Saturday, 28 October 2017

Ada Apa Saja Sih di Mall Pelayanan Publik?


Kalau mendengar kata Mall kalian pasti setuju isinya nggak jauh-jauh dari deretan toko. Mulai dari yang jualan baju, sepatu, tas hingga makanan. Tapi kini DKI Jakarta menghadirkan satu mall baru yang jauh berbeda dari bayangan kita akan mall pada umumnya. Ya, itu adalah Mall Pelayanan Publik (MPP). Mall yang baru berusia dua minggu ini memberikan kemudahan bagi warga DKI Jakarta terkait urusan perizinan, perpanjang SIM, paspor dan masih banyak lainnya.

Mall Pelayanan Publik ini terletak di kawasan bisnis Kuningan. Tidak sulit mencari lokasi MPP. Kalau kamu tau Hotel JS Luansa nah lokasinya tepat di belakangnya. Persisnya berada di RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan. Jam pelayanan MPP ini dibuka dari senin-jumat, pukul 08.00-16.00. Mall yang baru diresmikan 12 Oktober 2017 silam menghadirkan banyak pelayanan yang bisa kita nikmati di satu tempat. 

Sepertinya belum banyak yang tahu akan keberadaan mall ini, begitupun dengan saya. Berawal dari keperluan mengurus penggantian paspor, saya pun membuka aplikasi antrian paspor online. Sayangnya kuota di kantor imigrasi yang saya pilih telah habis. Saya pun mencari kanim lainnya yang masih bisa dijangkau, dan saat itu yang tersedia adalah di MPP ini. 

Perihal penggantian paspor lama yang akan habis masa berlakunya bisa kamu baca di sini ya Langkah Mudah Perpanjang Paspor Online Kini

Tampilan eksterior MPP ini sangat modern. Ada teras yang cukup luas yang bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk santai, ngopi mungkin juga makan (eh boleh gak ya?) sambil menikmati udara Jakarta, hehe ... 

Begitu masuk kamu akan menemui mesin digital besar di sisi kanan beserta papan petunjuk pelayanan di tiap lantai. Di mesin digital inilah kamu mengambil nomor antrean.
Silakan tanyakan pada staf ya bila bingung supaya gak salah ambil nomor antrian
Sepanjang pengamatan saya, para staf sangat ramah, mereka semua sangat welcome dalam menjelaskan apapun terkait pelayanan yang ada di sana. Jauh bahkan hampir gak ada tuh saya temui staf yang jutek, ketus, dsb.

Di lantai 1 ini tersedia layanan: 
pusat informasi
pelayanan izin pembangunan dan tata ruang
Izin aktifitas usaha
Fast track service
Pick up service

Di lantai 2 ini tersedia layanan:
Layanan pertanahan
Layanan AJIB (Antar Jemput Izin Bermotor)
Priority Service
Consultation room
Badan Koordinasi Penanaman Modal RI 

Di samping itu di lantai dua juga tersedia kids corner dan nursery room.
Dua tempat ini sangat ramah perempuan terutama para Ibu yang bawa anak kecil. Karena ini gedung baru jadi menurut pengakuan salah satu staf di sana belum ada musholla. Saya pun akhirnya menggunakan nursery room ini untuk tempat solat. Karena cukup jauh juga kalau harus ke gedung sebelah (Nyi Ageng Serang). Di lantai dua ini juga ada bank DKI yang memudahkan untuk pembayaran juga.

Yang menarik perhatian saya waktu itu adalah layanan AJIB. Saya pikir paspor saya nanti bisa dikirim oleh AJIB ini ke rumah, ternyata gak, hee.. belum bisa tepatnya. Jadi AJIB ini adalah layanan untuk antar jemput dokumen perizinan. Apa sajakah itu? Menurut kompas[dot]com antara lain: Izin Memperkerjakan tenaga Kerja Asing (IMTA), pengesahan perpanjangan rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA), izin usaha jasa konstruksi (IUJK), angka pengenal impor (API), izin penelitian, dan legalisir izin pelaku teknis bangunan (IPTB). Sepertinya sekarang sudah bertambah cakupan yang bisa dilayani. Ini sangat memudahkan banget, menghemat waktu dan semoga bisa terbebas dari calo.

Di lantai 3 tersedia layanan 
Direktorat Jenderal Pajak
Direktorat Bea dan Cukai
Direktorat Jenderal Imigrasi
Kepolisian Negara RI Derah Metro Jaya
Dan sebagainya
Jadi kalau kamu mau perpanjang SIM, paspor, bisa deh di sini. 
Ruang tunggu Lantai 3. 

Nah, alhamdulillah deh yee kalau bang Soleh dan mpo Lusi udah akur, alias bisa jadi SOLUSI nih buat yang bingung-bingung urusan segala macam perizinan langsung aja dateng ke Mall Pelayanan Publik. Sayangnya, belum ada kantin atau tempat makan di sini jadi musti nyari ke luar. 

Semoga ya kedepannya akan lebih baik dan makin prima pelayanannya. Kan, kalau mau kita bisa kok. Terima kasih MPP sudah hadir untuk Indonesia yang lebih baik.
Biar ingat bahwa masyrakat punya suara dan bisa bicara. Terus jaga kualitasmu yaa ... 

12 comments:

  1. waah keren ya mbak, jadi nggak terkaku banyak ngantri, tahun 2014 kemaren saya perpanjang pasposrt itu sama seperti bikin baru, ambil antrian mesti pagi pagi, jik anomor antrian habis, jadi tidak bisa dapat formulir hari itu, ribetnya.. belum lagi natri di ruang fhot, bsoknya antri pengambilan pasposrt, tapi yang paling bikin ribert itu, anak - anak tak bisa sekalina memperpanjang pasport mereka, nunggu pasposr orang tuanya slesai, jadi saya beberapa kali bolak balik ke imigrasi. jik ayang tak pengen ribet pakai jasa calo bisa sehari siap 700 -800 perpasport, aneh ya kita yang mau urus sendiri malah di persulit. semoga di daerah sudah bisa diterapkan seperti ini, jadi bisa mengurangi jumlah calo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba dulu juga perpanjang paspor ribet, butuh banyak dokumen. Sekarang cukup bawa E-ktp dan paspor lama aja. Sistem antrean pun sudah online, jadi gak membludak.

      Delete
    2. sebenarnya untuk perpanjang paspor itu harus daftar online dulu atau langsung datang ke mall pelayanan publik ya Mbak??? mohon infonya?

      Delete
    3. Daftar online dulu ya. Pilih tanggal kapan kita bisa datang.

      Delete
  2. Keren banget Indonesia punya pelayanan publik kyk begini. Gedungnya bagus, desainnya itu loh udh kyk di America gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii.. iyaya mba, desainnya modern dan nyaman banget.

      Delete
  3. Tempatnya asik banget buat kongkow bareng temen nih. Jadi latar buat ngevlog juga oke... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihiih, betul. Walaupun di kawasan bisnis tapi cukup rindang daerah MPP ini.

      Delete
  4. Baru tahu kalau ada mall seperti ini!

    ReplyDelete
  5. wah baru tau saya kalo mall ini berbeda dengan mall-mall yang berbaris berjejjer di deretan kota jakarta, ternyata mall ini multifungsi bagi warga dan masyarakat DKI Jakarta dalam hal mengurus, perpanjang SIM, Paspor dan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mau tanya-tanya seputar perizinan yang lain juga bisa. Jadi sangat menghemat waktu utk yg ada bbrp keperluan perizinan sekaligus

      Delete