Sabtu, 30 Desember 2017

Cara Mengganti Ban Mobil



Biasanya orang yang mencari topik ini adalah memang benar mereka yang sedang butuh. Sama seperti kami (saya dan suami) yang terpaksa googling di tempat kejadian kempesnya ban mobil kami. Jadi gak usah berlama-lama ya kita langsung saja praktikkan bagaimana mengganti ban mobil yang sepertinya kaum hawa pun bisa melakukan ini lho.

First of all, pasang segitiga pengaman. Kalau gak tau itu lho yang bentuknya segitiga warnanya merah menyala. Pasang dalam radius kira-kira 4 meter. Jadi jangan persis di belakang mobil. Berhenti darurat gak mau pasang benda ini? Bahaya cyin dan bisa kena sanksi karena memang ada pasalnya.
Sepertinya ini juga salah, hehe ..
karena harusnya letak segitiga itu harus agak keluar sedikit biar kelihatan.
Dan itu jaraknya juga kurang ya hihi soalnya jatuh terus jadi lelah hayati bolak-balik benerin :D

Oke langkah berikutnya adalah inti dari penggantian ban.

1. Kendurkan baut
Jadi supaya mudah siapkan semua alat tempur dekat ban yang kempes termasuk si kunci roda. Agar lebih aman matikan mesin tapi tetap nyalakan lampu hazard dan jangan lupa di rem tangan ya supaya gak jalan.

2. Pasang dongkrak
Mungkin banyak yang tahu iya pasang dongkrak. Tapi gimana di mana dongkraknya? Gimana cara ngambilnya dan gimana juga cara pasangnya?

Oke karena mobil saya yaris, lokasi dongkrak itu berada di bawah kursi penumpang depan. Kadang ada beberapa mobil tersedia di bagasi. Bentuknya itu seperti belah ketupat, terbuat dari besi, dan lumayan berat.

Setelah tahu letaknya, gimana cara ngambilnya kok keras banget ya? Apa pakai kunci? Ternyata cukup putar salah satu sisinya yang nanti dia akan memipih dan tinggal diambil deh.
Sekarang cara pasangnya. Letakkan di tempat yang tepat yang memiliki tumpuan paling baik. Lokasinya biasanya gak jauh dari pintu kok, kalau dekat pintu ada cekungan berbentuk persegi nah di situ biasanya atau baca buku manualnya aja deh ya biar gak salah.

Kalau sudah terpasang, sekarang bagaimana mengembangkan si dongkrak ini biar mobil terangkat? Caranya adalah masukkan kunci pemutar dan putar-putar sampai terangkat.
Ini lagi mengembangkan si dongkrak supaya ngangkat.

3. Lepaskan baut dan keluarkan ban yang bocor atau kempes
Kebayangkan kalau lepas baut pas dongkrak udah ngembang.
Thats why kita tadi cuma kendorin aja
Nah, inilah si ban kempes ec bocor halus 
4. Pasang ban serep
Mengenai ban serep ini juga perlu perhatian. Ada beberapa mobil yang letaknya di kolong, ada yang digendong/di konde atau ada juga yang di bagasi. Kalau di bagasi, biasanya tersimpan di bawah papan, biar rapi. Cara membukanya silakan baca buku manualnya. Kalau yaris mudah kok, cukup putar aja di tengah-tengah lubang bannya tersebut. Pokoknya langsung kelihatan deh.

5. Pasang baut, kencangkan
Cuma intermezzo, gak penting, hihi
Jadi kami memang sengaja turun nunggu di luar batas pengaman tol sambil bantuin si ayah
Kenapa? Ngeri aja kalau pas ada bus atau truk kencang lewat samping mobil

6.Turunkan dongkrak dan kencangkan baut kembali
Turunkan dongkrak ah jelas ya, tinggal putar berlawanan arah dengan enaikkannya tadi. Mengencangkan baut ini sebetulnya gak usah over ya. Kadang ada yang sampe diinjak-injak. Kalau ban truk atau bus sih mungkin okeylah, tapi kalau cuma mobil hatchback macam yaris ini tenaga lakik mah cukup. Soalnya ya, kalau kita ngencengin sampe over macam gt bisa rusak parahnya bisa loss atau dol. Lagi pula kalau kekencengan nanti kita malah kesulitan sendiri pas mau buka bautnya.

Nah, setelah selesai semua jangan lupa dibereskan kembali ya...
Nah inilah penampilannya setelah selesai.
Yang ternyata si ban serepnya juga kempes, hehe...

2 komentar:

  1. Bermanfaat sekali, makasih sharingnya Mak. Siapa tahu suatu hari nanti saya punya mobil pasti butuh artikel ini, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya mak dalam waktu dekat diberi rezeki mobil, Aamiin ...

      Hapus