Sunday, 25 March 2018

Mengintip Kegagahan Fremantle Prison


-Penjara kerap identik dengan tahanan dan hukuman. Namun siapa sangka penjara di Fremantle ini, kini berubah menjadi destinasi wisata yang menarik perhatian dunia.-
Januari mungkin bukan waktu yang ideal untuk berlibur ke negeri Kangguru, kecuali bagi para penikmat pantai. Berbeda dengan bumi belahan utara, negara wilayah selatan seperti Australia mengalami musim panas pada bulan Desember hingga Februari.

Berlibur di Perth tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi Fremantle, kota pelabuhan yang juga dikenal dengan nama "Freo". Kota yang terletak di barat daya Perth ini memiliki banyak peninggalan sejarah serta bangunan kuno yang masih terwat dengan baik. Dan ada satu objek wisata yang wajib dikunjungi oleh siapapun yang tengah bertandang ke Australia Barat. Itu adalah Fremantle Prison!

Siang itu kami tiba di Fremantle Prison, matahari begitu menyilaukan mata. Seketika saya langsung memasang kacamata hitam andalan demi bisa menikmati kegagahan penjara ini dengan nyaman. Meski saat kami bertandang bukan musim liburan, tetapi tidak sedikit turis asing yang mengnjungi tempat bersejarah ini.

Mencekam! Mungkin itulah kesan pertama ketika saya memandangi pintu gerbang penjara ini. Pikiran saya melayang, membayangkan bagaimana kerasnya kehidupan para tahanan di masa itu. Suara sang pemandu serta beberapa turis lain tiba-tiba membuyarkan lamunan saya.

Visitor Centre
Ada banyak paket tour penjara yang ditawarkan dari sekadar berkeliling penjara hingga menjelajahi terowongan air di bawah tanah. Saya yang saat itu bersama keluarga, diajak masuk ke area Gatehouse. Semua objek yang ada di area ini bebas bayar, kecuali yang ingin mengikuti tour menyusuri tiap sudut penjara ini. Tidak lama kemudian selepas saya kembali dari toilet yang sangat bersih,  lonceng berdentang sebagai tanda dimualainya prison-tour. Oya, sekadar informasi, toilet di penjara Fremantle ini masih mempertahankan bentuk aslinya, meski interornya telah mengalami modernisasi.
Sayang, padatnya jadwal tour membuat kami tidak bisa mengikuti rangkaian tour penjara Fremantle ini. Namun, tanpa mengurangi rasa keingintahuan, kami diajak mengunjungi visitor centre, tempat para tahanan dulunya bertemu dengan pengunjung.

Di visitor centre, banyak hal yang bisa kita dapatkan. Ruangan ini tak begitu besar, ada 3 bilik pertemuan, sebuah televisi yang tengah menayangkan profil Fremantle prison, benda-benda bersejarah, hingga papan informasi mengenai peristiwa penting yang dulu pernah terjadi. Cukup lama saya dan yang lain mengamati tempat yang menyerupai museum ini.


Gift Shop
Meski dari luar hawa penjaranya cukup kentara namun begitu masuk gift shop ini kesan horor itu akan berubah seketika. Penjara yang kini bertransformasi menjadi tempat wisata juga menyuguhkan beragam souvenir cantik. Mulai dari gantungan kunci, boneka, hingga baju tahanan. Sebetulnya tidak boleh mengambil gambar di sini, entah apa alasannya. Namun saya sudah terlanjur memotret suasana di gift shop sebelum salah satu petugas menegur saya.

Bagi pemburu souvenir unik atau barang-barang antimainstream tidak ada salahnya membeli pernak-
pernik Fremantle Prison untuk oleh-oleh.
UNESCO Heritage Sites
Penjara fremantle ini merupakan satu-satunya bangunan bersejarah di Australia Barat yang masuk dalam warisan dunia; UNESCO Heritage Sites. Sejak 1992, Fremantle Prison membuka gerbangnya lebar-lebar untuk masyarakat awam dan kini jumlah pengunjungnya bisa mencapai 3 juta orang per tahun. Sungguh penjara yang dulu begitu tampak angkuh kini di balik kegagahannya dengan ramah justru menyapa para wisatawan.

17 comments:

  1. Jangan2 souvenirnya berupa pernak pernik penjara juga ya mbak ? Seperti borgol, baju strip line, kunci gembok hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya mba ada yang kaya gitu emang...

      Delete
  2. Ternyata ada juga penjara yang bisa dijadikan destinasi wisata yang menarik, ya ...
    Kirain semua penjara bangunannya serem-serem hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaah dulu mah pasti serem mba. Denger cerita dari tour guide aja udah kebayang kaya apa horornya. Hihii

      Delete
  3. Ada souvernir dalam penjara ??????

    Maenstrem bgt pulang dari penjara bisa bawa buah tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiii, seru yaa... tapi gitu deh harganya juga seruuu...

      Delete
  4. Itulah hebatnya di luar negeri, idenya ada saja untuk obyek wisata. Bekas penjara, bekas kantor polisi, sisa bangunan tua..dan lainnya. DAn itu laku "dijual".
    Coba di Indonesia dioptimalkan, bangunan lama direstorasi, dikemas dengan apik dan menarik..Dimasukkan destinasi. Pasti laris juga dikunjungi. Jadi bukan malah dirubuhkan dan dijadikan pusat perbelanjaan..hiks!

    Keren Fremantle Prison..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya padahal di Indonesia gak kalah lho, banyak bangunan bersejarah dan bisa jadi daya tarik para wisman.

      Delete
  5. seruuu, tempat wisata yang unik. maka ga heran pengunjungnya sampai 3 juta/tahun. penasaran dan mau beli souvenirnya hehehe, lucu kayanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... ia mba lucu-lucu karena unik banget kan tentang penjara-penjara gitu...

      Delete
  6. Semoga aja thn depan bisa jadi ke aussie. Udh pasti perth bakal aku dtgin. Tiap traveling, wisata yg aku cari sebenernya yg agak seram, full history ato ekstreme. Kayak prnjara gini, kan sejarahnya pasti banyak banget dan menarik. Seramnya jg dapat. So far sih penjara paling seram yg pernah aku datangin, itu penjara S21 di pnom penh kamboja. Penuh alat penyiksaan, dan kayak mau nangis pas liat biliknya yg cuma 1 meter persegi :( .

    Jd pengem ngulik sejarah fremantle juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whuaaa cocok banget nih mba Fanny ke sini. Semoga ya dimudahkan. Kalo aku sih sebetulnya penikmat taman atau pantai... Jejemuran gitu, ahaha...

      Delete
  7. kayaknya seru deh kesana. semoga dilain waktu bisa kesana sekalian mampir ke temen yang tinggal di perth. oh, ya, mbak ada yang typo tulisan "terwat" hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga ya mas ada rezekinya ke sana. Dan whuaa... terimakasih atas koreksinya.

      Delete
  8. bangunan kuno yang gagah ya, ada ya jadi destinasi wisata nih penjara, gak kaya penjara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Tira masih terawat dengan apik karena memang juga dinobatkan sebagai UNESCO Heritage Sites

      Delete
  9. Wah serunya mak bisa ke negeri kanguru. Gak itu mak hadir di tempat yg trik foto itu apa ya namanya?

    ReplyDelete