Rabu, 07 Februari 2018

Buat Saya Hal Kecil Ini Bisa Meningkatkan Mood dan Produktivitas, Lho!


Sarapan Buah menaikkan mood dan produktivitas dengan casio my style


Hai... hai... bagaimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik ya...

Well, bagi saya menanyakan kabar ini penting lho. Bukan, bukan sekadar basa-basi. Tapi lebih untuk memastikan, bahwa orang yang kita ajak bicara dalam keadaan baik dan enjoy bertemu sama kita.  Dan nanya kabar ini jauh lebih enak didengar, ketimbang ngebahas soal fisik. Iya gak sih? Apalagi sama orang yang baru kita kenal. Coba deh rasakan bedanya kalau momen pertemuan pertama kita dengan seseorang, malah kalimat seperti ini yang keluar:

"Iih, kurus banget sih."
"Ya ampuun, kamu gendut sekaliii."
"Wew, ternyata jerawatan ya."

Gak enak banget kan?! Saya gak mau bahas tentang golongan darah, suku, bulan lahir and whatever lah yang mostly orang sangkut-pautkan dengan itu semua. Bagi saya, hal-hal kecil yang menyangkut tata-krama kaya tadi murni berangkat dari personalnya saja. Bedaaa, kalau ketemuannya sama temen dekat yang udah paham banget diri kita.

Hahaa... gara-gara nanya kabar jadi panjang urusan. Bukan apa-apa, soalnya saya pernah berkenalan dengan seseorang dan asli kaget ketika kami salaman, saya mendapati salah satu pernyataan tadi. Dari situ saya belajar bagaimana menghargai dan menjaga perasaan orang lain. Setidaknya kalau belum bisa jadi orang yang menyenangkan, yah jangan sampai jadi orang yang menyebalkan. Ingat, saya masih belajar lho yaa... So, kalau saya meleng, colek aja *biggrin*

Untungnya, hal-hal kaya tadi sama sekali gak memengaruhi mood saya. Seriuskah? Iya, karena prinsip saya, bahagia itu bukan tergantung orang lain tapi bahagia itu datang dari saya sendiri. Saya juga yakin, beliau hanya mencari topik segar yang mungkin bisa membuat kelakar. Supaya suasana tetap cair dan mengalir di situasi seperti tadi, coba deh kasih lelucon kecil atau kalau speechless senyumin aja udah. *smiling*

Entahlah, sejak kapan mikir kaya gini. Yang jelas saya merasa ketika mulai belajar menerapkan pola hidup sehat, hati dan pikiran juga jadi ikut waras. Sudah hampir setahun ini saya menjalani diet Food Combining (FC). Food Combining?? Apa tuh? Yang mau tahu silakan mampir ke sini Apa Sih Diet Food Combining?

Pliis jangan salah kaprah dengan kata "diet" ya. Karena saya melakukannya bukan supaya langsing melainkan supaya sehat. Gak semua orang cocok dengan diet yang kita jalankan. So, mari sikapi perbedaan dengan bijaksana. 

Saya juga katakan tidak semua orang cocok dengan diet FC ini. Bagi mereka yang mengalami penyakit psikosomatik atau kekhawatiran yang berlebihan sehingga menimbulkan keluhan fisik pada tubuh mending gak usah. Karena bukan dietnya yang salah kok tapi alam bawah sadarnya yang terlanjur melabeli bahwa diet yang ideal itu yang selama ini diterapkan sejak kecil.

Yuk, makan mengikuti siklus alamiah tubuh

Sebagai pelaku Food-Combining, ada beberapa hal prinsip yang harus saya lakukan. Salah satu hal prinsip dari diet tersebut adalah sarapan buah. Semakin bervariasi dan berwarna-warni semakin baik. Cukup menemukan aneka buah dalam sepiring sarapan saya, itu sudah bisa menjaga suasana hati tetap baik seharian. Apa pasal? Buah itu kaya akan vitamin, mineral dan air. Mengonsumsinya di pagi hari akan memaksimalkan proses penyerapannya dalam tubuh, memberikan energi, dan semangat untuk melakukan segala aktivitas sepanjang hari.
1 lttle thing i do to boost my mood and productivity
A good breakfast. A little things can boost up my mood and productivity.

Kok pagi hari? Karena pagi hari adalah saatnya tubuh melakukan "pembuangan". Kebayang kan kalau kita makan berat? Energi sistem cerna akan ke-distract antara buat ngebuang dengan buat mencerna. 

Manfaat Sarapan Buah

Sarapan buah dan warna casio boost my mood
Manfaat Sarbu
Yang menjadi kekhawatiran orang pada umumnya adalah, "emang gak apa-apa sarapan buah saat perut kosong?" Selama buah-buah tersebut dicuci dengan benar, tidak mentah, tidak busuk, dan tidak dikonsumsi tepat sebelum atau sesudah makan besar, it's okay. Gambar disamping menunjukkan beberapa manfaat sarapan buah-buahan yang penting kamu ketahui.

"Kok, saya sarapan buah cepat lapar?" Kalau masih lapar, tambah lagi buahnya terus begitu sampai selesai siklus buang. Kapan? Yah sampai tiba makan siang. Jujur, yang ini saya belum sanggup. Paling jam 10 pagi sudah makan, hee... #maklummasihnubi #alasan.. Tentu makannya juga mengusahakan dengan prinsip FC ya, tidak mencampurkan karbohidrat dengan protein hewani sekaligus. 

So, kesimpulannya cukup melihat buah-buahan kaya pelangi di pagi hari, sudah bisa meningkatkan mood dan produktivitas saya seharian. Sesederhana itu? Yes. Buah-buah yang bisa kita konsumsi juga gak harus mahal kok. Buah-buah tropis macam pepaya, markisa, jeruk, banyak di sekitar kita. Yang perlu diperhatikan, hindari buah bergetah dan bergas di pagi hari ya, seperti durian, cempedak, dan nangka. 



Apalah arti sebuah warna

Eitts... Jangan salah, warna pada buah-buahan itu menggambarkan senyawa fitokimia yang terkandung di dalamnya. Nah, makanya penting untuk makan buah-buahan beraneka warna dan jenisnya supaya kebutuhan nutrisi kita tercukupi. Bagaimanapun nutrisi yang baik akan mendukung kesehatan kita yang optimal.

Merah, Si Pencuri Perhatian!

Buah berwarna merah ini menunjukkan kalau dia memiliki kandungan likopen yang baik sebagai anti-oksidan, melindungi vaskular (pembuluh darah), otot, melawan penyakit jantung, mencegah kanker, dan memiliki kadar vitamin A dan E yang tinggi.

Temukan buah berwarna merah pada: tomat, apel, semangka, pepaya, ceri, dan stroberi.

Oranye dan Kuning yang Ceria

Warna oranye dan kuning mengindikasikan bahwa buah tersebut mengandung antioksidan dan beta-karoten yang baik dalam menjaga ketahanan tubuh. Selain itu kandungan vitamin A-nya juga tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

Yuks hunting buahan-buahan berwarna oranye dan kuning, seperti: jeruk, nanas, pisang, wortel, mangga, aprikot, pepaya, dan labu kuning.

Hijau yang Menyegarkan

Buah berwarna hijau kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin yang berperan menghambat pertumbuhan sel kanker. Lebih dari itu, buah berwarna hijau ini juga membantu produksi sel darah merah, menguatkan sel otak, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Lengkapi dengan buah-buahan hijau juga ya, seperti: apel hijau, kiwi, paprika hijau.

Si Cantik Biru dan Ungu 

Buah berwarna ini memang cukup jarang. Pigmen alaminya menandakan bahwa buah-buahan ini mengandung antosianin dan flavonoin. Kedua zat tersebut baik dalam meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan otak, meningkatkan produksi sel darah merah dan putih, anti-inflamasi (radang), dan sumber zat besi.

 Beberapa yang mungkin bisa kamu temukan di pasar: anggur, prune, blueberry, dan terung.

Si Putih yang Kalem

Buah jenis ini tidak mengandung pigmen, namun tetap mengandung zat fitokimia yaitu alicin. Zat ini berfungsi membantu mengendalikan kolesterol dan tekanan darah serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu buah berwarna putih juga memiliki kandungan vitamin C dan kalsium yang tinggi yang baik dalam menjaga daya tahan tubuh.

Jangan lupa tambahkan buah atau sayuran putih ke piring makan kamu ya. Contohnya: pir, sirsak, lobak, sawi putih, bawang putih dan bawang bombay.

So, inilah alasan mengapa sarapan buah dengan penuh warna dapat menjaga mood bahkan meningkatkan produktivitas saya seharian, karena kandungan zat gizinya saling melengkapi dan mampu memberikan energi yang positif.

Press your "turn on" button!

Sebagai seorang penulis dan blogger yang sering kejar-kejaran dengan deadline menjaga mood tetap stabil is a must. Gimana gak coba? Suasana hati yang acakadut bisa membuat tulisan hilang arah bahkan gak bernyawa. Menemukan ide dan mencari inspirasi bukanlah hal yang mudah, makanya gak heran para penulis biasanya memiliki teknik andalan untuk menjaga mood tetap baik sepanjang hari. Seperti yang saya lakukan, sarapan buah beraneka warna adalah hal kecil yang bisa mem-boost-up mood saya seharian. Sarapan dengan buah-buahan segar, berair, apalagi yang matang pohon, merupakan anugerah yang luar biasa dari sang maha Kuasa. 

"Maka nikmat Tuhan yang mana lagi yang kamu dustakan?"
QS. Ar-Rahman: 13

Casio; My style Colorful Calculator

Dengan begitu, mood yang baik adalah aset berharga untuk tetap produktif dan kreatif. Tambah-tambah lagi bersyukurnya, ketika tahu Casio meluncurkan kalkulator cantik yang bisa mendukung produktivitas orang-orang sekitar saya. Mereka adalah Desi, staf keuangan di kantor suami dan mba Siti asisten rumah tangga yang saya support untuk dapat mengelola keuangan dapur setiap harinya. 

Ya, selain penulis, sehari-hari saya juga men-supervisi satu staf yang mendukung usaha suami. Desi ini bekerja sebagai staf keuangan. Beberapa kali beliau kerepotan saat ada customer yang datang sementara beberapa tab di laptop terbuka untuk menjalankan aktivitasnya. Melihat hal ini, saya jadi teringat kalkulator Casio, warnanaya yang girly, fresh, dan berjiwa muda pasti bisa mendukung aktivitasnya sebagai seorang staf keuangan.
My colorful calculator to boost my mood and productivity
#CasioMyStyle Pink ini sangat membantu pekerjaan Desi untuk ngitung-ngitung paket tour.
Semangat ya Deeeess!! :) 

Apalagi kalkulator #CasioMyStyle banyak pilihan warnanya dan bisa disesuaikan dengan warna favorit atau kepribadian kita lho. Dan yang bikin saya jatuh cinta lagi, kalkulator Casio My Style ini bisa digunakan untuk menghitung pajak dan zakat perusahaan. *hearteyes*
Jangan bingung dengan warna kepribadianmu. Kalkulator Casio gak sekadar memberikan warna tapi juga menyediakan fasilitas untuk mengetahui apa warna yang menunjukkan kepribadianmu sesungguhnya. Caranya cukup kunjungi www.knowyourcolor.id masukkan email di sana, jawab seluruh pertanyaannya, tanpa perlu menunggu lama hasilnya akan segera keluar.

Taraaaa ... Untuk Desi ternyata warna kepribadiannya adalah pink. Ini sesuai banget dengan pilihan awalnya.  Berati tesnya akurat ya.
Mengetahui warna kepribadian untuk menyesuaikan denga calculator casio my style
Ini dia si pinky sesuai dengan warna kepribadiannya :D
Lain lagi dengan mba Siti. Setiap hari saya memintanya belanja untuk kebutuhan harian dapur, kadang juga untuk perangkat kebersihan, dan semacamnya. Supaya keuangan terkendali, saya memintanya untuk mencatat dan menghitung pengeluaran tersebut. Nah, supaya beliau semangat mengerjakan hitung-hitungan dapur, saya menyediakan calculator casio warna oranye sesuai kesukaannya. Harapannya sih dengan begini semakin semangat merinci keuangan dapur, karena urusan hitung-menghitung jadi lebih cepat.
Casio orange-calculator konvensional untuk rumah tangga
Ini pilhan warnanya sendiri, semoga makin semangat ya mba Sitiiii :)

Warna lainnya kamu bisa lihat-lihat di web casio dan bila tertarik kamu bisa beli kalkulator Casio My Style seperti kami di mataharimall.com, gunakan promo code saya yaitu CASIOBLOGFM23 untuk mendapatkan diskon pembelian si colorful calculator ini.
Colorful calculator to boost my mood and productivity
Warna oranyenya si Casio ini seger banget. 
Lalu untuk saya sendiri yang warna apa? Hmm, saya sih suka semuanya. Cuma warna hijau toscanya kayanya lucu. Gak mau kalah dengan mereka, performa saya dalam mengatur keuangan keluarga juga harus okey dong. Ngitung budget kebutuhan harian, tabungan, investasi, edukasi, dan charity perlu kalkulasi yang matang. Supaya apa? Supaya bisa liburan, hehe ... Supaya keuangan keluarga gak jebol yes, karena kita ada untuk memberi manfaat pada sesama.
Cororful calculator
Casio My Style hijau yang jadi mlik bersama aku dan cintaku :*
Melihat hal ini, ternyata anak saya juga tertarik memilikinya. Walau masih berusia 4 tahun tapi kalkulator Casio bisa menjadi bahan pembelajaran untuknya. Belajar profesi tentang kasir, akuntan, juga sekadar mencocokan hitungan sederhana dengan hasil yang ditampilkan pada layar kalkulator Casio tosca kesukaanya sudah sangat membuatnya bahagia.

Ohya saya ada tips sedikit mengenai alokasi dana rumah tangga. Menurut bukunya Anatoli Karvof, yang berjudul "Kayakan Dirimu dengan Berinvestasi dan Berbagi", beliau membagi persentase keuangan seperti ini:
10% Charity
20% Education & Protection
30% Investment
40% Life Cost
Nah, rumus di atas sangat sederhana, apalagi ada kalkulator Casio untuk memudahkan penghitungan. Silakan coba diaplikasikan dengan keuangan masing-masing yaa.

Casio gives more than I expect

Aaah, dari dulu Casio selalu berhasil mencuri hati saya. Dari zamannya SMA yang perlu gunakan rumus matematika kompleks hingga saat ini #CasioMyStyle yang bisa mendukung pekerjaan orang-orang di sekitar saya dan saya tentunya. Mendukung aktivitas mereka artinya medukung produktivitas saya juga dalam merampungkan to-do-list harian. Terima kasih Casio My Style, My Colorful Calculator, warna-warni kamu seolah menjadi terapi fisik dan psikis gratis buat saya. 

#CasioMyStyle

14 komentar:

  1. Waah...dpt pencerahan ttg warna yg mempengaruhi mood, FC & berhitung....Mba Dwi. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bunda Srie.. Semoga bermanfaat yaa..

      Hapus
  2. Sukaaaaaa casionya Mbak Arum jadi semangat ngitung duit #eh.

    Duh food combining ini berjasa banget waktu aku sibuk ngajar, sekarang udah mulai malas hiiiks. Perut udah bunciiittt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka warna apaaaa???

      Eh pernah ber-FC juga yaa? Kalau aku yang paling kerasa dr FC ini adalah hilangnya wasirku, alhamdulillah.. dadah babayy.. :D

      Hapus
  3. Dulu saya fc juga mba sekarang sudah endak hehehe. Emang enak fc...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaaa ternyata banyak ya... Kenapa kah mba? Gak tahan ya lihat pepes tanpa nasi? hihiii

      Hapus
  4. makasih yaa mba untuk informasinya, jadi tau tentang Food Combaining. Mau cobain deh hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mba dicoba, tapi informasi di atas belum ada seujung kukunya dari FC. jadi saran saya pahami dari info-info ttg FC lainnya ya.

      Hapus
  5. Lucu sekali kalkulatornya mbak, warnanya ceria :) makin semangat buat tung itung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah itu kalkulator Casio My Style mba. Sebagai emak-emak cucok deh pakai ini buat hitung-hitung keuangan keluarga. Mau punya juga mba? Pakai kode promoku yes sesuai yang tertera di artikel :D

      Hapus
  6. Baca artikel ini dapat ilmu banyak sekali yaaak..kereeen!
    Jadi makin semangat setelah lihat Casio yang warna-warninya secerah impian saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaah semangat banget yaa, warnanya bener-bener bisa jadi terapi nih mba :)

      Hapus
  7. Kereen maak artikelnya, makin tercerahkan dan semangat berFC ria. Oh iya, makasih kode diskonnya mak, semoga si adek jadi accountant handal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupakan project kita yes mak... Btw, dipake yaa kode diskonnya #asahpiso, qiqiqi..

      Aamiin, makasih doanya mak.

      Hapus