Friday, 16 February 2018

Inilah Aktivitas Peggy Melati Sukma (Teh Khadija) Saat Ini

(Kiri-Kanan) Ibu Veny, Direktur IT Proxsis-Uni Novia, Founder Blogger Muslimah-Teh Khadija (Peggy MS)
Saat acara penerimaan tanda kehormatan kepada Teh Khadija yang telah hadir di acara Blogger Muslimah (10/02)

Ada yang gak tahu Peggy Melati Sukma? Anak generasi Y pasti tahu banget. Buat yang lupa saya kasih tahu cluenya ya, beliau adalah tokoh yang suka bilang “Pusiiiiiing” di sinetron Gerhana. Nah, inget kan? kalau gak ingat juga googling aja deh ya.

Mengapa saat ini saya mengangkat sosoknya? Jelas karena saya baru saja bertemu dengannya beberapa hari silam dan itu membuat saya cukup terkejut (dalam arti positif ya) dengan perjalanan hidupnya dan merasa penting menuliskan ini, mengapaaaa??? Nanti kalian akan tahu jawabannya.

Untuk selanjutnya saya akan menyebut Teh Peggy dengan sebutan Teh Khadija ya, karena inilah nama hijrah beliau. Yang mau tau alasannya bisa baca di sini Blogger Muslimah Meet Up With Teh Khadija.

Sebelum bertemu dengannya, gak banyak yang saya ketahui tentang beliau selain sekedar mantan pemain sinetron (titik!). Ternyata, sosok periang ini memiliki segudang prestasi dan penghargaan bahkan di usianya yang masih belia. 

Kalau ada yang bilang jadi artis mah modal tampang doang, modal pede doang, modal kenalan doang, saya bisa katakan tidak demikian dengan Teh Khadija. 

Prestasinya yang tak banyak diketahui khalayak ...

Awal karir beliau di dunia entertainment di mulai saat usianya 15 tahun. Untuk bisa memasuki layar kaca beliau harus melalui beberapa seleksi yang cukup ketat. Prestasi-prestasi yang diraihnya sejak bangku sekolah dasar dan menengah terdengar gaungnya oleh sutradara kawakan alm. Arifin C Noor. Kemudian darinya The Khadija direkomendasikan lagi ke alm. Didi Petet, terus begitu rekomendasi demi rekomendasi didapatkannya dengan mudah hingga karirnya melesat cepat. 

Beragam tes mampu ia lahap dengan mudahnya, ya acting, nyanyi, presenter, semua mampu dilibasnya dengan sempurna, lebaynya begitu. Ternyata beliau bukan hanya jago tampil, melainkan mampu mengelola bisnis dan yayasan social baik miliknya pribadi maupun yang bekerjasama dengan pemerintah. Beliau pun sempat diangkat menjadi duta di berbagai bidang. Belum selelsai sampai di situ, Teh Khadija memiliki beragam penghargaan, juga berpengalaman kerja di lingkup internasional dengan lembaga-lembaga sepeti PBB, World Bank, Asian Youth Forum, dan lainnya. Sudah selesai? Belum. Beliau juga berhasil menamatkan Pendidikan S1 dan S2nya dengan gelar Cum Laude (Sempurna). Itulah bukti beliau artis yang multitalenta. 

Saat ini, beliau sudah hijrah dari semua kesibukan duniawi yang sempat melalaikan dirinya dari kedekatan kepada Allah Swt dan lebih concern pada aktivitas dakwah dan kemanusiaan baik yang sifatnya domestik maupun internasional.

Dalam 3 tahun terakhir …

Teh Khadija sudah menjalankan misi dakwah, sosial, dan kemanusiaan di 22 negara seluruh dunia, termasuk Palestina, Suriah, benua Afrika, berbagai negara Eropa, juga Amerika Serikat. Sebagai contoh di Palestina beliau membangun sekolah untuk anak-anak cacat, pabrik kecil untuk produksi pakaian yang dikelola oleh janda-janda syuhada, klinik yang memberi bantuan tangan kaki dan tangan palsu untuk korban-korban kebrutalan zionis Israel, dan program lainnya.

Saat ini, beliau juga aktif dalam dunia literasi dan sudah menulis 7 buku bernafaskan Islam, seperti: Kujemput Engkau di Sepertiga Malam, Ya Rabbana Aku Ingin Pulang, Kun Fayakun Menembus Palestina, dan masih banyak lainnya. 
Buku-buku Teh Khadija yang seluruh keuntungannya dimanfaatkan di jalan Allah Swt.
Dan inilah wujud peduli sekaligus jihad Teh Khadija untuk agama, bangsa, dan negara bertajuk “Urban Syiar Project”. Apa sajakah program yang dijalankannya? Berikut penjabarannya… 
  • Program membumikan Al Quran 
  1. Gerakan GoHijrah! dengan programnya Majelis Inspirasi Hijrah. Sebuah gerakan untuk menebarkan inspirasi hijrah kepada berbagai kalangan khususnya muslimah usia produktif. 
  2. Amazing Muslimah. Bersama Dompet Dhuafa program ini berjalan untuk membebaskan buta aksana Alquran di berbagai wilayah Indonesia tanpa memungut biaya bagi para pesertanya. 
  3. Aku Mengaji. Program ini ditujukan bagi anak-anak Indonesia dengan mengadakan pembiayaan bagi pembangunan 99 rumah belajar Alquran (Rumbela) "Asmaul Husna". 
    Rumah Belajar Quran Asmaul Husna
    Rumbela (Rumah Belajar Alquran)
  • Program Bantuan Kemanusiaan Dunia Islam/Akhwat Bergerak 
  1. Cinta Untuk Palestina; Mendistribusikan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan perempuan di jalur Gaza, Palestina. Seperti: Membangun sekolah khusus anak difabel, bantuan makanan, bantuan persalinan. 
  2. Cinta Untuk Suriah; Program bantuan makanan di bulan Ramadhan, Qurban untuk Suriah dan pembangunan Klinik Pelayanan Kesehatan di Idlib. 
  3. Cinta Untuk Rohingnya; Turut membangun shelter untuk muslim etnis Rohingnya yang terdampar di Aceh. 
    Klinik Pelayanan Kesehatan untuk konflik Suriah
    Pembangunan Health Center Complex)
  • Program Dakwah Dunia Global/ Telling Islam To The World 
  1. Amerika Serikat; Program dakwah islam lewat aktivitas dialog dan berbagai forum di AS serta pembangunan Islam Learning Center di NYC. 
  2. Jerman, Hongkong, dan negara lainnya; juga melancarkan aktivitas serupa dengan di AS. 
    Maaf, fotonya kurang jelas yaa.. :(
  • Program Sedekah/Indonesia Muslimah Activity for Sedekah 
  1. #BelanjaSudahSedekah; Melalui penjualan charity beberapa produk Peggy Melati Sukma berupa jilbab, gamis, bros, buku. 
  2. #UmrahSudahSedekah; Melalui program perjalanan umroh yang sudah termasuk sedekah, bekerja sama dengan beberapa travel seperti: Patuna, Adz Dzikra, Global Inspira, Al Azhar. 
  3. #ZiarahKemanusiaanPalestina; Perjalanan ziarah sejarah Islam sekaligus membawa amanah langsung sedekah kepada rakyat Palestina. 
    Ziarah sambil membawa amanah sedekah langsung kepada rakyat Palestina
November 2017, genap 4 tahun atas izin Allah Swt, beliau hijrah. Doa kami semua semoga Teteh Khadija senantiasa dalam keistiqomahan di jalanNya. Aamiin...

Peggy Melati Sukma aka Teh Khadija
Mari Sedekah :)


2 comments: