Tuesday, 23 January 2018

Mau Liburan Dengan Budget Minim? Simak 8 Tips Liburan Murah Meriah


Hari gini, siapa sih yang nolak diajak liburan? Sayangnya, gak sedikit yang harus memendam hasrat berliburnya hanya karena selentingan kabar yang mengatakan liburan itu mahal. Nah, kalian yang menganggap liburan itu hanyalah mimpi, coba baca tips ini dulu yuk.

8 Tips Liburan Murah-Meriah Ala Saya 😀

1. Ambil Jatah Cuti
Lho, apa maksudnya? Saya cuma mau bilang, kalau kalian liburan di saat tanggal merah berderet alias peak-season, ya jelas semua harga akan lebih mahal. Maka, pilihlah saat low-season di mana harga promo mudah kita jumpai dan lokasi wisata gak seramai hari libur masal.

2. Cek seluruh promo
Kalau liburan kalian mengharuskan dengan pesawat, maka rajin-rajinlah cek harga promo. Fyi, biasanya 2 minggu sebelum keberangkatan waktu ideal untuk ngecek (ingat poin 1, tidak berlaku high-season). Kalau soal hotel ada tekniknya juga, bisa baca di sini. Sementara soal makan, ini paling mudah diajak ngirit. Karena makan gak harus mahal, kalau lagi liburan sih yang penting kenyang dulu deh ya.

3. Hubungi teman atau saudara
Selain menjalin silaturahim, menghubungi teman saat berlibur bisa menghemat pengeluaran lho. Mereka bisa saja menjadi pemandu atau mungkin kalau baik, bisa mengajak kalian makan atau bahkan menginap di rumahnya.

4. Gunakan transportasi umum
Di beberapa daerah ada bus khusus untuk keliling kota dan itu gratis. Nah, menggunakan fasilitas ini sangat lumayan untuk menghemat budget liburan kan? Sekadar tips tambahan, bila ingin menggunakan transportasi umum gunakanlah yang resmi. Pertama kali turun di bandara mungkin kamu akan bingung karena banyaknya tawaran taxi. Gunakanlah taxi resmi bandara, mungkin terdengar mahal, tapi keamanan lebih terjamin karena jelas ada voucher dan bisa dilacak bila ada hal-hal yang tidak mengenakkan. Menggunakan taxi gelap sangat tidak disarankan, mungkin akan menawarkan harga yang murah tapi kalau kalian diajak berputar-putar kota dengan argo kuda, apa masih mau memilih transportasi ini? Yuk jadi traveler smart, transportasi tak resmi sulit dilacak dan sulit dimintai pertanggungjawabannya.

5. Budayakan berjalan
Berjalan bagus bagi kesehatan fisik, termasuk juga saat liburan. Selama masih memungkinkan untuk berjalan maka berjalanlah dari satu tempat ke tempat lain, demi menjaga kesehatan finansial juga tentunya.

6. Kulineran enak gak harus di restoran
Liburan, gak lengkap tanpa makan-makan. Mencari makanan enak pun gak harus masuk restoran. Kuliner kaki-lima pinggir jalan juga banyak lho yang enak. Misalnya kalau kamu lagi di Bandung, tinggal googling langsung keluar deh tempat makan kaki lima yang recommended. Keuntungan lainnya makan di kaki-lima itu kita turut membantu perekonomian sang pemilik warung.

7. Kunjungi objek wisata gratis
Gak semua tempat wisata itu berbayar kok. Menikmati panorama pantai, gunung, taman kota asalkan diiringi hati yang lapang pasti akan terasa indah. Misalnya saat kamu berlibur di Bali, maka pilihlah wilayah selatan yang kebanyakan berupa pantai. Mulai Pantai Pandawa, Uluwatu, Dreamland, Kuta, hingga Jimbaran. Menikmati sunset dihiasi lalu lintas pesawat yang hilir mudik, sungguh romantis.

8. Liburan tidak harus jauh
Ini jurus pamungkas, di mana kalian benar-benar ingin liburan tapi dengan budget minimalis. Liburan itu gak harus ke luar negeri, gak harus keluar kota juga. Coba eksplor yuk destinasi wisata sekitar kediamanmu. Atau kalau memang ingin yang ada sensasi berbeda, coba aja staycation dekat domisili. Dengan demikian kamu gak perlu keluar budget untuk transportasi sebagai pos pengeluaran terbesar ketika liburan. 


Nah, demikianlah tips liburan hemat, murah-meriah ala saya. Ingat rumus, gak ada fasilitas mewah, service oke, tapi harga murah. So, berhati-hatilah dengan sesuatu yang terlihat too good to be true. See you on next post, Smart Traveler! 

19 comments:

  1. Iya butuh liburan untuk lebih fresh lagi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, karena liburan adalah kebutuhan

      Delete
  2. Paling suka poin yang ketujuh..Cari yang gratissss!! hihihi
    Jadi duit bersisa bisa untuk ke tempat lainnya..

    Makasih tipsnya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa, sama-sama mba. Namanya juga ibu-ibu ya demen yang gratisan.

      Delete
  3. Tfs mbak..saya nih meng-angan2 melulu tp gak juga eksekusi travelling hihihi.

    ReplyDelete
  4. Iya betul sekali mba,tipsnya bisa diikutin.biar liburan kita hemat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, karena kebutuhan yang lain juga perlu diperhatikan.

      Delete
  5. Wah murah meriah yaa Mbak Arum, kami kalo lagi ngirit jalan-jalannya sering ke taman bermain di Surabaya hihihi. Yang penting Musa happy main kejar-kejaran, mommy pun olahraga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whuaa, samaaa aku juga suka main di taman. Rasanya sejuk aja gitu yaa

      Delete
  6. Replies
    1. Karena harga yang lain sudah cukup mahal ya mba

      Delete
  7. Kalau di Jakarta jalan2nya ke taman2 aja, semuanya gratis. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul betul, banyak juga taman di sini

      Delete
  8. Aku ambil jurus delapan mbak. Hahahaha... Lha nggak punya cuti je.

    ReplyDelete
  9. Tips no 5 dan 6 oke banget Mbak. Selama ini belum kepikiran, hehe... Trims yaa...

    ReplyDelete
  10. Setujuh bangets tipsnya. Saya kalau mau liburan sukanya ngerencanain jauh-jauh hari sambil nyari info promo, jatah cuti paksu, liburnya anak-anak dll.

    ReplyDelete
  11. cek promo nih penting banget. biar ringan di kantong. Tapi ambil jadwal cutinya nih agak ribet ga selalu disetujui bos kantor

    ReplyDelete