jiwa dan raga yaks..

      Hapus
  18. Indeed. Melakukan hobu bs menghilangkan stres ya mbaa. Tapi kalo lg jenuh, obat manjurnya jalan jalan 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi dibayarin, terus sambil shopping, udah gitu spa juga udahannya minum Natsbee... hihiii

      Hapus
  19. Halo mba. Aku pun selalu berupaya untuk melakukan hobi sesuai yang diinginkan mba. Biar kita nggak mudah stress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa, kalau hobi tak tersalurkan itu rasanya sesuatu bett ya mba..

      Hapus
  20. Ibu rumah tangga harus pinter2 ya mom menghalau stress, apalagi yang kerjaannya banyak banget.
    Untung ada natsbee yang bantu kita ngilangin toxic, senggak2nya badan jd lbh sehat, dan bisa membuat rileks jd stress berkurang yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, sebagai ibu kita harus pinter-pinter menata waktu dan hati biar gak gampang stres

      Hapus
  21. Stres yang menumpuk dan dibiarkan lama mengendap di diri memang bisa jadi toxic hormonal yang bisa mengancam kesehatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, ini masuknya udah distress ya..

      Hapus
  22. Suami saya jg suka banget mbak minum Natsbee Honey Lemon. Selain seger, bisa bikin fit badan kembali setelah seharian beraktivitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa, aku suami dan anak juga sukaaa mba sama minuman Natsbee ini

      Hapus
    2. Samaaa, aku suami dan anak juga suka bangettt sama Natsbee

      Hapus
  23. Ini juga andalan aku kak. Seger kali dibuatnya dan lebih fit kalo menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaaa teman menulis yaa... Asyik ya bisa bisa menghalau writing block jugaa

      Hapus
  24. tips-tipsnya oke banget nih mba. macet emang salah satu faktor yang bisa bikin stress sih, aku setuju hehehe

    BalasHapus
  25. Denger musik jadi pelarianku kalau pikiran lagi kusut. Denger lagu-lagu macam Linkin Park gitu bisa teriak-teriak bebas.

    BalasHapus
  26. Cakep banget tulisannya kakaakkk! Kok aku baru lihat ya? Huhuhuhu

    Bases on my personal experience, punya anak 3 ataupun 1 stressnya cuma beda tipis janjane. Stress paling tinggi dirasakan saat harus ngerawat anak sakit, apalagi sakitnya ping-ping. Duoohhh

    BalasHapus
  27. Stressor saya kalo anak udah GTM duh ampun pasti langsung senewen. Mau coba exhale inhale sambil minum Nastbee ah, semoga membantu

    BalasHapus
  28. Me time saya yang asik tanpa toxic biasanya pergi jalan-jalan sendiri mbak..apalagi kalo ditemenin minuman seperti Natsbee ya, kayaknya seger banget deh.

    BalasHapus