Sunday, 24 September 2017

Begini Lho Cara Aman Menurunkan Berat Badan!

Sumber pic : pixabay

Hari gini siapa sih yang tidak ingin punya berat tubuh ideal dan sehat? Saya yakin semua pasti mau, tak terkecuali saya. Namun, sayangnya banyak yang tidak yakin bisa, alasannya pun beragam. Mulai dari yang merasa memang sudah dari sananya alias faktor genetik, tidak tahan mengikuti pola hidup sehat, hingga yang merasa takut bahwa program dietnya tidak aman untuk tubuh.

Semakin maju zaman ternyata potensi obesitas makin meningkat. Bisa dimengerti sih, kecanggihan teknologi sudah banyak menggeser peran manusia dalam melakukan pekerjaan bahkan untuk hal yang sangat ringan. Katakan saja ketika ingin membeli kebutuhan dapur, tinggal telepon barang diantar deh. Kalau dulu kita harus keluar rumah untuk transfer atau bayar telepon sekarang cukup klak klik dari handphone semua beres.


Ya, hidup di masa kini memang banyak kemudahan, tapi jangan sampai melalaikan, terutama amanah kesehatan yang telah Tuhan berikan. Ada banyak cara sih yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap sehat yang bonusnya bisa menurunkan berat badan.

Menurut WebMD dalam situsnya ada beberapa hal penting yang perlu diingat ketika kita ingin menurunkan berat badan:

1. Lakukan secara bertahap dan konsisten

Para pakar menyarankan untuk menjalani diet secara bertahap dan konsisten dalam jangka panjang. Hasil yang instan dan singkat malah dapat membuat tubuh kehilangan masa otot, kepadatan tulang, dan juga air. Hal ini justru tidak baik bagi tubuh.

2. Calories in, Calories out

Menghitung kalori memang enggak gampang, salah satu cara termudahnya adalah dengan melihat kandungan yang tertera dalam kemasannya. Kalau kamu memang sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan, usahakan agar jumlah kalori yang masuk lebih sedikit atau setidaknya sama dengan yang keluar. Kalau tidak bisa membatasi yang masuk artinya yang keluarnya diperbesar, aktivitas fisik ditingkatkan. Bagaimanapun aktivitas fisik juga sama pentingnya seperti mengatur menu makan. Jangan lupa perbanyak minum air putih ya karena salah satu efeknya dapat mengurangi rasa lapar.

3. Bergabung dengan komunitas yang mengusung gaya hidup sehat.

Berada di lingkungan yang sefrekuensi artinya memiliki kebutuhan yang sama, bisa membuat kita terus termotivasi untuk tetap konsisten dengan rencana diet yang dijalankan. Rasa malas, bosan, dan berat bisa terabaikan, apalagi bila sudah ada testimoni tentang keberhasilan diet yang dijalankan.

4. Amati apa yang membuat kita merasa ingin terus makan

Kadang kita tidak benar-benar lapar tapi mengapa mulut rasanya ingin mengunyah terus ya? Hmm, cermati! Mungkin kamu stres, marah, depresi, atau mungkin akan datang bulan? Ketika kita bisa mengenali hal ini, kita akan mudah menekan keinginan untuk makan. Karena kita bisa segera mengalihkan ke hal positif lainnya, biasanya meditasi atau tafakur cukup ampuh mengatasi hal ini.

5. Batasi asupan gula

Gula yang dimaksud adalah makanan atau minuman manis, misalnya kukis, tart, minuman bersoda, dan sebagainya. Makanan jenis ini memiliki kandungan kalori yang tinggi namun rendah nutrisi. Berbeda dengan gula alami yang memang sudah ada dalam buah-buahan.

6. Pilih makanan yang kadar Index Glikemiknya rendah

Mengapa? Karena makanan yang kadar indeks glikemiknya tinggi artinya makanan tersebut cepat dicerna dan cepat diserap tubuh sehingga gula melonjak seketika dan cepat menimbulkan lapar kembali. Sebagai contoh mengonsumsi nasi merah lebih baik dari pada nasi putih, karena IGnya lebih rendah.

Sumber gambar: dari blog[dot[leanandfit[dot]ca
7. Jangan lupa masukkan protein dalam menu diet kamu.

Bagi vegetarian, protein nabati seperti kacang tanah, kacang merah, kedelai, almond, bisa jadi pilihan. Sementara untuk non-vegan lebih banyak pilihannya termasuk dari sumber hewani seperti daging merah, ikan, ayam, dan sebagainya. Protein ini penting untuk menjaga masa otot kamu. Tetap sesuaikan kebutuhan protein ini dengan berat ringannya aktivitas kamu, usia, juga jenis kelamin.
Sumber gambar: dari sini

8. Bersahabatlah deegan lemak baik

Tidak perlu anti dengan lemak karena tidak semua lemak itu jahat, kita juga tetap butuh lemak kok misalnya untuk produksi beberapa hormon. Lemak baik itu lemak tak jenuh yang bisa kita dapatkan dari ikan, kacang, biji-bijian, minyak zaitun, juga minyak kelapa. Lemak tak jenuh ini bermanfaat juga dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dan penyakit kardiovaskular.
Sumber gambar: doktercantik[dot]com

9. Perbanyak sayur dan buah

Sayur dan buah adalah sumber serat. Serat sendiri dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, selain manfaat lainnya yang bisa melancarkan pencernaan, juga kandungan vitamin dan mineralnya cukup tinggi di dua jenis makanan ini.

So, intinya you are what you eat. Ingin tubuh sehat dan ideal mari awali dengan makanan sehat dan pikiran sehat. Inginnya sih begitu tapi kadang motivasi untuk tetap dalam gaya hidup sehat suka naik turun. Betul, saya pun demikian. Awal-awal semangat banget tiap pagi minum jelemper (jeruk lemon peras) hangat, dilanjut air putih, lalu lanjut dengan aneka potongan buah segar.

Pengen rasanya ada yang bisa nyiapin dan mengatur menu makan sehat saya termasuk kombinasinya yang pas dan rasa tetap enak. Karena jujur kadang suka kehabisan ide akhirnya itu lagi itu lagi. Teman pun menyarankan untuk menjajal catering sehat aja. Alhamdulillah atas rekomendasinya tersebut saya cari-cari deh catering sehat Jakarta dan ketemulah sama Gorry Gourmet.
Sumber gambar: Gorry Gourmet

Aaahhh seneng banget rasanya. Secara pas saya lihat-lihat menu dietnya bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, apalagi ada program untuk menurunkann berat badan juga, pas banget nih untuk kebutuhan Mr. Husband. Dan yang bikin saya lebih tertarik lagi dengan program weight-loss-nya Gorry Gourmet ini adalah kita tetap dapat mengkonsumsi hidangan yang tidak hambar (masih dibumbui garam rendah sodium yang terukur), tidak kurang maupun berlebihan. Hal ini berkaitan dengan fungsi garam untuk tetap membuat kita terhidrasi dan berkonsentrasi, dan fungsi yodium sebagai mineral yang menutrisi.
Selain itu, dieters dapat berkonsultasi dengan Tim Ahli Gizi dan Customer Service Gorry Gourmet selama berlangganan juga lho, mantap djiwaa kalau kata anak sekarang mah… Jadi misal kamu punya alergi terhadap maknan tertentu bisa juga disampaikan untuk nanti dicari alternatif makanan penggantinya atau ingin konsultasi berapa kebutuhan kalori kamu sesuai aktivitas yang kamu jalankan, bisa juga.

Buat yang nggak mau ribet, pengen makan sehat, tinggalnya sekitaran Jakarta Gorry Gourmet catering ini menurutku recommended banget, kita bisa pilih paket sesuai budget pula. Mau yang daily fresh delivery atau weekly frozen delivery bisa, mau yang lunch doang atau sama dinner sekalian juga bisa, mau jajal 1 minggu, 2 minggu, langsung sebulan juga bisa di sini. Asyik banget ya… Apalagi dijamin bebas pengawet, iya dong namanya juga catering sehat. Terus bagaimana dengan yang weekly frozen delivery? Iya, ini juga yang jadi pertanyaan saya, tapi ternyata paket weekly frozen delivery (cold-on-purpose) ini menggunakan kemasan kedap udara yang mengisolasi makanan dari paparan oksigen dan mikroorganisme. Jadi, makanan di dalam kemasan tetap dalam kondisi optimal bahkan hingga 1 bulan disimpan di dalam freezer. Aiihh makin nggak bisa nolak ini sih …

Dan bagi saya sebagai seorang muslim yang terpenting adalah status kehalalannya. Karena bagaimanapun makanan yang halal memilki banyak keutamaan, selain ketenangan batin, kesehatan jiwa, juga kebarakahan.
Halal certified. Taken from Gorry Gourmet Instagram

Benar-benar solusi deh si Gorry Gourmet ini, udah makanannya sehat, pengantarannya mudah, paketnya sesuai budget, bisa konsultasi dengan ahli gizi, diracik oleh chef professional berkelas internasional pula, dan haaaalaal…
Yakin, buat kamu-kamu yang mengusung gaya hidup sehat terutama emang lagi program menurunkan berat badan tapi pengen yang aman, Gorry Gourmet ini bisa jadi pilihan utama. Ingin info lebih lanjut bisa kunjungi langsung websitenya ya di www.gorrygourmet.com atau mau main-main ke kantornya langsung juga bisa ke:
Graha Inovasi, Jalan Panjang No 28,
Unit A-B
Kebon Jeruk - Jakarta Barat
Call: (021) 29501248
WhatsApp: +62812 8513 0917



Masih mikir-mikir untuk beralih ke gaya hidup sehat? Yuk, jaga amanah kesehatan badan, salah satunya dengan memberi tubuh makanan yang bergizi.


22 comments:

  1. What? makanannya sehat, dianternya mudah, paket sesuai budget, bisa konsultasi dengan ahli gizi, diracik oleh chef professiona, dan haaaalaal… komplit dah Gorry Gourmet!
    Benar-benar solusi kekinian kaum urban...
    Cuss..cek portalnya ah..Atau kapan-kapan main ke situ secara dekat rumah :)
    TFS, Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whuaaa asyik banget mba Dian, ternyata rumahnya malah deket ya sama Gorry Gourmet.. Cuss intip langsung mba dapurnya.. :D

      Delete
  2. Kalau saya malah terlalu kurus bunda. Sekarang lagi berpikir bagaimana ya cara sehat menaikkan berat badan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konsumsi makanan sehat gak identik dengan nurunin berat badan aja lho, itu sih bonus aja. Coba aja mba ikut cateringnya Gorry Gourmet, di sana bisa konsultasi dgn ahli gizinya lho. Apalagi untuk naikin berat badan, jangan2 lebih maknyus menu-menunya.

      Delete
  3. Andaiiii ada di Surabaya mbak arum gorry gourmetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andaiiiii ...

      Buka cabang mbaaaaa... Insya Allah laris, secara warga Surabaya juga udah well-educated dgn pola hidup sehat termasuk dari segi makanan..

      Delete
  4. niattt bangett dulu mau diett mbak, gegara perut buncil mirip hamil 4bulan. namun dapar rezeki lagi dari Allah, gagal deh program diettt
    hu hu hu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. alhamdulillah ya mba, dpt rezeki dobel2..

      Delete
  5. Makasih tipsnya maak... Sy pernah berhasil dan sedang coba lagi sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih pasti seneng banget tuh ya kalo berhasil.. istiqomahin ya mak diet sehatnya..

      Delete
  6. Iya mba.. diet...emang perlu tekad yang kuat n kuat menahan godaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii.. betull.. makanya perlu cari temen ya biar ga ngrasa sndirian

      Delete
  7. Kalo gemuk karena pil kb.. berlaku juga ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek pil KB salah satunya emang bisa menaikkan berat badan. Kalau mau ganti IUD aja mba, umumnya haid juga jadi lebih teratur karena dia non-hormon. Abis itu baru deh salah satunya bisa coba ikuti program weight-lossnya Gorry Gourmet.

      Delete
  8. Setuju...tubuh yang sehat berawal dari asupan makanan yang sehat. Dan tentunya olahraga yang teratur ya...

    ReplyDelete
  9. Ditraktir teman membuat saya gagal diet...#alesan

    ReplyDelete
  10. Karena rezeki gak boleh ditolak. 😁

    ReplyDelete
  11. Makanan yang di ada di gorrygourmet walaupun kelihanya seperti berlemak, tapi takarannya pas, jadi gak bikin gemuk bagi yang memakanya. Kangamir dot kom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kang Amir. Seneng ya kalau ada makanan enak tapi bisa menjaga berat badan. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  12. saya kalo pengen diet jadinya malah makan banyak gak tau kenapa....hari ini berhasil berkurang makan eh besoknya balas dendam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihii... makanya paling asyik klo ada temennya ya mba..

      Delete