Sabtu, 28 Oktober 2017

Langkah Mudah Perpanjang Paspor Online Terkini


Bagaimana sih cara perpanjang paspor sekarang? Mungkin sebetulnya bukan perpanjang ya, melainkan penggantian paspor lama karena habis masa berlakunya sehingga dibuatkan paspor yang baru. #tsyah ribet banget ya jelasinnya. Intinya begitu deh karena kemarin pas saya ngurus ada yang gak setuju dengan istilah perpanjang. Yang penting mah paham kan ya...

Paspor oh paspor ... By the way, sudah tahu kan apa itu paspor? Yup, menurut wikipedia, paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Intinya kalau kita mau ke luar negeri salah satunya ya harus punya paspor ini. 

Sekarang ada angin segar buat kamu para traveler yang sering bolak balik ke luar negeri, pasalnya perpanjang paspor kini sangat mudah dan cepat. Iya, saking mudahnya saya sampai gak percaya dan tetap membawa semua dokumen lengkap. Padahal, untuk perpanjang paspor kini hanya dibutuhkan E-KTP dan Paspor lama. Dengan catatan tidak ada perubahan data kependudukan. Bawa dokumen asli dan fotokopinya ya dalam kertas A4 (jangan digunting). 

Syarat ini berlaku untuk paspor yang diterbitkan setelah tahun 2009. Jadi kalau paspor kamu tahun 2010, 2011, dan seterusnya, nah kemudahan persyaratan tersebut berlaku. Tetapiii persyaratan tersebut menjadi gugur apabila paspor lama kamu terbit sebelum 2009, hilang, rusak, atau kamu berencana membuat paspor baru. 

Terus bagaimana teknis perpanjang paspor ini? Sebetulnya tidak 100% perpanjang paspor itu dilakukan secara online. Yang online itu adalah antrian paspornya, sementara teknis hingga jadi paspor itu menunutut kita untuk hadir di kantor guna kepentingan pemotretan dan kecocokan data.

Okey, sekarang saya akan jelaskan detail membuat antrean paspornya begini ... 

1. Baiknya kamu download dulu aplikasinya "antrian paspor". Atau kalau memori gadgetmu penuh bisa buka di website www.imigrasi.go.id. Bagi pemohon yang menggunakan aplikasi silakan daftar terlebih dahulu untuk kemudian bisa login dan mengakses guna kepentingan pendaftaran online.

2. Klik kantor imigrasi pilihanmu.


3. Pilih tanggal sesuai waktu yang kamu inginkan. Perlu diperhatikan, kadang saat kita mengklik kantor imigrasi pilihan kita, ternyata ketersediaan kuota telah habis bahkan ketika kita cek sampai akhir tahun. Kalau seperti ini silakan cari kantor imigrasi lainnya. Jadi memang untuk kuota ini dibukanya perminggu. Kalau seperti di Mall Pelayanan Publik (MPP) dia akan buka kuota tersebut di hari jumat setelah office hour untuk satu minggu ke depan. Dan setiap kantor imigrasi ini bisa jadi berbeda hari pembukaan kuotanya. Hal ini tujuannya untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. YKWIM kan?

4. Di bagian bawah isi data pemohon. Satu aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa orang kok. Jadi misalkan kamu sekeluarga mau perpanjang paspor, nah cukup 1 orang saja yang gunakan aplikasinya nanti tinggal diisi data pemohonnya.

5. Selesai, kamu akan dapat barcode juga data nama dan tanggal kedatanganmu. 

Nah, proses antrian online sudah selesai. Sekarang tunggu hari H-mu. Datanglah sebelum waktu yang ditentukan. Pakai pakaian yang rapi, dan buat yang berjilbab jangan gunakan jilbab warna putih ya, karena background fotonya nanti warna putih juga. Karena saya melakukan perpanjangan ini di MPP. Maka alurnya sebagai berikut:

1. Ambil antrian untuk perpanjang paspor di Lantai 1, yaitu di lobby utama. Di sana ada information dan customer service yang siap membantu.

2. Untuk perpanjang paspor letaknya di Lantai 3. Jangan lupa isi buku pengunjung. Kalau datang ramai-ramai cukup satu orang saja. 

3. Tunggu nomor antreanmu dipanggil. Sambil menunggu, siapakan dokumen asli beserta fotokopi E-KTP dan paspor lama. Ingat biarkan fotokopinya dalam kertas A4 jangan dipotong, digunting, apalagi disobek, hehe ...

4. Kalau sudah dipanggil serahkan nomor antrean dan berkasnya E-KTP dan Paspor lama. Kalau sudah, tinggal tunggu untuk foto.

5. Yang agak lama justru dipemotretan ini. Sepertinya sambil wawancara. Di sini juga kamu ditanya mau e-paspor atau paspor biasa. Tahu kan bedanya? Dari segi harga jelas berbeda, paspor biasa 300ribuan, sementara e-paspor 655.000. Alhamdulillah saya dan suami prosesnya justru sangat cepat. Mungkin karena sudah mendekati waktu salat jumat. 

6. Selesai foto kamu akan diberikan slip pembayaran. Kalau di MPP di lantai 2 ada Bank DKI jadi enak bisa langsung bayar dan langsung beres. Emang langsung dapat pasporny? Hee, gak sih kami perlu menunggu 4-5 hari kerja untuk kemudian diambil kembali di kantor tersebut.


Nah, demikianlah rangkaian perpanjang paspor kini dengan daftar online yang sangat memudahkan. Kalau paspor sudah ditangan, artinya siap-siaplah berkemas untuk melihat keindahan ciptaanNya di luar negeri sana.

2 komentar: