Monday, 3 October 2016

Liburan Asyik di R Hotel Rancamaya Bogor

   



Sebenernya cerita liburan ini juga sudah pernah dimuat di sini namun karena satu dan lain hal aku pindahkan ke rumah ini.

Sebelum cus ke TKP, seperti biasa kita selalu kepo-in trip advisor tentang penginapan-penginapan di Bogor. Dari sekian banyak hotel yang ciamik akhirnya terpilihlah dua kandidat besar, they are…. Aston hotel Bogor and R Hotel Rancamaya Bogor. Keduanya recomended di trip advisor, tapi karena kita lagi pengen banget lihat suasana yang seger-seger, sejuk-sejuk, damai dan bersahaja terpilihlah R hotel Rancamaya Bogor ini.

Kita emang demen banget liburan di hari kerja. Makanya kita berangkat di hari minggu dengan asumsi yang macet juga mungkin arus balik. Alhamdulillah.. Bener aja kita berangkat menjelang siang dari Jakarta, mampir rest area dulu beli bekal untuk makan siang dan 2 jam perjalanan berlalu tibalah di R hotel ini. Untuk sampai ke lokasi ini kita harus melewati pasar dulu, and you know what itu pasar letaknya di perempatan jalan aja gitu. Tapi alhamdulillah masih batas wajar macetnya. Lalu untuk tepat sampai di lokasi kita masuk melewati komplek perumahannya dulu, enak banget asri dan sejuk.

Kesan pertama saat tiba di R hotel, wow beautiful.. Beneran soalnya bener-bener di bawah kaki gunung salak. Ada air mancur cukup besar di depan. Lobbynya luas, front officenya lumayan sigap, walaupun saat itu banyak tamu yang mau check-out juga. Dapet welcome drink tapi sayang bukan fresh juice melainkan syrup.

Ohya Karena liburan kali ini ngajak si mbak, jadi lah kita pilih kamar family suite dengan mountain view. Di kamar ini ada ruang keluarga dengan sofa yang cukup besar sehingga bisalah untuk si mbak bobo cantik di sofa tersebut sambil nonton tv. Ada dapur, kulkas, juga ada wc keringnya. Kalo si mbak mau mandi bisa di wc kita di dalam kamar utama.

Di kamar utama ini, yang bikin greget ya apalagi kalo bukan pemandangannya. Dari bangun tidur sampe mau tidur udah disajikan ciptaan Allah yang luar biasa indahnya, pemandangan Gunung Salak tepat di hadapan mata kita. Masya Allah..

Yang lainnya isi kamar ini seperti hotel lain pada umumnya. Untuk wc sendiri ada bathub, ini kesukaan si Aline karena dia bisa berenang sepuasnya, ada wc kering dan basah dengan shower, ada hairdryer, dan amenities lain seperti hotel berbintang pada umumnya. Kalo menurut aku si kamar family suite ini sebenarnya sih dua kamar dengan connecting door, lalu connecting doornya dibuka jadilah seperti ini. Jadi bukan yang bener- bener dirancang secara khusus family suitenya. Mungkin yaa #sotoydeh..


Karena hari minggu ada jadwal pony ride sampe jam 3 sore jadilah kita ke bawah dulu lagi. Ohya sayangnya liftnya cuma ada di 1 tempat. Padahal itu lumayan panjang lho jaraknya, kalo menurut aku setidaknya R hotel ini sediakan di dua tempat. Di sini kebanyakan tangga daruratnya. Ohya satu lagi musik di lorong hotel ini juga ga pas banget menurutku (atau mungkin hanya perasaanku aja) 


Mulai deh menyusuri tamannya luaaaass banget. Ada kandang rusa dan angsa. Di sini banyak banget spot foto yang bagus-bagus. Ada kolam ikan, serta kandang kuda poni. Tamannya bagus, terawat, dan bersih. Sayangnya si Aline ga mau naik kuda poni. Akhirnya ya kita keliling-keliling tamannya aja itu juga udah capek banget, terakhir ada sepeda yang besar banget. 


Cukup sekian deh keliling tamannya, agenda selanjutnya ngamar aja lah ya sampe besok pagi kita sarapan. Menikmati malam di kamar juga seru kok, merasakan udara dingin bogor sambil melihat banyak lampu kelap-kelip..


Pagi hari udara Bogor sejuk banget, sambil ngeteh, melihat lapangan golf yang terhampar luas sambil memandang Gunung salak yang menjulang tinggi di hadapan kami.. Aah heavenly.. Pagi itu tampaknya sedang ada turnamen golf. Banyak mobil golf beriringan disertai bunyi sirine, juga sudah tampak caddy golf yang cantik-cantik. Hari makin siang, Aline pun sudah bangun, saatnya sarapaaaannn…

Mungkin ekspektasiku yang terlalu tinggi, menu sarapan di hotel ini menurutku jauh banget dari kata ideal hotel berbintang. Pertama main coursenya, tidak ada menu sayur sama sekali. Hanya menu karbo+lauk pauk. Lauk pauk ini pun ga sesuai antara tulisan dan isinya, di situ tertulis semur tahu telor yang nyatanya ga ada telornya, tapi tahu tempe (sorry no pic, maklum masih amatiran). Kedua untuk jusnya, mereka tidak menggunakan fresh juice melainkan sirup. Ketiga tidak ada kekonsistenan dalam melayani tamu. Hari pertama sarapan kami ditawari mau minum teh atau kopi, namun di hari selanjutnya mereka berlalu begitu saja di hadapan kami, padahal suasananya saat itu tidak terlalu ramai. Keempat mungkin karena letaknya yang dekat kebun, jadilah banyak binatang-binatang kecil hinggap di makanan kami. Memang kalo menginap di R hotel ini mungkin kendalanya sulit mencari makan saja, kecuali kalo kamu mau pesan makanan hotel atau mau ke bogor kota atau mungkin pesan melalui go-food. Pengalaman pakai go-food, agak sulit menemukan driver di sini ga seperti di jakarta, mereka pun agaknya males kalo sudah malam apalagi hujan. Tapi kalo siang ada juga ko yang mau walaupun harus nunggu beberapa saat untuk mendapatkan si driver ini.

Menjelang siang saatnya main-main di kids club. Kids clubnya ini TOP BGT deh, lengkap! ada perosotan, lego, boneka, mobil-mobilan masak-masakan, mewarnai, melukis

Jadi mereka ini punya program tiap harinya misalnya hari rabu saatnya melukis, nanti dibantu sama missnya. Missnya baik banget. Jadi nanti kalo kita mau main di kids club ini, anak kita wajib pake nametag, trus kita sebagai ortu wajib isi biodata nama, no hp, dari kamar berapa. Kids clubnya be sih, rapi, terawat. Truuss jangan lupa copot alas kaki yaa.. Ohya di sini ga boleh sambil makan, sayang banget padahal Aline kalo lagi main gini, makannya lahap banget. Keasikan main ga sadar udah jam 12 ternyata, itupun taunya setelah diingetin missnya karena mau istirahat sampe jam 1 siang. Baiklah kita juga mau makan dulu terus boci, sampe ketemu sore untuk berenaaaaaaangg..

Kolamnya di sini bisa dibilang biasa sih. Uniknya si kolam renang ini panjang banget, dari ujung ke ujung. Kolam ceteknya seucrit doank kalo istilahnya Aline. Jadi bener-bener musti dalam pengawasan orang tua. Tipe kamar di sini juga ada yang berhadapan langsung dengan kolam istilahnya pool access.

Yang bikin aku kurang sreg lagi, di sini ga disediakan evening cocktail macam di Sheraton Bandung atau Shangrila Surabaya padahal kamar yang kami pilih sudah family suite. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan ke depannya. Hihii..pede banget dibaca sama orang R Hotel..

So kesimpulannya kalo soal view menang deh si R hotel Rancamaya ini. Kids clubny juga oke banget, tamannnya yang bersih dan luas ditambah dengan adanya kandang rusa, kolam ikan, kuda pony, beberapa spot foto yang bagus jadi nilai tambah. Kalo poin minusnya di food and beverages, lift, dan musik di sepanjang lorong kamar yang menurutku ga sesuai dengan suasana R hotel Rancamaya yang tenang dan bersahaja. Ohya terus juga ga ada evening cocktail, hiks.. Ngarep..

Udah ya sekian reviewnya untuk R Hotel Rancamaya Bogor, semoga nanti kalo nginep di sana lagi ada perubahan yang lebih baik.. 

"Menulis bagiku adalah berbagi dengan cara menuangkan rasa yang ada. Rasa yang tercipta dalam dada, dalam penglihatan, dalam pendengaran, dalam penciuman, dalam sentuhan. Dengan membaca kamu menjadi tahu akan dunia, tapi dengan menulis kamu akan dikenal dunia"





3 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih atas responnya. Setuju hotelnya memang bagus, namun sayangnya dari segi makanan menurut saya masih kurang :)

      Delete
  2. Wahhh... Asyik yah mbak. Pool anak2 nya sepertinya juga bagus yah

    ReplyDelete